top banner
  I  

Kamis - 26 Maret 2015 00:33:15 WIB

EGM ROMS 4 Provinsi Jawa Tengah

Berita Daerah
Administrator | dibaca: 50786 pembaca

EGM ROMS 4 Provinsi Jawa Tengah

 

Untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan seluruh tenaga ahli sesuai tupoksinya dalam melakukan fasilitasi, advokasi dan mediasi di wilayah kerjanya.

 

EGM Roms 4 1Semarang - Dalam rangka peningkatan peran tim kabupaten yaitu DC (District Coordinator), DFMA (District Financial Management Asistant), Data Entry Administration Officer (DEAO) ROMS 4 khusus Provinsi Jawa Tengah, (29 kabupaten) diadakan EGM yang diselenggarakan pada 10 - 12 Maret 2015 di Pusdiklat PMI, Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Sementara untuk provinsi Jawa Timur dan DIY akan diselenggarakan pada waktu dan tempat yang berbeda.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua PPMU PAMSIMAS Jawa Tengah Ir. Tekad Winarianto sekaligus membuka acara secara resmi, Perwakilan dari Konsultan Bank Dunia Tri Dwi B, Korprov STBM Jawa Tengah Ratih Hapsari SKM sebagai tamu undangan sekaligus narasumber bidang kesehatan serta Project Manager ROMS 4 Ir. Suharno selaku penyelenggara.

EGM Roms 4 2Sedangkan nara-sumber yang lain terdiri dari tenaga ahli dari ROMS 4 dan PMS Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Ketua PPMU PAMSIMAS Jawa Tengah menekankan bahwa sasaran program PAMSIMAS - II ini juga diarahkan pada target capaian KPI untuk akses air minum aman dan berkelanjutan sebesar 1,3 juta jiwa untuk Jawa Tengah, dapat di dukung oleh tim kabupaten/kota.

Adanya solusi/tindak lanjut ketidak berfungsian SPAM PAMSIMAS - I dengan jumlah desa (2008-2012) adalah 143 desa tidak fungsi dan 156 desa berfungsi sebagian. (14,89 %).

EGM Roms 4 3Selain itu, sasaran lainnya adalah tercapainya target tersusun RAD-AMPL 2015-2019 sampai dengan penetapan dengan Perbup di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Tegal, Karanganyar, Sragen, Kebumen dan Jepara dan tersalurkannya bantuan dana untuk penguatan dasar dan insentif Asosiasi SPAM Perdesaan dengan lancar termasuk pertanggung jawabannya.

Selama 3 hari peserta bersama nara-sumber melakukan diskusi mengidentifikasi permasalahan dan menyepakati tindak-lanjut yang telah dituangkan dalam matrik komitmen bersama, sebagai dasar tindakan nyata bagi pelaku tingkat kabupaten dan menjadikan dasar pemantauan untuk pelaku tingkat provinsi.

Diharapkan setelah dilaksanakan EGM ini ada peningkatan pemahaman dan kemampuan seluruh tenaga ahli, sesuai tupoksinya dalam melakukan fasilitasi, advokasi dan mediasi di wilayah kerjanya. Kemudian terbentuk soliditas Tim ROMS , provinsi dan kabupaten kegiatan dalam upaya pencapaian target program PAMSIMAS II. EGM ini juga diharapkan terpetakan kebutuhan tim ROMS, provinsi, kabupaten hingga tingkat FK dan fasilitator masyarakat dalam upaya pendampingan baik menyangkut personil, kegiatan monev, uji petik, kegiatan pelatihan. (Aman Sutrisno Training Coordinator ROMS 4 ; Rita)


Tidak disertai video terkait.