top banner
  I  

Senin - 04 Mei 2015 05:44:59 WIB

BP SPAMS Tirto Makmur Abadi Sejahterakan Masyarakat

Berita Daerah
Administrator | dibaca: 51508 pembaca

BP SPAMS Tirto Makmur Abadi Sejahterakan Masyarakat

 

Selama lima tahun berjalan, BP SPAMS Tirto Makmur Abadi Kelurahan Bangetayu Kulon Kecamatan Genuk Kota Semarang telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

bpspams tirto makmur 1Semarang - Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (BP SPAMS) Tirto Makmur Abadi, dengan Surat Keputusan (SK) Lurah Bangetayu Kulon No. 476/06/05/2010 Tanggal 23 Mei 2010, terbukti, tidak hanya mampu melayani masyarakat pengguna dengan tarif air yang lebih murah, tetapi kegiatan sosialnya mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan pembangunan jamban keluarga bagi keluarga kurang mampu.

Pada awal pemberian SK ini, Lurah Bangetayu Kulon, Drs. Achmad Suad, mengharap kepada para pengurus untuk bekerja penuh dedikasi, transparan dan tanggung jawab penuh tidak hanya kepada masyarakat, tetapi yang lebih utama adalah kepada Tuhan YME.

"Ini amanah dari pemerintah yang diembankan kepada Saudara. Kelola dan kembangkan sarana yang telah terbangun, demi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakat. Niati ini sebagai sebuah ibadah, jangan mengharap imbalan dari pengabdian ini," tegas Achmad Suad waktu itu.

bpspams tirto makmur 2Sejak saat itu, pengurus yang berjumlah 13 orang terdiri laki-laki 9 dan perempuan 4 ini membekali diri dengan tekad Pengabdian, Bertanggungjawab, Transparan dan Jujur, sebagai PELITA (Pegawai Lillahi Ta'ala) yang PKB (Pinter, Kober dan Bener).

"Jangan pernah kita berhenti untuk berbuat baik. Salah satunya adalah dengan Pelita yang PKB yakni Pinter, Kober dan Bener. Kita berbuat dengan berharap semoga ini menjadi nilai investasi kita di akherat nanti," tegas Sardi saat serah terima pengelolaan dari Satlak PAMSIMAS ke BP SPAMS.

Kelurahan Bangetayu Kulon, secara geografis berada di Kecamatan Genuk, Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah, dengan batas wilayah, Sebelah Utara Kelurahan Genuksari, Sebelah Timur Kelurahan Sembungharjo, Sebelah Selatan Kelurahan Bangetayu Wetan dan Sebelah Barat Kelurahan Gebangsari. Luas wilayah 178,51 hektar, ketinggian dari permukaan laut 205 m, curah hujan 2000 mm/tahun.

bpspams tirto makmur 3Jumlah penduduk 12.770 jiwa, terdiri Laki-laki 6.475 jiwa, Perempuan 6.295 jiwa. Jumlah KK 3.143, tersebar di 10 RW terdiri dari 72 RT.

Sebelum adanya Program PAMSIMAS, masyarakat sebagian memenuhi kebutuhan air bersih dengan sumur gali yang kualitas airnya payau, berbau dan berwarna keruh. Diperparah lagi pada musim penghujan, kualitas menjadi sangat kurang baik, tetapi pada musim kemarau debit air berkurang, bahkan kering. Tak pelak, untuk memenuhi kebutuhan air bersih mau tidak mau merogoh kocek lebih dalam lagi atau menyalur (ngangsu) dari wilayah lain.

Kondisi Sanitasi pun di awal program masih belum memadai/belum sanitair. Sebagian masih ada yang buang air besar sembarangan (BABS + 30%). Mereka BAB di sungai, kebun atau sawah. Sedang saat ini sudah 100% masyarakat terakses jamban sehat, baik itu terpicu saat CLTS maupun dibuatkan jamban sehat oleh BP SPAMS, sehingga tahun 2012 lalu deklarasi SBS bisa dilaksanakan.

bpspams tirto makmur 4Kelurahan Bangetayu Kulon sendiri, memperoleh Program PAMSIMAS Reguler TA 2009, dan saat itu terbangun sarana berupa sumur dalam sedalam 132 meter dengan kapasitas 1,8 m/detik, menara air ketinggian 12 meter dengan kapasitas 18 m3 dan pipa distribusi sepanjang 5.870 meter.

Program PAMSIMAS yang pertama di Kecamatan Genuk ini juga membangun 4 unit wastafel, satu unit tower air dan merenovasi kamar mandi dan mengganti WC di SD Negeri Bangetayu Kulon.

Sementara jumlah sambungan rumah saat itu baru 186 SR, dengan biaya pasang Rp 35 ribu yang pembayarannya boleh diangsur sampai tiga kali. Dalam perjalanannya, BP SPAMS Tirto Makmur Abadi banyak kegiatan yang dilaksanakan dengan baik.

Program kerja tahun pertama (Juni 2010-Mei 2011), antara lain melanjutkan keberlangsungan program PAMSIMAS dengan melaksanakan operasional sarana dan prasarana sesuai standar teknis dan sesuai prosedur standar operasional. Juga melaksanakan manajemen terbuka dan transparan, serta penagihan kepada pelanggan yang belum melunasi bea pemasangan saat dikelola Satlak, mencetak kartu abonemen, kuitansi pembayaran, dan perlengkapan administrasi lainnya serta membuat surat keputusan (SK) BP SPAMS tentang besarnya biaya sambungan baru sebesar Rp 500 ribu.

bpspams tirto makmur 5Tahun kedua, berupa pembelian material perlengkapan sarana prasarana pemasangan baru, mengadakan penyuluhan, pelatihan dan monitoring PHBS di masyarakat , mengajukan tes laborat terkait kwalitas air ke Laboratorium Departemen Kesehatan bekerjasama dengan Puskesmas Bangetayu.

Di pertengahan tahun kedua, dikerjakan pula pemondasian dan pemagaran lokasi sumur PAMSIMAS, penggantian pompa dari 2 PK menjadi 3 PK, penambahan pipa jaringan, penyuluhan dan pemberian bantuan alat-alat untuk CTPS dan PHBS di SD Negeri Bangetayu Kulon.

Juga pemberian bantuan pengadaan jamban leher angsa bagi keluarga yang belum memiliki jamban standar serta pendeklarasian Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS).

Usai pelaksanaan program kerja tahun kedua, program kerja tahun ketiga yang dimulai bulan Juni 2012-Mei 2013, dilaksanakanlah penambahan kapasitas tandon air, turut serta dan membantu dana dalam kegiatan sosial, semisal penyantunan anak-anak yatim/yatim piatu, keluarga kurang mampu dan beasiswa prestasi bagi anak-anak kurang mampu, serta lomba bidang kesehatan seperti lomba posyandu dan Pos PAUD.

Selain itu juga memberikan bantuan pembangunan sarana prasarana lingkungan, semisal pengerasan jalan, pembuatan saluran air, dan lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

bpspams tirto makmur 6Karena BP SPAMS Tirto Makmur Abadi dinilai mempunyai kinerja baik, pada Agustus 2012 diganjar Program HID (Hibah Insentif Desa). Dari program ini terbangun sebuah sumur dalam dengan kedalaman 136 meter, satu buah tower air volume 21 m3, menambah pipa jaringan dan distribusi serta tambahan sambungan baru sebanyak 169 SR. Peresmian sarana program HID dilakukan oleh Walikota Semarang, H. Hendrar Prihadi, SE, MM dengan penandatanganan prasasti serta pengguntingan pita kantor sekretariat BP SPAMS yang baru.

Di akhir 2013, BP SPAMS ini kembali menerima reward yaitu Program Hibah Insentif Kota (HIK), sebesar Rp 196.800.000, ditambah in cash sebesar Rp 24.100.000,- . Besarnya dana tersebut digunakan untuk pembangunan sumur dalam kedalaman 142 m , tower air ketinggian 10 meter, volume 21,8 m3, dan penambahan pipa jaringan untuk 171 sambungan baru.

Memasuki tahun keempat (Juni 2013-Mei 2014), program kerja yang telah dilaksanakan adalah bekerjasama dengan BKM Makmur Abadi, berupa pemberian bantuan stimulan untuk rehap rumah bagi warga miskin guna menunjang hidup bersih dan sehat.

Juga bantuan dana untuk pembuatan jamban sehat sesuai hasil pelatihan dengan IUWASH yang dilaksanakan BKM dan pelaksanaan PHBS, CTPS dan pemantauan SBS yang berkelanjutan menuju tercapainya MDGs 2015.

Di tahun kelima kepengurusan, dilaksanakan kegiatan penggantian meter air bagi SR yang rusak, penggantian pipa distribusi yang sudah tidak bisa digali serta kunjungan lapangan ke BP-SPAMS Desa Randulanang Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Juga direncanakan pendirian lembaga keuangan mikro dan mendata kelompok usaha mikro guna peningkatan pendapatanperekonomian masyarakat menuju masyarakat mandiri, sehat dan sejahtera. Modal usaha yang akan digunakan adalah saldo pendapatan dari iur air, yang pada Maret ini tercatat Rp 140.811.350,-

bpspams tirto makmur 7Menurut Ketua BP SPAMS Tirto Makmur Abadi, Jumiran, kegiatan rutin yang dilakukan meliputi pengurasan bak tandon air (tower) maksimal 3 bulan sekali, pemeriksaan kualitas air bekerjasama dengan sanitarian puskesmas 6 bulan sekali. Demikian juga perawatan dan penggantian pipa distribusi, rapat pengurus secara rutin setiap bulan, dan pemberian bingkisan lebaran bagi pengurus BP SPAMS dan tokoh masyarakat, termasuk acara hahal bi halal.

"Saat ini jumlah pelanggan 512 SR yang semuanya menggunakan meter air, dengan iuran air Rp 1.500/m3 dan biaya abonemen Rp 2 ribu perbulan. Kami juga menerapkan sistem denda bagi pelanggan yang membayar lebih dari tanggal 10, dan bila terjadi tunggakan selama 3 bulan berturut-turut, jaringan kita putus, setelah diberi peringatan 2-3 kali," tambah Jumiran.

Jumiran menambahkan, untuk iuran air bagi rumah kos dan usaha cuci motor adalah sebesar Rp 3 ribu /m3. Dengan adanya aturan denda, iuran air yang tertagih hampir mencapai 100 persen. Dari jumlah pelanggan 512 dalam tiap bulannya tidak lebih dari 7 pelanggan menunggak.

"Pendapatan rata-rata perbulan berkisar Rp 9 jutaan, bahkan Januari lalu bisa mencapai Rp 11 juta lebih," tandasnya.

Dan sesuai AD/ART yang ada, prosentase besaran penggunaan dana adalah 50% untuk dana cadangan, penyusutan dan pengembangan program, 15% untuk jasa pengurus, 15% dana perawatan dan pemeliharaan, 10% untuk dana promosi kesehatan dan 10% untuk dana sosial. (Sri Rejeki, Sekretaris BP SPAMS Tirto Makmur Abadi;Rita)


Tidak disertai video terkait.