top banner
  I  

Selasa - 16 Juni 2015 07:35:46 WIB

Pelatihan Kader Kesehatan STBM Kab Bangka

Berita Daerah
Administrator | dibaca: 50787 pembaca

Pelatihan Kader Kesehatan STBM Kab Bangka

 

Sebanyak 36 orang kader dengan semangat dan tekun mengikuti pelatihan kader kesehatan STBM.

 

pelatihan kader kesehatan bangka 1Bangka - Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan STBM dan mampu mencapai SBS sebuah desa tidak tidak hanya dapat dilakukan satu pihak saja, tetapi harus bekerjasama dan melibatkan berbagai pihak.

Menyadari pentingnya hal tersebut, dinas kesehatan berinisiatif melakukan pelatihan, sebagai wahana untuk kaderisasi dan memperluas jangkauan advokasi dan fasilitasi STBM di akar rumput, maka pelibatan STBM sampai ke masyarakat sangat diperlukan dalam hal ini kader desa.

Pelatihan kader kesehatan STBM yang dilaksanakan pada 10-11 Juni 2015 ini, diikuti 3 perwakilan dari 12 desa. Sehingga sebanyak 36 orang kader dengan semangat dan tekun mengikuti pelatihan yang digelar di Mess Pemda Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan pelatihan kader kesehatan ini, merupakan kegiatan yang positif dan besar manfaatnya bagi program STBM. Mengingat STBM harus melibatkan berbagai elemen dan pihak. Keberhasilan program STBM tidak bisa pelatihan kader kesehatan bangka 2lepas dari keterlibatan pemerintah daerah, dinas kesehatan kabupaten, fasilitator, pemerintah kecamatan/desa, puskesmas, sanitarian dan juga termasuk kader kesehatan desa yang ada di masing-masing desa.

Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman tentang STBM, memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk pemicuan, memberikan kesadaran dan pemahaman untuk melakukan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat. Mencari relawan dan kelompok masyarakat/kader kesehatan untuk peduli STBM.

Kegiatan ini laksanakan oleh dinas kesehatan Kab Bangka menggunakan alokasi APBD kabupaten. Sebagai narasumber pada pelatihan ini adalah dinas kesehatan Kab Bangka yaitu kabid dan kasie P2PL, faskab STBM dan koorprov STBM Prov Kepulauan Bangka Belitung.

Pada pelatihan ini peserta diberi pelatihan mengenai Strategi dan Kebijakan Nasional tentang STBM, Mengenal PAMSIMAS, Konsep Dasar STBM, Advokasi, Komunikasi dan Fasilitasi STBM, Pemicuan STBM di Komunitas, Praktek Pemicuan dan Penyusunan RKTL. (Abdullah Arafad Koordinator Provinsi STBM Kep. Bangka Belitung;Rita).


Tidak disertai video terkait.