top banner
  I  

Jum'at - 16 Oktober 2015 09:03:56 WIB

Kecamatan Lendah Kulon Progo Deklarasi SBS 4 Desa

Berita Daerah
Administrator | dibaca: 50764 pembaca

Kecamatan Lendah Kulon Progo Deklarasi SBS 4 Desa

 

Bukti keberhasilan upaya Kabupaten Kulon Progo menciptakan PHBS bagi masyarakatnya khususnya Stop BABS (Stop Buang air besar Sembarangan) dan melaksanakan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

 

kecamatan lendah 1Kulon Progo - Camat Lendah Kabupaten Kulon Progo Provinsi DI Yogyakarta didampingi dua Kepala Puskesmas yaitu Puskesmas Lendah I dan II, dan dihadiri seluruh Kepala Desa (6 desa) dari Desa Wahyurejo, Gulurejo, Bumirejo, Ngentakrejo, Sidorejo dan Jatirejo serta Kader dan juga masyarakat desa, mengadakan acara Deklarasi Stop Buang Air Besar di Sembarang Tempat (SBS) pada 29 September 2015 lalu di Pendopo Kecamatan Lendah.

Acara tersebut sebagai bukti keberhasilan upaya Kabupaten Kulon Progo untuk menciptakan PHBS bagi masyarakatnya khususnya Stop BABS dan melaksnakan Program STBM.

Dalam sambutannya Camat Lendah drs. Samiran menyatakan bahwa SBS merupakan perilaku yang sangat penting bagi kita semua, karena dengan SBS maka masyarakat tidak lagi tertular penyakit seperti diare, cacingan dan juga aroma aroma yang tidak sedap di sungai, pekarangan, saluran air tidak ada lagi.

" Saat ini sudah empat desa yang warganya tidak lagi BAB sembarangan, tinggal dua desa lagi yaitu Sidorejo dan Jatirejo yang warganya masih ada yang BAB sembarangan walaupun tidak banyak," ungkap Samiran.

Untuk itu ia meminta Kepala Puskesmas dan Kader serta kepala desa untuk segera menindak lanjuti agar dua desa tersebut menjadi desa yang telah bebas dari BAB sembarangan.

kecamatan lendah 2" Pemerintah kabupaten mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada 4 desa yang sudah stop BABS dan berhasil menjaga masyaraktnya untuk tetap berperilaku hidup bersih dan sehat," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo diwakili oleh Staf Ahli Bupati Jumanto, SH menyampaikan bahwa, bupati merasa bangga bahwa akhir-akhir ini Kab Kulon Progo semakin banyak desa yang masyarakatnya sadar untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Bupati mengharapkan desa-desa lain di wilayahnya mengikuti jejak 4 desa yaitu mampu melakukan deklarasi SBS secepatnya.

Dengan bertambahnya desa yang SBS di Kab Kulon Progo, maka telah tercapai sebanyak 19 desa verified ODF (Open Defication Free) dari seluruh desa (88 desa) atau 21,6% desa di Kulon Progo telah SBS. (berdasarkan data dalam Web STBM 30 September 2015).

Deklarasi ini dilaksanakan atas dasar tekad masyarakat dalam hal ini dipelopori oleh Kades, Kadus dan Kader masing-masing desa, yang menyatakan dan sepakat mendeklarasikan SBS pada 29 September 2015.

Semoga kegiatan masyarakat lebih efektif baik di tingkat kabupaten, kecamatan, desa maupun di dusun. Pernyataan deklarasi dari 4 desa dipimpin oleh camat diikuti oleh kepala desa dan masyarakat yang hadir.

Selesai pembacaan ikrar deklarasi SBS oleh kepala desa dan diikuti oleh masyarakat dan undangan yang hadir, dilanjutkan dengan penyerahan piagam deklarasi oleh Staf Ahli Bupati didampingi Wakil Dinas Kesehatan Kab Kulon Progo, camat, kepala puskesmas dan koordinator STBM DIY. (Nanang Besmanto - Koordinator STBM DIY;Rita)


Tidak disertai video terkait.