top banner
  I  

Rabu - 21 Oktober 2015 08:05:42 WIB

Berkat Swadaya, Asosiasi terbentuk

Berita Daerah
Administrator | dibaca: 50858 pembaca

Berkat Swadaya, Asosiasi terbentuk

 

Asosiasi SPAMS Perdesaan Sumber Lestari Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo akhirnya terbentuk berkat kerjasama dan swadaya BP SPAMS Desa Program PAMSIMAS dan Non PAMSIMAS.

 

Bone Bolango Tahun 2014 Kabupaten Bone Bolango untuk pertama kali, memperoleh Program PAMSIMAS dengan jumlah desa sebanyak 10 (sepuluh) yang terdiri dari 8 (delapan) dari sumber pendanaan APBN dan 2 (dua) desa dengan dari APBD Kabupaten Bone Bolango. Ke sepuluh desa tersebut telah diserah terimakan dan sekarang dikelola oleh BP SPAMS di desa masing masing,

September 2015 lalu, 6 BP SPAMS Perdesaan Non PAMSIMAS dan beberapa pengurus BP SPAMS, menyampaikan bahwa BP SPAMS membutuhkan wadah untuk berkomunikasi, saling tukar Informasi dalam pelaksanaan pengelolaan SPAMS di desanya masing masing.

Saran tersebut kemudian ditindak lanjuti FK dan Korkab berdiskusi dengan Ketua DPMU, Kepala Bidang Ciptakarya Dinas PU Bone Bolango Irwan Kurniawan ST, MT dan Koordinator Provinsi ROMS-6 Gorontalo dan Sulawesi Utara, Sudirman.

berkat swadaya 1Semua pihak mendukung dan akhirnya diadakan acara Workshop Keberlanjutan, Pembentukan Asosiasi SPAMS Perdesaan Kabupaten Bone Bolango, pada 13 Oktober 2015 lalu di kantor Bupati Bone Bolango.

Acara tersebut diikuti peserta dari 20 desa PAMSIMAS Tahun 2014 dan 2015, dan esa Non PAMSIMAS, dimana masing masing BP SPAMS diwakili oleh 4 (empat) orang yaitu kepala desa, Ketua BP SPAMS dan bendahara dansSekretaris BP SPAMS.

Acara yang dilaksanakan seharian penuh dan itu patut mendapat apresiasi yang tinggi karena kegiatan tersebut didanai dari kontribusi swadaya seluruh BP SPAMS berdasarkan keinginan kuat untuk membentuk forum yaitu Asosiasi SPAMS Perdesaan Kabupaten Bone Bolango.

Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan Drs. EC. Tanwir Ali, MM mewakili Bupati Bone Bolango mengatakan, dalam memberikan pelayanan, BP SPAMS yang ada, harus mampu untuk mengidentifikasi kebutuhan dari masyarakat, Niat tulus dari BP SPAMS, rencana kerja yang jelas, dan kesadaran masyarakat untuk membayar iuran menjadi factor yang penting untuk keberlanjutan.

Penyampaian beberapa materi dilaksanakan dengan metode berbentuk talkshow. Kepala BAPPEDA Bone Bolango Iwan Mustapa, SE, MA yang menjadi pembicara menyampaikan materi rancangan program pengelolaan SPAMS perdesaan menuju keberlanjutan dan kebijakan Pemda dalam pembangunan SPAMS perdesaan.

Iwan Mustapa menegaskan, harapan terbesar berada di pundak Asosiasi/BP SPAMS di perdesaan khususnya dalam pengelolaan SPAMS, kita tidak bisa berharap terlalu banyak pada PDAM khususnya di daerah perdesaan.

Ada 4 hal yang perlu diprhatikan untuk pemanfaatan air minum yaitu kuantitas, kualitas, kontinuitas dan keterjangkauan.

berkat swadaya 2" Peran BP SPAMS itu sendiri sangat diharapkan pada pasca konstruksi. Apalagi kebijakan penganggaran sudah berbasis desa sehingga harus disinkronkan antara PJM ProAksi dengan RPJM Desa dan RKP Desa. Kita perlu dorong peran lembaga lembaga lain di desa untuk mendukung pembangunan spams perdesaan dan sudah saatnya kita kembangkan kolaborasi yang produktif," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bone Bolango Kadaria Hilala, ST saat menyampaikan materi status keberfungsian SPAMS desa PAMSIMAS dan non PAMSIMAS mengatakan, bahwa dalam pengelolaan SPAMS perdesaan maka setidaknya harus memperhatikan 3 hal, yaitu sumber air baku, operasional dan pemeliharaan.

" BP SPAMS harus mempersiapkan diri untuk bisa berkembang lebih besar lagi dan selalu mengkoordinasikan dengan Pemda untuk mendapatkan dukungan apalagi jika sumber air baku memungkinkan untuk itu," tuturnya.

Kadari melanjutkan, jika di desa ada perusahaan atau lembaga produktif yang memerlukan air maka tidak perlu mencari sistem lain, akan tetapi sebaiknya menggunakan saja sistem yang sudah dikelola oleh BP SPAMS.

Selain itu Sugondo, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan mewakili Kepala BPMDes menyampaikan materi Kader AMPL, peran dan fungsinya dalam mendukung keberlanjutan SPAMS desa.

Sementara itu, koorprov ROMS-6 Gorontalo Sulut Sudirman yang menyampaikan materi Asosiasi SPAMS Perdesaan, menekankan, pembentukan asosiasi ini harus didasari dengan sebuah sikap yang tegas jujur, peduli dan berintegritas. LembagaaAsosiasi atau BP SPAMS harus kuat agar dapat bersinergi dengan kelembagaan lainnya yang ada di desa dan kabupaten dan harus saling bahu membahu, mendukung pemerintah desa dan kabupaten serta masyarakat dalam pengelolaan SPAMS Perdesaan.

" Perencanaan berbasis masyarakat dan terlembagakan sehingga peran asosiasi atau BP SPAMS bersama kader AMPL diharapkan mampu bersinergi, berkolaborasi dalam mengawal perencanaan bidang AMPL yang terintegrasi dengan perencanaan di desa dan kabupaten," tandas Sudirman.

berkat swadaya 3Iskandar Miolo perwakilan salah satu pengurus BP SPAMS mengatakan bahwa segala sesuatu yang diawali dengan niat yang ikhlas, maka pasti akan berhasil. Iskandar juga mengatakan, bahwa jika mau berhasil asosiasi atau pengurus BP SPAMS dalam mengelola SPAMS perdesaan, maka ada 3 hal yang perlu diperhatikan yaitu kekompakan pengurus, keberfungisn sarana, dan iuran anggota/masyarakat.

Talkshow yang Fasilitator Keberlanjutan Asna Mohammad SKM ini mendapat antusias dari peserta. Suasana hidup nampak dalam talkshow tersebut dengan adanya berbagai pertanyaan maupun masukan dari peserta. Ditambah dengan diskusi yang berlangsung diantara para nara sumber dengan bahasan, target universal akses yang harus dicapai, pada tahun 2019 di Kab Bone Bolango

Dalam acara tersebut, sekaligus dilaksanakan pembentukan Asosiasi SPAMS Perdesaan, yang kemudian disepakati bersama Asosiasi SPAMS Perdesaan Sumber Lestari Kabupaten Bone Bolango.

Iskandar Miolo pun didapuk menjadi Ketua Dewan Pengurus Asosiasi SPAMS Perdesaan Sumber Lestari. Dalam penyampaian perdananya Iskandar mengajak para Pengurus untuk mendasari semua pelaksanaan tugas dan kerjanya dengan dasar ikhlas dan jujur, dan terjalin kekompakan diantara pengurus asosiasi SPAMS perdesaan, sehingga hasil kerjanya dapat bermanfaat dan dirasakan oleh seluruh warga masyarakart Bone Bolango dalam pelayanan air minum dan sanitasi di wilayah perdesaan untuk pencapaian akses 100% di tahun 2019. (Yusep Abdullah-Korkab Bone Bolango,Sudirman-Korprov Gorontalo & Sulawesi Utara;Rita).


Tidak disertai video terkait.