top banner
  I  

Kamis - 26 November 2015 06:56:57 WIB

Belajar Bersama, Sehat Semua

Berita Daerah
Administrator | dibaca: 51078 pembaca

Belajar Bersama, Sehat Semua

 

Pembelajaran bersama untuk meningkatkan koordinasi dan kebersamaan mencapai kinerja PAMSIMAS lebih baik, khususnya komponen kesehatan.

 

belajar bersama 1Surabaya - Untuk memicu peningkatan Program PAMSIMAS Jawa Timur khususnya komponen kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur mengadakan Workshop Stakeholder Learning Review PAMSIMAS II Jatim, 15-17 Nopember 2015 di Hotel Grand Park Surabaya. Kegiatan ini sebagai pembelajaran bersama agar para tokoh kunci pelaksana PAMSIMAS di kabupaten lebih meningkatkan koordinasi dan kebersamaan untuk mencapai kinerja PAMSIMAS yang lebih baik khususnya komponen kesehatan.

Pesertanya adalah setiap kabupaten berbagai unsur yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Fasilitator kabupaten STBM, District Coordinator PAMSIMAS. Hadir pula sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Provincial Coordinator Jawa Timur 2 dan dari Kementerian Kesehatan Rano Banyuaji dan Hery Septiadi yang memberikan paparan terkait kebijakan pusat.

Banyak pembelajaran yang bisa dipetik dari acara ini. Karena menampilkan pameran yang berisi quick status PAMSIMAS dan keberfungsian sarana air bersih, kemajuan dusun SBS, kinerja PAMSIMAS kesehatan, capaian STBM district wide, strategi kegiatan PAMSIMAS komponen air minum dan STBM, kegiatan inovatif STBM, cerita sukses.

belajar bersama 2Misalnya dari Kabupaten Nganjuk yang menjadi salah satu narasumber dari kabupaten. Kab ini berbagi pengalaman bagaimana cara menaikan daya ungkit capaian STBM bagi kabupaten lain yaitu, adanya pleno pemicuan setelah proses pemicuan. Maksudnya, setelah proses pemicuan, semua berkumpul di balai desa untuk bersama mencari solusi atas permasalahan jamban yang ada. Pleno ini dihadiri lintas SKPD sehingga solusi akan dapat segera didapatkan.

Selain itu adanya penguatan komite STBM di komunitas yang dilakukan per 3 bulan. Per komunitas menampilkan capaian perkembangan SBS nya, jadi semacam SLR di tinggkat komunitas kecil. Kemudian Bapermades Kab Nganjuk ikut berperan aktif, dengan mengadakan cetakan jamban dan bekerja sama dalam mengadakan pelatihan tukang sanitasi yang dilakukan per cluster.

Harapannya dapat memberikan pendapatan bagi masyarakat desa dengan menjawab kebutuhan pembangunan jamban layak. Dinas Kesehatan kabupaten juga sebagai bagian dari badan anggaran kabupaten, memberikan pertimbangan lebih kepada desa-desa yang SBS, agar mendapat pendanaan program lain ,sehingga memacu desa-desa untuk segera SBS dan mendapatkan program-program lain di desanya.

Lain Nganjuk, lain pula Malang dan Lumajang. Kabupaten Malang kini sedang melakukan program pemetaan ulang untuk capaian sanitasinya dengan dana dari BOK. Dana tersebut dialokasikan untuk menunjang pembuatan peta sanitasi yang benar-benar up date yang dilakukan sendiri oleh masyarakat dibantu sanitarian.

belajar bersama 3Hal ini dibutuhkan, karena banyak pencatatan berbentuk peta sanitasi desa yang telah hilang atau belum diperbaharui. Dinas kesehatan juga telah melakukan pelatihan tukang sanitasi untuk desa PAMSIMAS sebanyak 2 orang untuk setiap desanya.

Kabupaten Lumajang di samping mengejar SBS, kini juga sedang memacu program CTPS. Bersama HAKLI yang beranggotakan sanitarian, berkolaborasi dengan KKM PAMSIMAS, sekolah dan swadaya masyarakat telah mengadakan gebyar CTPS yang dihadiri sekitar 700 orang di salah satu desa Program PAMSIMAS. Hal ini memicu pihak Promkes Puskemas untuk mewajibkan program kampanye CTPS ini juga dilakukan di desa-desa lainnya, juga di desa non PAMSIMAS.

Dharma Wanita Kabupaten Lumajang juga aktif. Salah satunya mengadakan lomba jingle CTPS Desember mendatang bahkan pihak PWRI, pensiunan pegawai negeri sipil, tidak ketinggalan mengadakan senam CTPS.

Hasil yang didapat adalah adanya strategi untuk peningkatan kesehatan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik, serta sinergi dengan berbagai pihak terkait dan kerjasama program CRS untuk percepatan akses sanitasi.

Setelah sharing pembelajaran, setiap kabupaten menyusun rencana tindak lanjut pelaksanaan PAMSIMAS tahun 2016. Dalam RTL terlihat sinergi kegiatan antara PU Cipta Karya dengan Dinkes. Pada acara ini, semua peserta menanda tangani komitmen mencapai universal akses 2019 dimana komitmen ini, merupakan ikatan moral untuk dijadikan sebagai target kinerja.(Onny Trijunianto dan Saputera Bank Dunia;Rita)


Tidak disertai video terkait.