top banner
  I  

Senin - 18 Januari 2016 09:01:07 WIB

Kerja Keras yang Tidak Sia-Sia

Berita Daerah
Administrator | dibaca: 50704 pembaca

Kerja Keras yang Tidak Sia-Sia

 

Warga Jorong Bangun Argo tidak hanya bisa menyelesaikan pembangunan sarananya, tetapi juga langsung mendapatkan air bersih langsung ke dalam rumah warga.

 

kerja keras 1Dharmasraya - Jorong Bangun Argo adalah lokasi PAMSIMAS TA 2015 yang terletak di Nagari Ranah Palabi Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat.

Begitu Program PAMSIMAS hadir di lokasi ini, antusias warga Jorong Bangun langsung menyambut. Bahkan mereka tidak sabar kapan akan segera pelaksanaan. Karena kebutuhan air layak konsumsi ini memang sangat dibutuhkan warga apalagi jika musim kemarau tiba.

Antusias warga sudah terlihat di awal sosialisasi. Ketika disampaikan bahwa dengan in cash 4% air hanya sampai depan rumah. Animo warga sangat tinggi. Mereka mengumpulkan in cash itu lebih dari 4% untuk langsung memasang sambungan rumah. Dari 4 lokasi, 3 jorong/desa sambungan rumahnya sudah melebihi 30 SR.

Kondisi air minum sebelum masuk PAMSIMAS memang sangat memprihatinkan. Warga mengambil air bersih dari sumur dan ada yang langsung ke sungai. Air sumur yg mereka pakai untuk minum pada saat musim kemarau kering dan berwarna kehijauan. Bahkan terkadang mereka harus mengangkut air dari sungai. Sedangkan di musim hujan keruh. Karena kondisi ini yg membuat warga begitu antusias untuk ikut PAMSIMAS.

Seperti yang disampaikan Mukadis (55), salah satu warga yang bermata pencaharian sebagai buruh panen sawit. Ia mengaku, sebelum adanya PAMSIMAS mengambil air dari sumur. Warna airnya kuning namun karena tidak ada pilihan, terpaksa air sumur itu untuk masak mandi dan mencuci. Sedangkan untuk minum harus dibeli. Karena ini pula, Mukadis ini rela menghibahkan tanahnya untuk KU.

kerja keras 2Selain Mukadis, ada Kuswandi (30) yang juga merasakan hal yang sama. Kuswandi yang seorang buruh panen ini mengaku, sebelum PAMSIMAS, ia menumpang sumur tetangga untuk mendapatkan air untuk masak dan minum.

" Setelah ada PAMSIMAS tinggal buka keran di rumah saya," tutur Kuswandi sumringah.

Pada Desember 2015 pembangunan sarana sudah selesai dilaksanakan. Menjelang uji fungsi yg dilakukan pada 11 Januari 2016, sudah terpasang 46 SR. Setelah dipasang SR warga sangat bersyukur karena air sudah dapat mereka nikmati.

Wali Nagari Ranah Palabi Siti merasa bangga dengan Jorong Bangun Argo yang telah berusaha sangat keras untuk melaksanakan program PAMSIMAS. Warga tidak hanya bisa menyelesaikan pembangunan sarananya, tetapi juga langsung mendapatkan air bersih langsung ke dalam mereka masing-masing.

SITI mengatakan, dibandingkan dengan 2 jorong lain yang juga mendapatkan program PAMSIMAS, yaitu Jorong Bukit Tujuh dan Bukit Subur, Jorong Bangun Argo inlah yang SR nya banyak dan cepat dimanfaatkan warga.

" Semoga dengan air PAMSIMAS kehidupan masyarakat Jorong Bangun Argo akan menjadi lebih sehat dan bersih. (Sri Wahyuni HS FM CD Kab Dharmasraya;Rita)


Tidak disertai video terkait.