top banner
  I  

Senin - 24 Oktober 2016 05:30:20 WIB

Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur Stop BABS

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 50817 pembaca

Kecamatan  Purbolinggo, Lampung Timur Stop BABS

 

Kepala Puskesmas Mulyono S, ST dan Camat Purbolinggo, drs. Maryono, kabupaten  Lampung Timur dianggap mampu mengajak masyarakat untuk stop buang air besar sembarangan (BABS) dan terbiasa untuk mencuci tangan pakai sabun (CPTS).

 

purbolinggo sbs 1Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur, dr. Evi Darwati, saat memberikan apresiasi  atas keberhasilan di kecamatan Purbolinggo setelah Kecamatan Purbolinggo lolos verifikasi oleh Seksi PL Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur dan tim STBM Kabupaten.

Masyarakat Kecamatan Purbolinggo mulai berubah perilaku setelah dilakukan kegiatan pemicuan Community Led Total Sanitation (CLTS) oleh Puskesmas Purbolinggo, Kader STBM dan seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kab. Lampung Timur. Kepala Keluarga di kecamatan seluruhnya sudah mempunyai jamban di rumah masing-masing. Menariknya, penyediaan jamban seluruhnya dilakukan oleh masyarakat tanpa bantuan pemerintah.

purbolinggo sbs 2"Semua itu dapat dilakukan berkat kerjasama yang baik dari semua pihak, dan kerja keras Kepala Puskesmas serta seksi Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kab. Lampung Timur sehingga mampu membuat Kecamatan Purbolinggo mencapai dua pilar: Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)", kata dr. Evi Darwati.

Kecamatan  Purbolinggo terdiri dari 12 desa, yakni Desa Taman Bogo, Desa Taman Endah, Desa Taman Fajar, Desa Tambah Dadi, Desa Tambah Luhur, Desa Tanjung Inten, Desa Tanjung Kesuma, Desa Tegal Gondo, Desa Tegal Yoso, Desa Toto Harjo, yang ditambah Desa Taman Cari dan Desa Raman Asri  yang sudah lebih dulu dideklarasikan di tahun 2015 yang kembali diundang  untuk mengikuti deklarasi desa Stop Buang Air Besar Sembarangan se-Kecamatan Purbolinggo. Acara juga dihadiri oleh ketua DPRD, H. Ali Johan Arif, SE. Msi, Kepala Bidang P2PL Dinkes Lampung Timur, Sri Edy Haspriyono SKM dan staf, Camat Purbolinggo, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, kader STBM, ibu pengajian dan warga masyarakat setempat juga dilakukan untuk mempertingati hari ulang tahun lansia (HALUN).

purbolinggo sbs 3Deklarasi dilakukan oleh 12 kepala desa, tokoh masyarakat dan kader STBM, juga penandatanganan Sertifikat dua pilar STBM untuk 12 kelurahan dan penyerahan sertifikat oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur. Dalam sambutannya, dr. Evi Darwati berpesan supaya jamban yang sudah dimiliki masyarakat terus dijaga dan digunakan sebaik-baiknya.

"Sangat disayangkan jika masyarakat yang sudah memiliki jamban namun kebiasaan BAB di kebun atau di sawah masih dilakukan", imbuh dr. Evi Darwati, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur. Iin Cintawati,Korprov STBM Lampung;Alif


Tidak disertai video terkait.