top banner
  I  

Jum'at - 25 November 2016 04:02:56 WIB

Koloborasi Percepat Target Kinerja Pamsimas

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 50964 pembaca

Koloborasi Percepat Target Kinerja Pamsimas

 

Kolaborasi pelaksanaan Program Pamsimas di daerah sangat diperlukan untuk mendorong percepatan capaian kinerja Program

 

kolaborasi 1Yogyakarta - Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai pelaksanaan Pamsimas III, sekaligus untuk menyusun rencana kegiatan Tahun anggaran 2017 di Tingkat Provinsi dan Kabupaten lokasi Pamsimas, Pengelola Program Pamsimas Tingkat Pusat mengadakan Lokalatih Pengelola Program Pamsimas III, bagi PPMU dan DPMU untuk Regional III dari provinsi di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogjakarta, Bali, NTB dan NTT, 16 - 19 November 2016.

kolaborasi 2Ketua CPMU program Pamsimas, Agus Ahyar menegaskan, untuk mencapai target kinerja Program dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak terutama anggota Tim PPMU (Provincial Project Management Unit) dan Tim DPMU (District Project Management Unit), saat menyampaikan arahannya dalam pembukaan acara di depan peserta kegiatan Lokalatih yang terdiri dari kabupaten pelaksana Program Pamsimas I dan II, serta kabupaten yang baru mengikuti Program Pamsimas III.

"Adapun tujuan Program Pamsimas adalah peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, meningkatkan akses aman air minum dan sanitasi layak yang berkelanjutan, menurunkan BABS, serta menurunkan angka penyakit", kata Agus Ahyar lebih lanjut.

Sementara itu Pauda, Wakil Ketua CPMU dari Ditjen Bina Bangda menekankan, jika kita bicara Pamsimas dari hulu hingga hilir, maka hulunya adalah Pamsimas yang merupakan kebijakan nasional. Namun demikian bila dilihat dari urusan Pemerintahan yang diklasifikasikan atas urusan abbsolut, konkuren dan pemerintahan umum, maka Pamsimas masuk ke dalam urusan wajib yakni di pelayanan dasar dan non dasar. Sampai di sini Pamsimas masuk menjadi urusan wajib pemerintah daerah. Untuk itu ditawarkannya, alternatif solusi untuk mendukung pencapaian urusan wajib tersebut, yaitu akan disusun peraturan pemerintah tentang SPM terkait AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan), sehingga AMPL menjadi prioritas anggaran; dan akan memberikan sanksi bagi Kepala Daerah yang tidak melaksankan kebijakan SPM tersebut

kolaborasi 3Wakil Ketua CPMU Ditjen Bina Pemdes, Deddy Winarwan mengharapkan hendaknya kolaborasi ini juga dilakukan oleh aparat Pemerintah Desa dalam mencapai SPM Desa, sesuai target kinerja program Pamsimas. Sehingga diharapkan ada peningkatan anggaran desa untuk pembangunan AMPL dengan melakukan integrasi PJM Pro-Aksi ke dalam PJM Desa/RKP Desa.

Di sisi lain, Eko Saputra, selaku Wakil Ketua CPMU dari Ditjen Kesling berharap dengan adanya Lokalatih ini dapat meningkatkan semangat kolaborasi antar stakeholder dalam mencapai tujuan akhir Pamsimas, yaitu masyarakat sehat.

Hal ini diamini oleh Danny Sutjiono selaku narasumber yang menyampaikan strategi pencapaian komponen 3 Program untuk mencapai target kinerja Pamimas, bukan hanya tugas Kementerian tetapi tugas seluruh masyarakat terutama Provinsi dan Kabupaten pelaksana Pamsimas sebagai motor penggerak yang tergabung dalam PPMU dan DPMU, sehingga dibutuhkan kolaborosi berbasis tugas dan fungsi, papar Henny Wardani saat menyampaikan Tugas dan fungsi PPMU dan DPMU dalam acara Lokalatih ini.

Kegiatan Lokalatih Pengelola Program Pamsimas III, bagi PPMU dan DPMU untuk Regional III, di Yogjakarta ini ditutup secara resmi oleh Kepala Satker Pengembangan Air Minum Berbasis Masyarakat, Fitri Perainginangin. (Endang Sri Rejeki/Alif)

 

 


Tidak disertai video terkait.