top banner
  I  

Senin - 28 November 2016 08:41:56 WIB

Kabupaten Kepahiang Pertama Raih Sertifikat SBS

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 50800 pembaca

Kabupaten Kepahiang Pertama Raih Sertifikat SBS

 

kepahiang 4Bengkulu, 12 November 2016 - Kerja Keras dengan tidak mengenal lelah dari Kader Kesehatan bersama-sama dengan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat desa Bandung Jaya, serta dukungan dari Kecamatan Kabawetan, Puskesmas Bukit Sari yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, akhirnya berbuah manis.

Hal itu terlihat saat DR.Ir Hidayattullah Sjahid, MM, Bupati Kapahiang menyerahkan Sertifikat desa SBS yang pertama bagi Kabupaten Kepahiang, bertempat di Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang pada peringatan Hari Kesehatan Nasional yang Ke-52.

Pencapaian Desa Bandung Jaya menjadi desa SBS tidak terlepas dari rangkaian kegiatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di desa Bandung Jaya yang di intervensi Program Pamsimas II, dimana diawali dengan kegiatan pemicuan CLTS dan kegiatan kesehatan penyuluhan partisipatif serta kegiatan Promosi Kesehatan yang ada di dalam rencana kerja Masyarakat (RKM) Program Pamsimas II.

kepahiang 1Melalui proses verifikasi oleh tim verifikasi yang diketuai oleh Kepala Puskesmas Bukit Sari, terdiri dari utusan Kecamatan Kabawetan, Sanitarian Puskesmas Kabawetan, Sanitarian Puskesmas Pasar Kepahiang, Sanitarian Puskemas Tebat Karai, Kepala Desa Tetangga dan Tim Dinas Kesehatan Kabupaten dan dukungan dari Dinas Kesehatan Propinsi (Korprop STBM) bertujuan memberikan pembelajaran dan verifikasi bagi masyarakat desa Bandung Jaya agar mampu merubah kebiasaan buang air besar sembarangan, menjadi buang air besar secara terpusat melalui pembuatan jamban secara mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan, Sudarno Kusuma, SKM. MM, mengatakan pencapaian desa Bandung Jaya SBS (Stop Buang Air Besar Sembarangan) ini dapat memicu/memotivasi desa-desa lainnya di wilayah kerja masing masing Puskesmas untuk mewujudkan desa SBABS lainnya di Kabupaten Kepahiang melalui kegiatan STBM di desa dan kerjasama lintas sektoral yang solid menuju Kabupaten Kepahiang Sehat dan Akses universal 2019 (100.0.100). Nurcahyadi Siddiq, Faskab STBM Kepahiang, Bengkulu/Alif


Tidak disertai video terkait.