top banner
  I  

Muara Enim Menuju Akses Universal

Berita Terbaru
Administrator |Jum'at - 23 Desember 2016 16:08:30 WIB | dibaca: 1 pembaca

Muara Enim Menuju Akses Universal

 

Bupati Muara Enim, mendorong seluruh Camat se Kabupaten Muara Enim untuk mencapai akses universal (100-0-100), melalui pelaksanaan Program Pamsimas.

 

Sumatera Selatan - Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohor mendorong seluruh Camat se Kabupaten Muara Enim untuk mencapai akses universal (100-0-100), yaitu akses air minum aman 100%, kawasan kumuh 0% dan akses sanitasi layak 100% melalui Program Pamsimas, hal ini ditengarai dengan dikeluarkannya Surat Bupati, Nomor:127/CK. 13-II/2016, Tanggal: 30 November 2016, Perihal: Keberlanjutan Program Pamsimas dan Sanimas di Kabupaten Muara Enim, yang ditujukan ke seluruh Camat di Kabupaten Muara Enim untuk diteruskan kepada seluruh Kepala Desa di wilayahnya. (surat Bupati, terlampir)

Surat Bupati ini sekaligus sebagai tindaklanjut surat Menteri Dalam Negeri No.  440/4343/Bangda, tanggal 23 September 2016, Perihal : Tindak Lanjut Pelaksanaan  Program Pamsimas yang ditujukan ke seluruh Gubernur dan Bupati/Wali Kota Pelaksana Program Pamsimas Se Indonesia. (Surat Menteri Dalam Negeri, terlampir)

Semangat Kabupaten Muara Enim untuk mencapai akses universal sudah tumbuh sejak dicanangkannya RPJMN 2015-2019, melalui sosialisasi Nasional “Indonesia menuju akses universal (100-0-100) Tahun 2019”. Semangat warga Muara Enim ini tidak lepas dari semangat Bapak Bupati beserta jajarannya, ungkap Elly Yuliar.

Wanita yang akrab dipanggil Yuli ini kesehariannya menjabat sebagai Kepala Bidang Bangunan dan Lingkungan, Dinas PU Cipta Karya, Muara Enim, sekaligus sebagai Ketua DPMU Program Pamsimas dan Kepala Satker PIP periode 2013 sampai sekarang.

Sebagi Pengelola Program Pamsimas, Yuli menjadi motor penggerak pelaksanaan Pamsimas di daerahnya, hal ini terbukti saat Muara Enim berminat untuk menjadi lokasi Program Pamsimas III, dan melaksanakan sosialisasi, tema akses universal dan Pamsimas tidak luput dari bidikannya. Bupati saat itu juga menunjukkan kesungguhannya dalam mengawal pencapaian akses universal ini melalui Pamsimas, dengan membuka secara resmi acara sosialisasi Program Pamsimas ini yang dihadiri oleh Camat dan Kepala Desa.  (Muara Enim, 3/5/2016)

Menginjak tahun ke-8 (2016) Muara Enim sebagai kabupaten pelaksana Program Pamsimas, daerah  ini mampu meningkatkan tambahan akses air minum sebesar 109.807 jiwa dan akses sanitasi sebesar 85.072 jiwa (sumber data dari web pamsimas.org.

Tak berhenti di pengelolaan Pamsimas, wanita kelahiran tahun 1966 yang telah dikarunia dua putra dan satu putri ini, bersama-sama timnya mampu mengantarkan Muara Enim  untuk mendapatkan Pengharhaan dibidang pembangunan sanitasi dan air minum, “Sanipura Award Tahun 2016” pada acara City Sanitation Summit ke XIV yang dilaksanakan oleh Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di Banda Aceh akhir November 2016.

Muara Enim mencantat pencapaian Akses sanitasi layak 66.27 % dan akses air minum  78.18 % utk tahun 2015. Dengan diterimanya berbagi program dan penghargaan dibidang pembangunan air minum dan sanitasi di daerahnya, istri dari H. Syamsul Komri ini, merasa belum cukup untuk membuktikan kepada Bupati selaku pimpinannya dan masyarakat Muara Enim untuk mendukung komitmen Kepala Daerah menuju Muara Enim mencapai Akses Universal 2019.

Disela-sela kesibukannya mengikuti Lokalatih Pengelola Program Pamsimas III Reginal II tahun 2016 di Jakarta pertengah Desember ini, Yuli sempat menuturkan rencana kerjanya untuk mendukung komitmen  Bupati dalam mencapai akses universal  dengan merintis satu gerakan “Muara Enim menuju 100-0-100” yang akan diperjuangkan dalam program dan kegiatan pembangunan di daerahnya tahun anggaran 2017. Endang Sri Rejeki-Sekber; Deddy-CMAC.

Silahkan download disini : Surat Bupati

 


Tidak disertai video terkait.