top banner
  I  

Jika Ingin Mengirimkan Berita Maupun Artikel Silahkan Kirim Ke Email : beritapamsimas3@gmail.com

Pengumuman
Administrator |Selasa - 03 Januari 2017 13:59:29 WIB | dibaca: 50441 pembaca

Jika Ingin Mengirimkan Berita Maupun Artikel Silahkan Kirim Ke Email : beritapamsimas3@gmail.com:

 

Manual Penulisan Warta

 

Menulis artikel atau cerita dari sebuah peristiwa atau kegiatan dimulailah dengan kalimat sederhana yang dapat dimengerti semua pembaca.

Setiap tulisan harus mengandung unsure 5W + 1 H (Who, What, When, Why, Where dan How). Misalnya ketika akan menulis sebuah peristiwa atau kegiatan

 

  1. Who      : Siapa saja yang hadir dalam acara tersebut
  2. What     : Acara apa yang sedang berlangsung ini
  3. When    : Kapan acaranya atau kegiatannya berlangsung
  4. Where : Dimana acara tersebut berlangsung
  5. Why       :  Mengapa diadakan acara tersebut (alasannya)
  6. How       : Bagaimana prosesi acara atau kegiatan  tersebut

 

Berikut guideline untuk menulis sebuah tulisan, berita, cerita, kisah sukses untuk website Pamsimas.org

 

1.Untuk penulisan peresmian program Pamsimas atau deklarasi SBS berikut guidelinenya:

 

  1. Ceritakan proses acara peresmian atau deklarasi ini di desa….. (kapan dilaksanakan, dimana, siapa saja yang hadir baik yg diundang maupun yang mengundang).
  2. Bagaimana respon warga, antusiasmenya pada acara tersebut.
  3. Apa komentar atau pesan dan kesan (mungkin kepala desa atau pak camat, atau perwakilan PU perwakilan dinkes) saat peresmian atau deklarasi ini.
  4. Apa isi sambutan saat pembukaan (siapa yang membuka resmi acara, isi sambutan apa)
  5. Apa komentar/pesan dan kesan koordinator LKM  atau perwakilan masyarakat (sertakan data ya;)
  • Berapa KK yang sudah tersalurkan air bersih?
  • Berapa KK yang sudah memiliki jamban atau yang terpicu?
  • Apa saja yang berhasil dibangun dari program PAMSIMAS ini/ berapa unit?
  • Berapa jamban yang terbangun setelah ada pemicuan dari PAMSIMAS ini?
    1. Ceritakan juga bagaimana warga mendapatkan air sebelum ada PAMSIMAS. ceritakan juga kondisinya setelah ada PAMSIMAS.
    2. Ceritakan bagaimana dengan sanitasinya, apakah ada perubahan perilaku hidup sehat dan bersih? Ceritakan dari sebelum dan sesudah ada PAMSIMAS  sampai bisa ODF.
    3. Ceritakan bagaimana dengan sanitasinya, apakah ada perubahan perilaku hidup sehat dan bersih? Ceritakan dari sebelum dan sesudah ada PAMSIMAS  sampai bisa ODF.
    4. Ceritakan bagaimana dengan sanitasinya, apakah ada perubahan perilaku hidup sehat dan bersih? Ceritakan dari sebelum dan sesudah ada PAMSIMAS sampai bisa ODF.
    5. Lebih kurangnya bisa dikembangkan sesuai kondisi lapangan

     

2.Untuk penulisan Best Practices PAMSIMAS, berikut guidelinenya:

 

  1. Dimana lokasi yang menjadi sasaran program PAMSIMAS, mengapa terpilih sebagai sasaran lokasi?
  2. Deskripsikan suasana lokasi/desa seperti apa, mulai dari kebiasaan penduduknya, mata pencahariannya, kondisi warganya seperti apa, kondisi desanya, cuacanya.
  3. Ceritakan bagaimana kondisi desa sebelum program PAMSIMAS masuk, apa saja yang menjadi kendala (misalnya kondisi airnya seperti apa dan bagaimana perjuangan warga untuk pendapatkan air bersih, serta kondisi perilaku warga terhadap kebersihan dan kesehatan)
  4. Setelah program PAMSIMAS hadir, perubahan apa saja yang terjadi. Ceritakan dengan mendeskripsikan kondisinya (misalnya bagaimana kondisinya setelah ada air bersih yang sehat, kondisi desanya, kondisi warga serta perilakunya)
  5. Minta tanggapan atau komentar dari pak camat, pak lurah, koordinator LKM dan warga atau perwakilanya mengenai kondisi sebelum ada PAMSIMAS dan sesudah ada PAMSIMAS ini dan apa harapannya.
  6. Bagaimana proses pelaksanaan PAMSIMAS di desa ini (ceritakan respon warga, bagaimana antusiasmenya, bagaimana proses kerja gotong royongnya, sampai akhirnya terbangun sarana dan fasilitas dari PAMSIMAS ini sehingga berhasil)
  7. Bagaimana pula proses pelaksanaan pemicuan di bidang kesehatan dan CTPS nya agar perilaku warga berubah (ceritakan kondisi awalnya sampai proses pemicuan sampai berhasil sebagai desa SBS dan dideklrasikan dan minta sanitarian dan fasilitator HH menceritakan bagaimana mereka melakukan pemicuan di desa sehingga warga terpicu – pasti ada cerita menarik dalam prosesnya ini)
  8. Jangan lupa data teknis pelaksanaan program di desa ini berikut profil desanya. Serta foto yang mewakili keberhasilan program PAMSIMAS di desa tersebut (foto kegiatan deklarasi atau foto warga yang memanfaatkan fasilitas yang terbangun, foto nara sumber misalnya pak camat, lurah, kades atau coordinator LKM atau warga, foto kondisi desa sebelum masuk program PAMSIMAS dan sesudah program ini hadir).
  9. Kisi –kisi  ini harap dikembangkan sesuai dengan kondisi lapangan.

 

3.Untuk penulisan kegiatan seperti pelatihan, sosialisasi kegiatan, kegiatan di masyarakat seperti pemicuan atau penerapan CTPS dan PHBS, guidelinenya:

 

  1. Dimana lokasi kegiatan (lengkap dan nama tempat, lokasi, kec, kab, prov), tanggal.
  2. Kegiatannya apa, siapa saja yang jadi peserta atau undangan, siapa saja yang hadir
  3. Deskripsikan bagaimana suasan kegiatan pelatihan atau sosialisasi ( bagaimana respon peserta atau undangan atau masyarakat yang hadir)
  4. Dalam acara kegiatan pelatihan atau sosialisasi atau semacamnya itu pasti ada sambutan, siapa yang memberikan sambutan? Apa isi sambutannya?
  5. Minta tanggapan peserta kegiatan pelatihan atau undangan sosialisasi atau masyarakat terhadap acara ini, apa harapan mereka terhadap kegiatan tersebut.
  6. Untuk kegiatan CTPS atau PHBS, minta tanggapan dari masyarakat atau siswa sekolah terhadap kegiatan ini. (jangan lupa nama lengkap, usia, jenis kelamin)
  7. Jangan lupa sertakan foto kegiatan tersebut ( ukuran asli dan bukan foto pose).

 

4. Untuk penulisan kunjungan Dirjen atau  Direktur atau Bank Dunia atau CPMU atau instansi terkait yang ingin melihat langsung pelaksanaan program PAMSIMAS,  berikut  guideline untuk tulisannya :

 

  1. Dalam rangka apa kunjungan tersebut, tanggal berapa kunjungan dilakukan (mohon nama daerah lengkap mulai nama desa, kecamatan, kabupaten, provinsi)
  2. Siapa saja yang berkunjung ke lokasi (mohon nama lengkap dan posisi)
  3. Siapa saja yang mendampingi pada kunjungan tersebut (DMAC dan PMAC  atau instansi lain–mohon nama lengkap dan posisi)
  4. Bila ada pertemuan misalnya dengan warga atau pihak lain terkait pembangunan PAMSIMAS.  Apa isi dari pertemuan tersebut (komentarnya apa )
  5. Selama kunjungan tersebut, kegiatan apa saja yang dilakukan?
  6. Dalam kunjungan ke salah satu desa (nama desa lengkap, kecamatan dan kabupaten apa, berikut data teknis seperti sarana apa saja yang dibangun melalui program pamsimas di desa ini?) apa saja yang ditinjau dan apa komentar atau tanggapan baik dari sumber utama maupun warga sebagai pemanfaat? (mohon nama warga yang memberikan komentar atau tanggapan nama lengkap dan usianya berapa, bermata pencaharian apa? Berapa anak yang dimiliki?)
  7. Minta pendapat salah satu warga mengenai program Pamsimas termasuk fasilitas sarana yang dibangun, apakah membantu permasalahan yang ada di tempat tinggalnya, bagaimana dengan perubahan perilaku hidup bersihnya?
  8. Apa pendapat  setelah mengunjungi salah satu desa sasaran PAMSIMAS?
  9. Apa harapan baik dari warga maupun pihak yang berkunjung mengenai program PAMSIMAS ini?
  10.  Mohon deskripsikan suasana pertemuannya, deskripsikan suasana desanya atau lokasi kunjungan termasuk bagaimana cuacanya, respon warga terhadap kunjungan tersebut.

 

5.Untuk penulisan profil feature yang merupakan sosok yang bisa jadi panutan karena partisipasinya yang sangat aktif di program Pamsimas (bisa bidan, tokoh masyarakat, sukarelawan, anggota BPSPAMS, Natural Leader, sanitarian, anggota LKM atau siapa saja),  berikut  guideline untuk tulisannya :

 

  1. Ceritakan sosok  orang tersebut mulai dari kesehariannya, gaya bicaranya, dan apa yang menjadi alasan dirinya aktif partisipasi di program pamsimas.
  2. Bagaimana caranya dia melakukan (strategi apa) ketika terjun di masyarakat dalam melaksanakan kegiatan?
  3. Apa yang menjadi kendala ketika terjun dalam pelaksanaan kegiatan?
  4. Bagaimana orang-orang menilai penampilannya dan keaktifannya?
  5. Apa kekecewaan dan kebanggaan yang diperolehnya salam dalam melakukan pekerjaan tersebut?
  6. Apa kekecewaan dan kebanggaan yang diperolehnya salam dalam melakukan pekerjaan tersebut?
  7. Apakah ia senang dengan pekerjaannya/kegiatannya ini?

 

  1. Apa mimpi dan harapannya terkait dengan program Pamsimas di tempatnya?
  2. Apa mimpi dan harapannya terkait dengan program Pamsimas di tempatnya?
  3. Apa mimpi dan harapannya terkait dengan program Pamsimas di tempatnya?Jangan lupa deskripsikan gerak-geriknya ketika ia melaksanakan kegiatan Pamsimas, apakah kalem, santai, diam tetapi banyak bekerja, serius, atau galak, tegas atau bagaimana?
  4. Mohon deskripsikan suasana tempat tinggalnya, desanya dan jangan lupa, data-data teknis, apa saja yang terbangun dari program Pamsimas di desa ini.

 

6.Untuk penulisan kunjungan lapangan ke lokasi Pamsimas, baik lokasi yang sudah selesai pembangunannya maupun masih dalam tahap proses, berikut guidelinenya:

 

  1. Tulis lengkap lokasi kunjungan, nama desa, kec, kab, prov.
  2. Deskripsikan lokasi yang dikunjungi seperti bagaimana kondisi geografisnya, bagaimana masyarakatnya, mata pencahariannya dll.
  3. Ceritakan tanggapan masyarakat sebagai pemanfaat mengenai program Pamsimas, (sebelum ada Pamsimas , terutama kondisi air bersih atau air minumnya, bagaimana mereka mengambil air bersih untuk dikonsumsi.
  4. Ceritakan tanggapan masyarakat sebagai pemanfaat sesudah ada Pamsimas, dilihat dari kemudahan peroleh air bersih dan apa imbasnya dari kemudahan tersebut. Berapa iuran perbulannya untuk air bersih ini, bagaimana cara pembayarannya (bisa wwc pengurus bpspam mengenai apakah penagihan iuran susah atau tidak, sudah ada berapa saldo yang dipunya)
  5. Jangan lupa profil yang diwwc, nama lengkap, usia, pekerjaan.
  6. Ceritakan juga bagaimana keberlanjutan program Pamsimas di lokasi ini (wwc dengan bpspam bagaimana melaksanakan keberlanjutan program ini, sudah ada berapa KK yang mendapat SR (bandingkan sebelum dan sesudah ada Pamsimas), bagaimana tindak lanjut dalam hal perawatan dan complain dari pemanfaat.
  7. Ceritakan bagaimana dukungan pemerintah daerah terhadap program PAMSIMAS di lokasi ini?

7.Untuk penulisan artikel : isi tulisan harus jelas informasinya dan akurat baik akurat data maupun referensinya. Isi artikel yang menjadi topic ada kaitannya dengan program PAMSIMAS.

8.Untuk penulisan artikel tentang Pamsimas, jangan lupa sertakan data yang valid jika ingin menampilkan data.

9.Foto pendukung adalah ukuran asli (tidak diresize), bukan foto pose. Foto di email terpisah (tidak disatukan dalam file word).

Di email ke : beritapamsimas3@gmail.com

                                                                                                                                                                                               

Terimakasih, semoga bermanfaat.

 

 

Salam,

 

 

Deddy (CMAC PAMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.