top banner
  I  

Selasa - 02 Mei 2017 12:56:05 WIB

Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Keberfungsian SPAMS

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 51010 pembaca

Rapat Koordinasi dan Evaluasi Keberfungsian SPAMS

 

Riau - Bertempat di ruang VIP aula kantor Bupati Rokan Hulu, Selasa tanggal 18 Maret 2017, telah dilaksanakan Rapat Koodinasi dan Evaluasi Pamsimas Kabupaten Rokan Hulu yang di buka oleh ketua Bappeda Nifzar, SP.M.IP dan ditutup oleh PLT Bupati H. Sukiman. Rapat Koordinasi yang di koordinatori oleh Ketua PAKEM Kabupaten Rokan Hulu Afrizal, SP. M.IP ini dihadiri oleh Pokja AMPL, DPMU, PAKEM, Kepala Desa Ketua BP-SPAMS dan tim Fasilitator sebanyak 120 peserta. Dalam acara tersebut disampaikan pemaparan status keberfungsian pamsimas oleh Koordinator Kabupaten PAMSIMAS Kabupaten Rokan Hulu Detia Delimas, ST. dilanjutkan dengan diskusi.

Kabupaten Rokan Hulu telah mendapatkan Program Pamsimas sejak tahun 2008, jumlah Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 153 dan sudah mendapatkan program Pamsimas sebanyak 104 Desa. Sedangkan untuk tahun 2017 direncanakan 9 Desa baru akan mendapatkan program Pamsimas.

Berdasarkan data keberlanjutan Pamsimas Kabupaten Rokan Hulu termasuk Kabupaten dengan tingkat keberfungsian SAM kurang maksimal yaitu: 58 Desa yang berfungsi baik 39 Desa berfungsi sebagian dan 7 Desa tidak berfungsi, hal tersebut menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari surat edaran yang ditandatangai oleh Sekretaris Daerah yang mewajibkan Pemerintah Desa untuk mengalokasikan dana APBDesa minimal 5% untuk Optimalisasi, pemeliharaan, pengembangan dan pembangunan bidang AMPL terutama untuk meningkatkan keberfungsian pamsimas di 46 Desa dengan status tidak berfungsi dan berfungsi sebagian, hal tersebut merupakan bentuk komitmen pemerintah Desa dalam menjaga dan melestarikan kegiatan pamsimas, sementara itu 16 Desa telah berkomitmen dan mengalokasikan dana optimalisasi untuk melalui APBDesa Tahun Anggaran 2017.  

Alokasi dana optimalisasi pada Tahun Anggaran 2017 yaitu 4 Desa yang didanai oleh APBN Rp. 309.225.000, 8 Desa didanai oleh APBD Rp. 309.225.000 dan 17 Desa yang didanai melalui APBDesa TA. 2017 sebesar Rp. 869.856.100. Sementara desa lainnya dianggarkan di tahun 2018 sampai 2019 baik melalui APBN, APBD dan APBDesa atau pihak lainnya.

Dalam sambutannya pada penutupan acara, Plt. Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, menyampaikan pesan agar Kepala Desa senantiasa transparan dan berhati-hati dalam menggunakan anggaran dan berupaya untuk memaksimalkan keberfungsian Pamsimas yang telah terbangun. Pemerintah Desa harus menjadi contoh dalam menjaga dan melestarikan setiap kegiatan pembangunan dengan rasa tanggungjawab.

Dari hasil pertemuan tersebut ada hal menarik yakni adanya komitmen Pemerintah Desa untuk dalam mensukseskan Program Pamsimas dengan mengganggarkan kegiatan pamsimas melalui RPJMDesa, RKPDesa dan APBDesa. Peran fasilitator dalam menggali komitmen pemerintah Desa juga menjadi salahsatu faktor penting sehingga apabila seluruh stakeholder berkerja sama target 100-0-100 pada tahun 2019 dapat menjadi kenyataan. (Asep Solehudin – FM-CD Roms 4 Kabupaten Rokan Hulu, Riau;Deddy Setiawan-Web Admin/Ast.MIS CMAC)

 


Tidak disertai video terkait.