top banner
  I  

Jum'at - 28 Maret 2014 04:19:52 WIB

Mengalir Jua Air PAMSIMAS Di Jorong Tampuang Kodok

Berita
Administrator | dibaca: 50717 pembaca

Mengalir Jua Air PAMSIMAS Di Jorong Tampuang Kodok

Masyarakat sempat apatis ketika program PAMSIMAS hadir di Jorong Tampuang Kodok ini. Namun perjuangan yang tak kenal lelah, akhirnya berbalik dan mereka begitu senang kehadiran PAMSIMAS.

Lima Puluh Kota - Jorong Tampuang Kodok, Nagari Balai Tetap Panjang, Kecamatan. Lareh Sago Halaban, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, merupakan jorong sasaran Penyedian Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) II tahun 2013.

Awalnya masyarakat kurang berantusias menangapi program ini. Mereka beranggapan kalau air tidak akan bisa mengalir dari sumber mata air ke perkampungan masyarakat, karena sumber yang jauh.

Tetapi setelah dilakukan pendekatan, masyarakat baru mau mendukung kegiatan PAMSIMAS bersama-sama dan bergotong royong.

Pada 16 Maret 2014 lalu, dilaksanakan serah terima di Jorong Tampuang Kodok dengan sambutan tari pasambahan. Dalam acara serah terima tersebut dihadiri Ketua DPMU Kab. Lima Puluh Kota, Camat lareh sago halaban beserta rombonganya.

Dalam kesempatan itu Deswandi (DPMU Kab. Lima Puluh Kota) menyampaikan bahwa sebagai program nasional berbasis masyarakat, agar PAMSIMAS II di jorong Tampuang Kodok ini dipelihara dan dikembangkan bukan hanya sampai kran umum saja tetapi sudah memulai merencanakan untuk sambungan rumah.

Telah mengalirnya PAMSIMAS di Jorong Tampuang Kodok ini, perubahan prilaku, hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat menjadi meningkat. Kebiasaan buang air besar ke tabek atau banda tidak ada lagi.(Tim Fasilitator Kab. Lima Puluh Kota;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :