top banner
  I  

Rabu - 16 Agustus 2017 14:16:24 WIB

Sinkronisasi Program Prioritas Kemendesa PDTT RI Untuk Kegiatan PAMSIMAS

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 50962 pembaca

Sumatera Selatan- Bertempat di Aula Pesos Pertamina Pendopo Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Minggu 13 Agustus 2017 berlangsung sosialisasi percepatan pelaksanaan  4 program prioritas Kemendesa PDTT RI. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Bupati PALI, Heri Amalindo.

Dalam sambutanya, Bupati Pali Heri Amalindo menyampaikan pentingnya peran kepala desa dalam pembangunan daerah.“Kami sebagai kepala daerah mengharapkan upaya maksimal dari aparatur pemerintah desa untuk mendukung kebijakan pemerintah dan menggunakan sumber pendanaan yang ada dengan sebaik-baiknya” tegasnya.

Dalam sesi selanjutnya, Mulyono dari Kementerian Desa PDTT menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan pembangunan nasional, penggunaan dana desa tahun 2017 lebih difokuskan untuk mendukung kebijakan 4 program prioritas, diantaranya pembentukan BUMDES, pembangunan embung atau bangunan sumber air lainya, Satu desa satu produk dan sarana olahraga desa, sehingga diperlukan percepatan ditingkat kabupaten dan desa, dengan melakukan prosedur Penyusunan RAPBDes Perubahan secepat mungkin. Sehingga menurutnya pada Tahun Anggaran 2018, kegiatan-kegiatan yang masuk dalam 4 program prioritas tersebut sudah dapat diaplikasikan.

“Pemerintah daerah juga didorong untuk melakukan review dan pengawalan bersama atas RKP Desa dan APB Desa agar sejalan dengan ADD dan sumber keuangan desa lainya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan membuat peraturan daerah atau yang setara yang dapat mendukung 4 program prioritas seperti peraturan gubernur atau peraturan daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Selamat, salah seorang Kepala Desa Gunung Raja Kecamatan Penukal Kabupaten PALI yang dijumpai seusai acara mengakui bahwa menurutnya pembangunan embung desa atau bangunan sumber air lainya yang masuk dalam kegiatan prioritas Kemendes PDTT sangat mendukung rencana warganya untuk mengikuti program pamsimas untuk tahun anggaran 2018.

Dimana ia mengakui sudah mengikuti kegiatan sosialisasi program pamsimas tingkat kabupaten PALI pada 10 Agustus lalu di Aula Kantor BAPPEDA PALI. Ia menuturkan bahwa setelah mengikuti sosialisasi di kabupaten, dilanjutkan dengan sosialisasi ditingkat desa tentang peminatan program Pamsimas, dan menurutnya beberapa program prioritas yang diharapkan oleh Kementrian Desa sepertinya sejalan dengan program Pamsimas dimana kegiatan pembangunan sumber air masuk dalam kelompok kegiatan  peningkatan kualitas dan akses terhadap pelayanan sosial dasar, diantaranya air bersih berskala desa, sanitasi lingkungan, jambanisasi, MCK,dan prasarana kesehatan lainya.

“Seperti yang sudah saya dengar dalam sesi materi, bahwa kegiatan air bersih berskala desa masuk sebagai bagian dari program prioritas, nampaknya program ini sangat sinkron, dan kami bersama masyarakat tidak perlu ragu untuk mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pembangunan sumber air, kami berharap dengan adanya prioritas kegiatan pembangunan embung, dapat dimasukan dalam RAPBDes untuk dimanfaatkan sebagai salah satu opsi sumber air baku untuk pembangunan sarana air minum melalui program Pamsimas yang sedang dalam rencana usulan, sehingga kita memiliki potensi beberapa sumber dana agar kegiatan dapat maksimal” tuturnya.

Kegiatan dari Kementerian Republik Indonesia yang difasilitasi oleh Dinas PMD Kabupaten PALI ini sendiri diikuti oleh Otoritas Pejabat Daerah dan Perangkat Pemerintahan mulai dari Kepala BPD, Kepala desa, Camat, LSM, TP-PKK dan organisasi lainya. Turut hadir dalam acara tersebut Sekertaris Daerah, Ketua DPRD PALI. Tenaga Ahli P3MD dan Distric Coordinator Pamsimas.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Sambutan-sambutan dan penyampaian materi sosialisasi oleh petugas dari Kementerian Desa PDTT RI. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan ramah tamah. (Suloyono-Distric Coordinator PALI;Deddy S-Asst.MIS/Web Admin)


Tidak disertai video terkait.