top banner
  I  

Jum'at - 25 Agustus 2017 13:32:36 WIB

Lokakarya Penyusunan RAD-AMPL Kabupaten Mamuju Tengah

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 50833 pembaca

Mamuju Tengah, 09 Agustus 2017 – Untuk mendukung percepatan pencapaian target MDGs dan amanat RPJPN tahun 2005 – 2025 dan RPJMN tahun 2015 – 2019 serta mengintegrasikan dengan RPJMD Kabupaten Mamuju Tengah diperlukan penyusunan Rencana Akses Daerah bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL). Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) mengadakan Lokakarya Penyusunan RAD-AMPL di Ruang Rapat Kantor BAPPEDA Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (08 Agustus 2017). Pokok dalam RAD-AMPL memuat permasalahan dan isu strategis, tujuan, sasaran, kebijakan, program dan kegiatan prioritas serta indikasi kebutuhan investasi dalam penyediaan layanan AMPL di Kabupaten Mamuju Tengah.

Lokakarya dibuka secara resmi oleh Asisten II Bupati Mamuju Tengah, dihadiri Kepala Bappeda Mamuju Tengah, Tim Penyusun RPJMD Bappeda Mamuju Tengah, Kepala Dinas dan Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU dan Tata Ruang Mamuju Tengah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mamuju Tengah, Kepala Dinas dan Kepala Pelayanan & Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Mamuju Tengah, Kepala Dinas dan Kepala Bidang Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman Mamuju Tengah, Kepala Dinas dan Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Mamuju Tengah, Kepala PDAM Mamuju Tengah, LSM Pemerhati bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan, Perguruan Tinggi setempat dan media massa setempat. Turut hadir dalam lokakarya tersebut Hasan Husain selaku Tenaga Ahli LG PAMSIMAS ROMS 15 Sulawesi Barat dan Idrus, ST selaku District Coordinator PAMSIMAS Mamuju Tengah sebagai tim kemitraan RAD-AMPL Mamuju Tengah.

Pokok Bahasan dalam lokakarya ini adalah membentuk susunan anggota Tim Teknis Penyusun dan Rencana Kerja Tindak Lanjut Penyusunan RAD-AMPL Kabupaten Mamuju Tengah. Adapun susunan anggota tim teknis yang terbentuk sebanyak 16 orang terdiri dari 2 perwakilan dari masing-masing OPD terkait. Untuk kelancaran seluruh rencana kerja dan membantu dalam RAD-AMPL 5 tahun kedepan, dibentuk pula mitra konsultasi antara lain tokoh masyarakat berpengaruh di Mamuju Tengah (H. Nawir, H. Ardin, H. Kidal, dan H. Haris), Perguruan Tinggi setempat dan Perusahaan Swasta (WKSM, ASTRA, TRINITY, PT. AMALIA, PT. GLOBAL LESTARI) serta BRI, BNI dan Bank SulselBar.

Pada akhir kegiatan, Idrus, ST selaku District Coordinator Pamsimas Mamuju Tengah menambahkan, untuk memperlancar kegiatan tersebut agar kiranya pertemuan rutin dilakukan setiap minggunya sesama anggota tim penyusun dan diadakan bergiliran di OPD terkait. Seluruh peserta menyetujui usulan tersebut dan segera menindaklanjuti. Kemudian ditetapkan bersama RKTL Penyusunan RAD-AMPL yang dimulai pada minggu kedua Agustus 2017 dengan agenda penyiapan data dan informasi bagi penyusunan RAD-AMPL. Akhir dari rangkaian RKTL adalah Ekspose RAD-AMPL yang direncanakan pada Akhir Bulan November 2017. (M. Arham Amullah - DEAO Mamuju Tengah; Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC)


Tidak disertai video terkait.