top banner
  I  

Percepatan Progress Desa 2017 & Evaluasi RKM Desa 2018 Sumatera Selatan

Berita Terbaru
Administrator |Selasa - 31 Oktober 2017 11:08:15 WIB | dibaca: 314 pembaca

Palembang, 31 Oktober 2017 - Salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Satker PSPAM Sumatera Selatan yaitu melakukan evaluasi kinerja Senior Fasilitator dan Fasilitator terkait dengan progress capaian baik desa dengan kegiatan Fisik (2017) maupun desa dengan kegiatan non fisik (2018), hal tersebut dilakukan dalam rangka pemantauan kegiatan-kegiatan di desa. Acara secara resmi dibuka oleh Ka.Satker PSPAM Sumatera Selatan yaitu Richard RW dalam sambutannya dihari pertama beliau mengingatkan secara umum kepada seluruh personil akan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengemban tugas di desa sebagai pejuang air minum untuk lebih di optimalkan lagi karena target kedepan sangat berat yaitu Universal Akses.

Kegiatan tersebut diadakan di Hotel Daira Palembang selama 4 hari yaitu dari 26-31 Oktober 2017 dimana setiap harinya diikuti oleh kabupaten yang berbeda mengingat tujuan utama adalah melakukan evaluasi kinerja terhadap FS dan FM yang berbasis capaian progress di desa. Hari pertama diikuti oleh 3 kabupaten yaitu Kab. Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Ilir. Hari kedua diikuti oleh 3 kabupaten yaitu Kab. Ogan Komering Ulu, Kab. OKU Selatan dan Kab. OKU Timur. Hari ketiga diikuti oleh 4 kabupaten yaitu Kab. Musirawas Utara, Kab. Musi Rawas, Kab. Lahat dan Kab. Empat Lawang. Hari ke empat diikuti oleh 3 kabupaten yaitu Kab. Penukal Abab Lematang Ilir, Kab. Muara Enim dan Kab. Ogan Komering Ilir.

Seluruh kabupaten melakukan presentasi progress desa tahun 2017 yang berada dalam tahap pembangunan fisik dan harus selesai diakhir Desember 2017, dilanjutkan dengan target RKM desa 2018 yang dalam pertengahan Nopember 2017 ini selesai serta dampingan terhadap desa pasca. Progress desa tahun 2017 yang saat ini dalam pembangunan fisik tentunya membutuhkan perhatian dan pemantauan secara rutin agar tidak terjadi permasalahan-permasalahan dibelakang hari.  Secara umum progress fisik di Provinsi Sumatera Selatan sudah mencapai 75% untuk desa Reguler APBN dan 60% untuk desa Reguler APBD dan seluruh team bersepakat dan optimis bahwa akhir Desember 2017 ini seluruh kegiatan fisik dan keuangan di desa masing-masing akan selesai.

Untuk kegiatan desa-desa tahun 2018 sebanyak  204 desa sudah selesai RKM dari target 280 desa baru di Sumatera selatan secara kalkulasi sudah sebanyak 76% RKM terselesaikan oleh masyarakat dengan dampingan FM dan FS. Itulah yang menyebabkan sedikit banyaknya progress fisik desa tahun 2017 agak lamban, dalam sesi ini juga dipaparkan beberapa RKM sebagai sample masing-masing tim untuk memantau tentang Desain, Ephanet, Peta Jaringan dan Peta Sosial Pendanaan, dan lain sebagainya. 

Untuk kegiatan desa-desa pasca terutama yang berkaitan dengan desa Kuning dan merah untuk dilakukan pendanaan melalui APBD dan APBDes serta pembukuan dan Iuran di desa-desa pasca yang saat ini juga dalam proses penyelesaian. Otomatis pekerjaan FM dan FS terbagi dalam tiga kriteria desa yang berbeda disatu sisi menyelesaikan kegiatan Fisik tahun 2017 di sisi lain mendampingi masyarakat dalam penyususnan RKM desa tahun 2018 plus pendampingan terhadap desa-desa pasca. Tentunya pekerjaan ini membutuhkan komitmen yang sangat tinggi mengingat beban kerja yang luar biasa ini.

Setiap sesi presentasi tIm Fasilitator dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari seluruh peserta, terutama tim ROMS Provinsi yang juga memberikan masukan-masukan dan strategi - strategi dalam percepatan dan penyelesaian masalah baik di tingkat desa secara teknis maupun kegiatan pemberdayaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa desa - desa dampingan FM mempunyai permasalahan-permasalahan yang terkadang tidak dapat diselesaikan sendiri namun perlu dukungan dari semua pihak terkait.

Sesi terakhir panitia penyelenggara Satker PSPAM memberikan lembaran kertas bermaterai yang harus ditandatangani yang berisi mengenai komitmen FS maupun FM dalam penyelesaian seluruh kegiatan di desa tahun 2017 (kegiatan fisik) maupun desa tahun 2018 dalam penyelesaian RKM tentunya sesuai dengan dampingan masing-masing. (Damanuri/DMS ROMS-5 Sumsel:Deddy S Asst.MIS/Web Admin CMAC)


Tidak disertai video terkait.