top banner
  I  

Katakan Ya Untuk PAMSIMAS!

Berita Terbaru
Administrator |Senin - 13 November 2017 15:27:24 WIB | dibaca: 184 pembaca

Kalimantan Selatan - Amuntai, 12 November 2017. Itulah pernyataan yang dilontarkan oleh Kepala desa Rantau Bujur Tengah dalam Acara Pertemuan Bupati dengan Pokja AMPL dan para kepala desa di Aula Mess Negara Dipa Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara. Kepala desa yang merupakan seorang perempuan ini begitu menggebu dan bersemangat menyampaikan komitmenya akan pentingnya air bersih untuk warga desanya. Pernyataannya disambut tepuk tangan yang riuh oleh seluruh undangan yang hadir, menunjukkan dukungan atas apa yang dilontarkan, katakan ya untuk air bersih.

Acara Pertemuan Bupati dengan Pokja AMPL dan para Kepala desa merupakan kegiatan yang digagas sendiri oleh Bupati Kabupaten Hulu Sungai Utara, Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, Msi, sebagai wujud dukungan beliau terhadap pencapaian universal akses air minum dan sanitasi pada tahun 2019 di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah H. Suyadi yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Pokja AMPL Kab. Hulu Sungai Utara. Selain itu ikut pula menghadiri kegiatan ini anggota Pokja AMPL lainnya yang terdiri dari Kadis Perkim-LH Ir. Rusnaidy, Kepala Bappelitbang H. FajeriRipani, S.Sos., Direktur PDAM Amuntai H. Masrani, ST serta perwakilan Kepala OPD lainya dari Dinas PMD Fahriati dan Dinas Kesehatan Febrianto Rahman, S.KM. Kegiatan ini semakin lengkap dengan turut hadirnya 10 orang Camat dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dalam arahan yang disampaikan oleh Bupati Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, Msi mengatakan pemenuhan kebutuhan air bersih dan sanitasi merupakan kebutuhan dasar yang mutlak harus dipenuhi dan menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah kabupaten, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan masyarakat. Pemerintah desa selaku unsur pemerintahan terdekat dengan masyarakat, harus memberikan dukungan penuh atas upaya penyediaan air bersih dan sanitasi kepada masyarakat diwilayahnya, khususnya untuk desa yang masih memiliki persentase akses air bersih dan sanitasi dibawah angka 50%. Disampaikan pula oleh Bupati, dukungan dapat diberikan dengan menghadirkan Program Pamsimas ke desa sebagai salah satu upaya untuk peningkatan jumlah pengguna air bersih dan akses sanitasi yang akan menjadi bagian dari upaya bersama dalam mencapai target Universal Akses pada tahun 2019.

Kegiatan yang dihadiri oleh 110 orang undangan dari unsur kepala desa dan stakeholder Program Pamsimas kabupaten ini dan pendamping desa ini, turut pula diberikan arahan oleh Ketua Pokja AMPL Kab. Hulu Sungai Utara, H. Suyadi. Dalam arahan beliau, Pamsimas telah hadir di Kabupaten Hulu Sungai Utara selama 10 tahun sejak tahun 2008, dan telah menjadikan sebanyak 132 desa sebagai sasaran program, dan tahun 2018 akan ditetapkan sebanyak 30 desa reguler baru sebagai desa sasaran program. Untuk itu, perlu dukungan semua camat dan kepala desa agar dapat mengidentifikasi kebutuhan air bersih dan sanitasi diwilayahnya dan turut melakukan verifikasi kesesuaian desa dengan kriteria yang ditentukan program, diharapkan oleh beliau dalam waktu segera kepala desa dapat menyampaikan usulan nama nama desa yang akan diikutkan dalam proses pemilihan desa tahun 2018 s/d tahun 2019.

Sebagai dukungan pendampingan kegiatan turut hadir dalam kegiatan Koordinator Pamsimas Kabupaten Hulu Sungai Utara, Muhammad Mudzakkir, ST, serta Tim Fasilitator Pendamping Pamsimas Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan diskusi dan tanya jawab, dan mendapatkan tanggapan positip dari peserta berupa pernyataan komitmen bersama untuk memberikan dukungan penuh terhadap Program Pamsimas dan upaya pencapaian target universal akses air bersih dan sanitasi pada tahun 2019 di Kabupaten Hulu Sungai Utara.  (M. Mudzakkir-DC Hulu Sungai Utara Kalsel;Deddy S- Asst.MIS/Web Admin CMAC)


Tidak disertai video terkait.