top banner
  I  

Secercah Harapan di Cot Dulang

Berita Terbaru
Administrator |Selasa - 14 November 2017 13:04:08 WIB | dibaca: 133 pembaca

Pasca kunjungan Ketua CPMU, Ir.Tanozisochi Lase,M.Sc  pada Kamis, 9 November 2017 lalu, banyak hal berkesan yang dapat diambil dari pertemuan singkat selama satu hari tersebut oleh masyarakat Desa Cot Dulang, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Masyarakat merasa kunjungan tersebut merupakan hal yang membanggakan dan meningkatkan komitmen masyarakat tersebut.

Kepala desa (geuchik) Cot Dulang, Haflizar tidak menyangka menerima kunjungan dari Ketua CPMU, beliau menyatakan hal seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, kebanggaan bagi masyarakat yang akan meningkatkan semangat mereka terutama dalam menyukseskan program ini. Haflizar juga mengatakan bahwa sangat mungkin Cot Dulang akan akses air minum dan sanitasi 100% pada akhir tahun ini.

Pada kesempatan lain ketua BPSPAMS Cot Dulang, Darmansyah mengungkapkan “bahwa nantinya sambungan rumah akan dianggarkan melalui dana desa, untuk penentuan tarif kami akan menghitung berdasarkan banyaknya pemakaian dan diupayakan mencapai cost recovery”. Hal ini diaminkan oleh Koordinator KKM, Nasrudin, pada hakikatnya semua komponen di desa ini berkomitmen untuk mencapai akses universal. Sementara itu, sanitarian Meri Husna mengatakan bahwa akses sanitasi Cot Dulang sudah 100%, saat ini hanya menunggu verifikasi saja. Selain itu, Meri menambahkan bahwa jumlah jamban di Cot Dulang mayoritas masih semi permanen, dan beberapa jamban sharing.

District Coordinator Kabupaten Aceh Jaya, Yuhendri bersama dengan Fasilitator Senior, M. Dinur Akbar menjelaskan setelah melihat pelaksanaan tahun pertama Pamsimas III di kabupaten ini, maka untuk Tahun 2018 Kabupaten Aceh Jaya menargetkan 20 desa sasaran, beliau menambahkan tim Pamsimas Aceh Jaya saat ini fokus untuk finalisasi tahun 2017 dan perencanaan tahun 2018.

Jon Fetriadi Yohanes, Local Government Specialist (LGS) ROMS-1 Aceh, menyampaikan bahwa dengan kedatangan Ketua CPMU adalah ajang evaluasi bagi seluruh kegiatan program di seluruh wilayah Provinsi Aceh. Sehingga Kedepan target Key Performance Indicator (KPI) bisa tercapai. Beliau menambahkan bahwa ROMS-1 Aceh akan berkomitmen untuk meningkatkan koordinasi dengan seluruh pelaku AMPL di wilayah Provinsi Aceh.

Pada akhir kesempatan tersebut, Cut Yusra, dari Satker PSPAM Provinsi Aceh menyampaikan akan segera mengagendakan tindak lanjut dari kunjungan  Ketua CPMU, pungkasnya. (Wiendra Perdana,Co-Provincial Coordinator Aceh;Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC)


Tidak disertai video terkait.