top banner
  I  

26 Desa dI Kabupaten PALI Deklarasi ODF

Berita Terbaru
Administrator |Senin - 04 Desember 2017 13:42:30 WIB | dibaca: 91 pembaca

Sumatera Selatan - Bertempat di Gedung Pesos Komperta Penukal Abab Lematang Ilir, Selasa 28 Nopember 2017 telah dilakukan penandatanganan Deklarasi ODF atau Stop Meseng Sembarangan (SMS) oleh 26 Desa dari 5 Kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sekaligus penandatanganan komitmen Otoritas Pejabat Daerah (OPD) di Kabupaten PALI untuk mendukung pencapaian Target Universal Acces Kabupaten PALI tahun 2019, diantaranya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Perumahan & Kawasan Permukiman, Dinas Kesehatan, Tim Penggerak PKK dan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir.

Prosesi Deklarasi ODF ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 53 di Kabupaten PALI, selain itu moment tersebut juga merupakan tindak lanjut dari Komitmen Stop Meseng Sembarang (Stop Buang Air Besar Sembarang) Kabupaten PALI yang dideklarasikan & ditandatangani 1 Agustus 2017 lalu. Dimana dari target 24 desa yang berkomitmen Stop BABS sampai dengan saat ini bertambah menjadi 26 desa yang sudah ODF (Open Defecation Free), dimana lima diantaranya adalah desa penerima Program Pamsimas.

Bupati Penukal Abab Lematang Ilir, Heri Amalindo dalam sambutannya menyampaikan keprihatinannya terkait permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten PALI, dengan masih tingginya penyakit yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang tidak sehat, diantaranya Diare, ISPA, penyakit kulit dan yang lainya.

“Puskesmas dan tenaga kesehatan didalamnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan keluarga” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI, Muzakir mengajak seluruh masyarakat Kabupaten PALI agar Hari Kesehatan Nasional dapat dijadikan sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana pelayanan kesehatan.

“Mari kita kobarkan semangat untuk menangkap aspirasi masyarakat, semangat memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir”

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, jajaran  Otoritas Perangkat Daerah/Satuan Kerja Perangkat Daerah kabupaten PALI, Jajaran Pemerintah Kecamatan, Jajaran Puskesmas, Perangkat Desa,TP PKK PALI, Ormas ormas, Tokoh Masyarakat , Distric Coordinator dan Korprov & Faskab STBM Pamsimas serta undangan lainya.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan penampilan senam dari Puskesmas Tanah Abang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Puncak acara diisi dengan Pembacaan Deklarasi ODF oleh 26 Perangkat Desa dilanjutkan penandatanganan sertifikat ODF oleh Bupati PALI diteruskan dengan pembacaan & penandatangan komitmen OPD untuk mendudukng Universal Acces. Acara kemudian dilanjutkan dengan Pengumuman & Penyerahan Hadiah Lomba HKN. Selanjutnya acara diisi ceramah keagamaan dan pemotongan tumpeng. Pada sesi akhir ditutup dengan acara ramah tamah. (Neni Triana/Faskab STBM PALI-suloyono/DC Pamsimas Kabupaten PALI; Deddy S-Asst.MIS/Web Admin CMAC)


Tidak disertai video terkait.