top banner
  I  

Jum'at - 30 Agustus 2013 03:32:59 WIB

Pelatihan Wirausaha Sanitasi untuk Jamban Sehat

Berita
Administrator | dibaca: 50695 pembaca

Pasca dilakukannya study sanitation marketing yang digawangi pengelola Program PAMSIMAS Kementerian Kesehatan, untuk menindaklanjuti hasil study tersebut saat ini mereka akan menyiapan para wirausahawan dibidang sanitasi, sebagai jawaban penyediaan jasa untuk membangun jamban sehat bagi masyarakat yang sudah terpicu untuk tidak berprilaku buang air besar sembarangan lagi dan beralih ke jamban sehat.

 
berita30082013Pemalang - Selama tiga hari sejak 26 sampai dengan 28 Agustus 2013, Pengelola Program PAMSIMAS Kementerian Kesehatan mengadakan rapat persiapan kegiatan TOT Wirausaha Sanitasi.
 
Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Kasubdit Penyehatan Air dan Sanitasi Dasar Direktorat Penyehatan Lingkungan, Kementerian Kesehatan, Eko Saputro ini dihadiri oleh Tim Bank Dunia, Pengelola PAMSIMAS Kementerian Kesehatan, TDS-PAMSIMAS, Sekber PAMSIMAS dan Bina Swadaya Konsultan sebagai Even Organizer (EO).
 
Dalam arahannya, Eko menyampaikan bahwa, kegiatan ini diharapkan dapat memfinalisasi modul pelatihan wirausaha sanitasi yang sementara dalam proses penyusunan oleh tim.
 
berita30082013-aEko juga berharap modul yang akan digunakan ini, akan dipatenkan sebagai modul yang akan menjadi referensi untuk kegiatan-kegiatan serupa selanjutnya.
 
Ketua Panitia pelaksana kegiatan yang juga sebagai CPIU PAMSIMAS Kementerian Kesehatan, Roberji, menegaskan bahwa, para peserta rapat persiapan ini akan mengoptimalkan waktu yang tersedia, sehingga target untuk kegiatan TOT wirausaha sanitasi dapat segera dilaksanakan di minggu pertama September.
 
Mengingat padatnya jadwal dan proses pelaksanaan kegiatan PAMSIMAS II juga sudah berjalan di daerah, imbuhnya.
 
berita30082013-bAcara finalisasi modul dikemas dalam bentuk diskusi kelompok. Masing-masing kelompok bertugas untuk mereview draft modul dan memberikan masukan untuk perbaikan. Selama tiga hari para peserta sangat serius untuk menyelesaikan tugas kelompoknya, bahkan kegiatan di kelas tidak pernah ditutup sebelum pukul sebelas malam.
 
Rapat persiapan kali ini tidak hanya untuk finalisasi modul pelatihan wirausaha sanitasi saja, namun kegiatan ini juga sebagai ajang koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, untuk menyiapkan kegiatan TOT wirausaha sanitasi, yang direncanakan akan dilaksanakan di Kab Pemalang.

Selain kesiapan lokasi praktek, dibahas juga tenaga pendukung yang akan dimobilisasi untuk mensukseskan acara ini, mengingat Kab Pemalang adalah salah satu lokasi percontohan untuk keberhasilan wirausaha sanitasi di Jawa Tengah. (Endang SR Sekber Program PAMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :