top banner
  I  

Kabupaten Blitar Menuju Akses Universal

Berita Terbaru
Administrator |Jum'at - 09 Februari 2018 11:18:09 WIB | dibaca: 153 pembaca

Blitar, Jatim - Akhirnya pembangunan Kegiatan Program Pamsimas TA.2017 ini selesai dan dapat difungsikan dengan sangat baik, tepatnya pagi ini (06/02/2018) di Desa Kedungwungu Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar telah diresmikan dan dihadiri oleh Bupati Blitar Drs. H.Riyadi,M.M, Kasatker PSPAMS Provinsi Jawa Timur Ir. Rachmad Budi Siswanto.M.T. dan PPK Pembinaan Teknik Prov Jawa Timur Ir. Teguh Budijono M.T., PC Jawa Timur Ir. Agustono Budi Utomo, Camat Binangun, Muspika dan Seluruh Kepala Desa dan KKM/Satlak Desa Sasaran Program Pamsimas III Kab. Blitar TA. 2017

Acara peresmian tersebut diawali dengan pembukaan sambungan Rumah disalah satu pemanfaat disekitar lokasi peresmian dilanjutkan dengan peninjauan bangunan reservoir yang sudah dibangun oleh KKM/Satlak “Sumber Nanas Lancar” diteruskan dengan penendatanganan prasasti 12 desa Sasaran Pamsimas III TA. 2017 Kabupaten Blitar. Setelah penandatanganan Prasasti Bupati disuguhi tarian Gambyong serta Jaranan warga Desa Kedungwungu, kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Dalam sambutannya, Bupati Blitar Drs.H. Riyadi,M.M.  memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap pencapaian air minum di Kabupaten Blitar, Beliau mengatakan pembangunan sarana dan prasarana air minum sangat membantu masyarakat dalam mencapai ketercukupan air minum khususnya di perdesaan, Kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat sendiri akan menghasilkan bangunan yang kuat dan terjaga keberlanjutannya.

“Pemerintah Kabupaten sangat mendukung dengan adanya Program Pamsimas di Kabupaten Blitar bahkan Beliau menyatakan akan mengawal dana APBD untuk 4 desa ditahun berikutnya,” ujar Bupati, Beliau juga memberikan apresiasi yang sangat besar bagi semua desa yang sudah menyelesaikan kegiatan Pamsimas III TA. 2017 dengan mengajak KKM/Satlak berfoto Bersama dan mengajak mereka nntuk berinteraksi khusus dengan meraka.

Program Pamsimas III TA. 2017 dapat menyumbang pemanfaat air minum sebesar 10.309 Jiwa atau 2853 Kepala keluarga sehingga capaian Air Minum untuk Kabupaten Blitar sekarang sudah mencapai kurang lebih 74%, dari Program Pamsimas dapat memberikan tambahan sebesar 0,687% pertanggal 06 Februari 2018 untuk Kabupaten Blitar. Keberhasilan Program Pamsimas III Kabupaten Blitar dalam melaksanakan kegiatan merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Blitar,mengingat Kabupaten Blitar adalah kabupaten baru dalam Program Pamsimas.

Adapun Kasatker PSPAMS Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan “KKM/Satlak agar tetap menjaga keberlanjutan dari hasil yang telah dibangun dan terus mengembangkan jangkauan sambungan rumah sampai target Akses Universal di desa Sasaran program tercapai dan masyarakat dapat menikmati air minum dengan memenuhi standart 4K yaitu Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan keberlanjutan”. Beliau juga memberikan apresiasi terhadap hasil pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat, dan dukungan Pemerintah daerah Kabupaten Blitar dapat menjadi contoh bagi kabupaten – kabupaten lainnya yang mengalami kesulitan dalam merealisasikan sharing dana APBD.

Peresmian Kegiatan Program Pamsimas III TA. 2017 Kabupaten Blitar ditutup dengan memilih salah satu SR untuk di uji fungsi kembali, sebagai rasa syukur air telah dapat mengalir dan dinikmati oleh masyarakat maka Beliau mewujudkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Desa yang telah membantu dan mendukung Program Pamsimas dengan memotong tumpeng yang diserahkan kepada salah satu perwakilan Kepala Desa yang mendapatkan kegiatan Program Pamsimas III di Kabupaten Blitar. Terakhir Beliau berpesan untuk tetap menjaga keberlanjutannya sehingga HIPPAM/BP-SPAMS bisa menjadi salah satu aset desa yang dapat memberikan Pendapatan desa dan mensejahterakan masyarakatnya. (Rodiah Astuti DC kab.Blitar/Elin Rohmaningsih PPK Kab.Blitar;Deddy S-WDA)


Tidak disertai video terkait.