top banner
  I  

Jum'at - 09 Februari 2018 14:53:31 WIB

Bupati Tanah Laut Apresiasi Peran PLN Dalam Penyediaan Air Bersih

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 618 pembaca

Tanah Laut, Kalsel - Kamis tanggal 8 Febrtuari 2018 bertempat di Desa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong, kegembiraan tampak dari raut wajah warga serta tepuk tangan meriah oleh masyarakat dan undangan ketika Bupati Tanah Laut  H. Bambang Alamsyah tanpa ragu mencuci muka secara langsung dari sarana air bersih yang baru saja diresmikan dan diserahterimakan melalui Program CSR PLN Peduli. Mengapa tidak, penuturan perwakilan warga Desa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong mereka sangat mendambakan sekali sarana air minum, apalagi ketika saat musim kemarau wilayah mereka sangat kesulitan air minum. Begitu juga halnya perwakilan Desa Pandan Sari Kecamatan Kintap juga merasa bersyukur adanya bantuan CSR PLN Peduli bisa menambah akses bagi warganya untuk pemenuhan kebutuhan air minum, karena dari sarana Pamsimas yang terbangun di tahun 2014 masih belum mampu memberikan pelayanan kepada seluruh warganya.

Bupati Tanah Laut H. Bambang Alamsyah dalam sambutannya memberikan apresiasi yang mendalam atas kepedulian PT PLN Persero Wilayah Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah atas kontribusinya dalam mendukung Penyediaan Air Bersih khususnya di lingkungan atau wilayah ring 1 operasional perusaaan, dan berharap kegiatan ini bisa diperluas bagi desa-desa lainnya.

Desa Pandan Sari kecamatan Kintap dengan jumlah penduduk  6305 jiwa , 994 kk mendapat Program CSR PLN Peduli berupa 1 unit sumur bor dalam dan 1 unit menara dan perpipaan sepanjang 900 m dengan  target pemanfaat 730 jiwa. Sedangkan Desa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong dengan jumlah penduduk 4805 jiwa, 1371 kk merupakan desa reguler yang diusulkan (ditetapkan) Pamsimas tahun 2018. Untuk Program CSR dari PLN Peduli mendapatkan 2 unit sumur bor dalam dan 2 unit menara dan perpipaan sepanjang      1.500 m dengan target pemanfaat 1.200 jiwa.

Lucas Chriswantara selaku manager SDM yang mewakili General Manager PT PLN Persero Wilayah Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah, menuturkan bahwa Program CSR PLN Peduli dalam Penyediaan Air Bersih di Desa Simpang Empat Sungai Baru Kecamatan Jorong dan di Desa Pandan Sari Kecamatan Kintap adalah sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab lingkungan dan sosial perusahaan, terutama di wilayah ring 1 perusahaan. Melalui kegiatan ini beliau mengharapkan adanya sinergisitas dan kerjasama yang baik bagaimana peran masyarakat sekitar lingkungan PLN bisa ikut serta menjadi bagian dalam menjaga aset-aset PLN. Total bantuan CSR PLN Peduli sekitar 1,1 milyar kepada dua desa tersebut.  Untuk mendukung pengelolaan yang baik terhadap sarana SAM terbangun, pihak PLN juga memberikan pelatihan bagi BPSPAMS pada tanggal 23 November 2017.

Penuturan Panca Bagus A selaku PC ROMS 13 Kalimantan Selatan, merasa bersyukur pihak PLN bisa merealisasikan bantuan CSR di bidang air bersih/minum dan tertantang untuk bisa melakukan upaya advokasi dan loby-loby lebih intensif untuk melakukan kolaborasi kepada pihak swasta lainnya. Dan berharap terobosan dari Program CSR PLN Peduli Wilayah Kalimantan Selatan & Kalimantan Tengah dalam pembangunan/penyediaan air bersih ini seperti yang diharapkan Bupati di atas bisa diperluas dan juga diadopsi oleh Program CSR Perusahaan swasta lainnya.  (ZULKIFLI (CD/CBS ROMS 13 Pamsimas Kalsel:Deddy s-WDA NMC)


Tidak disertai video terkait.