top banner
  I  

Selasa - 20 Februari 2018 10:10:40 WIB

PLT. Bupati Kutai Kartanegara Resmikan Sarana Air Minum Desa Saliki

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 306 pembaca

Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur Drs. Edi Damansyah, M.Si meresmikan Sarana Air Minum (SAM) Desa Saliki Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (13/02/2018). Sarana Air Minum (SAM) tersebut dibangun melalui Program Pamsimas III Tahun Anggaran 2017. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatangan prasasti .

Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah OPD terkait antara lain Kepala Bappeda Kutai Kartanegara, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Kutai Kartanegara, Kepala DLHK Kabupaten Kutai Kartanegara, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, District Project Management Unit (DPMU) Pamsimas Kutai Kartanegara, Satker PIP Kab. Kutai Kartanegara, Tim Pakem Pamsimas Kab. Kutai Kartanegara, District Coordinator (DC) Pamsimas Kab. Kutai Kartanegara, Tim Fasilitator, unsur PDAM Kab. Kutai Kartanegara dan unsur masyarakat Desa Saliki.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati memberi penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap pelaku Pamsimas Kabupaten Kutai Kartanegara mulai dari tingkat kabupaten sampai ke desa. Menurut Edi Damansyah “Program Pamsimas adalah kebijakan dari pemerintah pusat (kebijakan nasional) akan tetapi pengelolaannya diserahkan kepada kabupaten dan desa jadi berhasil atau tidaknya program tersebut menjadi tanggungjawab kita bersama”.

Perlu diketahui bahwa Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur terlibat dalam kegiatan Program Pamsimas baru pada Tahun 2016 melalui Program Pamsimas III yang pada tahun awalnya terdapat 14 desa yang menjadi sasaran dengan sumber pendanaan BLM APBN 11 desa dan BLM APBD 3 desa.

Terkait kegiatan pembangunan sarana air minum di Desa Saliki sumber pendanaannya merupakan kolaborasi dari penganggaran Pamsimas melalui BLM APBN, APBDes, Masyarakat dan pihak swasta dalam hal ini PT. VICO Indonesia dan PT. Tritunggal Sentra Buana. Besaran pendanaannya adalah sebesar Rp. 628.112.639 dengan rincian Pamsimas (BLM APBN) Rp245.000.000,00, Kontribusi Masyarakat Rp70.000.000,00, APBDes 2017 Rp203.862.639,00 CSR PT. VICO Indonesia Rp97.000.000,00 dan CSR PT. Tritunggal Sentra Buana Rp12.250.000,00.

Rencana jumlah jiwa yang akan menjadi pemanfaat sarana air minum berjumlah 1.461 jiwa yang terdiri dari 8 RT dengan sistem pembayaran berdasarkan jumlah pemakaian (kubikasi). Untuk pengelolaannya telah dibentuk Badan Pengelola SPAMS yang kedepannya akan bersinergi dengan BUMDes yang telah ada lebih dahulu.

Lebih lanjut Plt. Bupati berharap Pemerintah, masyarakat dan pihak swasta harus bersama-sama, bahu-membahu dalam membangun desa. “Setelah kegiatan ini diserah terimakan ke desa dan kepada pengelola maka harus dikelola untuk kepentingan masyarakat melalui lembaga yang telah ada di desa”. Dalam acara ini juga Edi Damansyah menyerahkan piagam penghargaan kepada 2 orang masyarakat Desa Saliki yang peduli terhadap kegiatan pembangunan di desa. (Debit Losong-DC Kutai Kartanegara:Deddy S-WDA NMC)


Tidak disertai video terkait.