top banner
  I  

Jum'at - 23 Februari 2018 10:09:52 WIB

Peningkatan Kapasitas dan Studi Banding Asosiasi KP-SPAMS Sibali Parri

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 392 pembaca

Polewali Mandar–Sulawesi Barat, 13 Februari 2018. Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar sangat mendukung dalam pencapaian target Universal Acces 100 – 0 – 100. Hal ini dibuktikan dengan berbagai langkah strategis, termasuk pengalokasian anggaran kepada Asosiasi KPSPAMS “Sibali Parri” Kabupaten Polewali Mandar, yang digunakan untuk pengembangan/peningkatan kapasitas para “pejuang” air.

Mendapat dukungan pendanaan dari Pemkab. Polewali Mandar, Asosiasi “Sibali Parri” yang diketuai oleh Hj. Irmawati segera melakukan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS). Kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran dan memberikan pembekalan bagi pengurus KP-SPAMSagar mampu mengelola sarana air minum dan sanitasi di desa dengan tepat dan benar.

Peningkatan Kapasitas Asosiasi KP-SPAMS Kabupaten Polewali Mandardilaksanakan di Hotel Sinar Mas, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, selama 3 hari, Rabu – Jum’at, 10 sampai 12 Januari 2018. Kegiatan ini dibuka secara formal oleh Wakil Bupati Polewali Mandar, H. M. Natsir Rahmat,M.M. Tim Pemateri pada kegiatan ini adalah : 1).ROMS.15 Provinsi, Abunawar, S.T. (Peningkatan Aspek Kelembagaan KP-Spams,  2).Kadis PMD Polman, Dra Hj Sakinah S.Sos M.Si (Peran dan Fungsi KP-SPAMS)3).Kepala Balitbangren,Drs Kallang M.M. (Konsep Keberlanjutan SPAMS), 3).Dinas Kesehatan, H.M Suaib Nawawi, S.K.M., M.Kes (Peran KP-SPAMS dalam Upaya pencapaian PHBS), 4).District Project Management Unit (DPMU), Ir.Dayang Tahir. M (Review Pelaksanaan dan Pemeliharaan SPAMS), 5).Fispra Balitbangren, Ady Mulya S.P., M.P. (Kemitraan), 6).Kabid Fispra Balitbangren, Ahmad Rauf S.Sos, M.T. (Peningkatan Layanan dan Pengembangan Sarana), 7).ROMSKabupaten (Iuran Operasional, Pengelolaan Keuangan, Pengukuran Kinerja dan Penyusunan RKTL).

Peserta berjumlah 105 orang, terdiri atasKetua dan bendahara KP-SPAMS serta Kepala Desa dari semua Desa Pamsimas Polewali Mandar (35 Desa). Kegiatan ini juga dihadiri oleh TimFM Kabupaten Polewali Mandar.

Tidak hanya pelatihan, Asosiasi juga melakukan studi banding ke Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) yang dianggap sebagai kabupaten yang berhasil dalam pengelolan KP-SPAMS. Studi banding ini berlangsung pada hari Selasa, 13 Februari 2018, diawali di ruang rapat pimpinan lantai III kantor Bupati Sidrap, dan dilanjutkan kelokasi studi  banding di Kelurahan Ponrangae Kecamatan Pitu Riawa, Sidrap.

Selain anggota Asosiasi, juga turut serta Tim Pemkab Polewali Mandar, yaitu Asisten Ekonomi dan Pembangunan, KadisPMD, Kepala Administrasi Pembangunan, Kabid.Pemberdayaan Desa dan Pemukiman Balitbangren, KasiAir Minum dan Sanitasi Dinas PUPR, Tim PAMSIMAS ROMS (Regional Oversight Mangement Service)-15 Propinsi Sulbar yang diwakili Tim Ahli WSS , Tim ROMS-15 Kabupaten Polewali Mandardan TFMPAMSIMAS Polewali Mandar.

Setelah dilakukannya 2 kegiatan ini, diharapkan Asosiasi KP-SPAMS Kabupaten Polewali Mandar bisa menjadi lebih baik, lebih berkembang, saling bersinergi, dan mampu melanjutkan semua hal baik yang sudah ada. Jumlah pemanfaat juga diharapkan bertambah, sehingga mencapai target Universal Acces 100 – 0 – 100 (100% akses air minum aman, 0% pemukiman kumuh, 100% akses sanitasi layak) di tahun 2019. “Membangun Bersama(Rahmad Fajar_DEAO Polewali Mandar;Deddy S-WDA NMC)


Tidak disertai video terkait.