top banner
  I  

Kamis - 01 Maret 2018 11:39:05 WIB

Peningkatan Administrasi Pembukuan Melalui Penggunaan Aplikasi Pembukuan BPSPAMS

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 477 pembaca

Pemalang, Jawa Tengah - Semakin bertambahnya jumlah Badan Pengelola SPAMS (BPSPAMS) di Kabupaten Pemalang yang terdiri dari 110 desa dan semakin bertambahnya pelanggan pemanfaat air minum. Sehingga dibutuhkan sebuah sarana untuk pelaporan keuangan BPSPAMS secara cepat, efektif, transparan dan akuntabilitas. Sarana ini juga dapat menjadi acuan karena memuat pelaporan keuangan, keadaan, progres pencapaian akses air minum dan jamban.

Dikarenakan ada beberapa BPSPAMS dalam hal pengelolaan uang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dan masih banyak BPSPAMS yang belum paham berapa target yang harus dicapai sesuai dengan Rencana Kerja Masyarakat (RKM).

Dengan adanya kemajuan teknologi yang sangat pesat dalam bidang informasi, memberikan kemudahan bagi manusia untuk menyebarkan maupun memperoleh informasi yang diinginkan. Salah satunya adalah aplikasi untuk pembukuan BPSPAMS.

Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan “Banyu Lestari“, Kabupaten Pemalang mempunyai gagasan untuk membuat sebuah aplikasi pembukuan BPSPAMS yang berbasis komputer. Aplikasi pembukuan BPSPAMS ini memberikan layanan yang sangat efisien dan baik dalam menyajikan informasi dan juga dapat memberikan transparansi dan akuntabilitas.

Aplikasi ini sangat berguna bagi pelaku Pamsimas karena: 1). Memberikan kemudahan bagi user/ BPSPAMS dalam pembuatan laporan keuangan BPSPAMS. 2). Aplikasi ini memberikan informasi bagi pemerintah daerah, dan dinas dalam melihat berapa prosen akses air minum, akses jamban dan target yang dicapai oleh desa tersebut. 3). Aplikasi ini memberikan informasi untuk tindaklanjut dari pemerintah daerah dan dinas terkait.4). Aplikasi ini berguna bagi lembaga pembiayaan dalam hal memberikan keputusan untuk memberikan dana pengembangan.

Aplikasi Pembukuan BPSPAMS sampai dengan sekarang sudah di sosialisasikan pada beberapa kabupaten. Dan sudah diadakan pelatihan pada FMA di beberapa kabupaten di Jawa Tengah, serta telah disosialisasikan di media sosial dan telah di share di youtube dengan alamat https://youtu.be/PJamY7eylV4.

Pembuatan aplikasi ini sesuai dengan Visi dan Misi Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan Banyu Lestari  yaitu “ Mewujudkan Pengelola SPAMS yang Profesional dan Mandiri yang mampu mendorong Keberlanjutan SPAMS  serta terciptanya upaya – upaya penyehatan lingkungan menuju 100% Akses Air Minum dan 100% Akses Jamban ”. (Andi Setiawan- Co DC Pemalang;Deddy S-WDA NMC)


Tidak disertai video terkait.