top banner
  I  

Senin - 16 April 2018 09:41:10 WIB

Sisi Lain Pamsimas di Tanah Simeulue

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 203 pembaca

Simeulue, NAD - Kabupaten Simeulue salah satu daerah penerima Pamsimas di Propinsi Aceh. Wilayah yang bisa dicapai dua belas jam perjalanan laut dari Meulaboh, ibu Kabupaten Aceh Barat.

Pamsimas yang hadir di tengah masyarakat Simeulue, ternyata tidak hanya berkutat dalam pembangunan sarana air minum dan perubahan perilaku. Pamsimas Kabupaten Simeulue ternyata berperan juga dalam promosi kesehatan, yaitu olahraga.

Sore itu, Jum’at 23 Maret 2018, bertempat di lapangan sepakbola Sinabang (ibu Kabupaten Simeulue-red) Bupati Erli Hasim, S.H., S.Ag., M.I. Kom membuka turnamen sepakbola yang melibatkan klub di wilayah Simeulue. Pada kesempatan itu bupati menyampaikan untuk menjaga nilai-nilai sportifitas dan kaidah olahraga.

Tim Persikota Pamsimas Kabupaten SImeulue tidak mau ketinggalan terlibat kejuaraan ini. Tim yang dikapteni DFMA, Firnanda Wira Kesuma ini diisi personil yang mayoritas berkait dengan Pamsimas. Satu kali kemenangan dan dua kali seri membawa tim ini maju ke babak perdelapan final.

Disela pertandingan, District Coordinator sekaligus manajer tim, Darmawan, S.E. menyampaikan, selain untuk kebersamaan, adanya skuad ini juga untuk menjadi sarana advokasi kita dengan pihak-pihak yang ada di Kabupaten Simeulue, muaranya tidak jauh dari hakikat universal access nantinya, jika lobi-lobi yang dilakukan lewat media olahraga ini bisa terwujud.

Darmawan menambahkan, dalam dua tahun kedepan target akses universal ini diharapkan bisa dicapai. Beliau menutup cerita sore itu bahwa dua tahun terakhir sudah 50 desa yang diintervensi Pamsimas.

Sering kita dengar, banyak jalan menuju Roma, dan beginilah salah satu cara di Simeulue untuk mewujudkan harapan masyarakat Simeulue yang berada tidak dekat dari ibu kota propinsi. (Wiendra-Co.PC Aceh & Nanda-FMA Simeulue;Deddy S-WDA NMC)


Tidak disertai video terkait.