top banner
  I  

Rabu - 25 Januari 2012 03:24:08 WIB

Sudah Ada Air Bersih Di Jorong Kami

Best Practice
Administrator | dibaca: 50792 pembaca
Sumringah dan senang terlihat di wajah masyarakat Jorong Batang Silasiah, saat dilakukan uji fungsi fasilitas yang dibangun melalui program PAMSIMAS pada 11 Januari 2011 kemarin. Pasalnya, kini air sudah mengalir di tengah-tengah kampung mereka.

suksesAgam - Uji fungsi fasilitas dari program PAMSIMAS yang dihadiri oleh Syamsu Anhar, Ketua DPMU Program PAMSIMAS Kab. Agam ini, terletak di Jorong Batang Silasiah, Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Rasa senang terpancar di wajah mereka karena air bersih untuk dikonsumsi sehari-hari ini tak lagi sulit di dapat. Dulu untuk mendapatkan air bersih yang layak konsumis, mayarakat harus harus mendaki bukit yang jauhnya beberapa kilometer dari pemukiman.

Masyarakat sangat bersyukur dengan adanya program PAMSIMAS. Kami sudah dapat menikmati air bersih, tutur Asril Sutan Basa, selaku koordinator LKM.

Sarana air bersih ini dimanfaatkan dan dipelihara oleh masyarakat dan badan pengelola yang ada di Jorong Batang Silasiah.

Air bersih ini, merupakan salah satu sarana untuk perubahan perilaku masyarakat, sehingga masyarakat sudah bisa buang air besar di jamban yang sehat, harap Ketua DPMU Program PAMSIMAS Kab. Agam Syamsu Anhar,ST.M.Si

sukses1Beberapa anggota masyarakat mengatakan bahwa dengan adanya program PAMSIMAS ini bukan hanya air bersih yang dinikmati masyarakat tapi program PAMSIMAS kembali dapat membangkitkan semangat gotong royong dan kekeluargaan pada masyarakat di Jorong Batang Silasiah.

Ndak sulah kapalo kami laimanjujuang aie, makasi banyaknyo (Tidak pitak (botak) kepala kami menjunjung air lagi, terimakasih banyak ya), tutur salah seorang masyarakat.

Wali Nagari Bukik Batabuah, Mhd Nasir Kh Bagindo, mengungkapkan masyarakat merasakan sekali bahwa program PAMSIMAS ini sangat berbeda dengan bantuan yang biasanya diberikan ke desa-desa oleh pemerintah.

PAMSIMAS ini benar-benar meminta partisipasi dari masyarakat dan PAMSIMAS juga memikirkan bagaimana keberlanjutan dari sarana yang sudah dibuat, ucapnya.

Sementara itu Wali Jorong Batang Silasiah, Yuswardi Kari Sati menambahkan, dengan adanya program PAMSIMAS ini, masyarakat Jorong Batang sudah banyak yang membuat jamban/WC dengan septic tank di rumah masing-masing. Selama ini, lanjutnya, warga buang air besar di sembarang tempat.

Karena selama ini yang menjadi masalah kami adalah tidak adanya air bersih. Maka dengan adanya air bersih dari program PAMSIMAS ini bisa merubah kebiasaan masyarakat untuk tidak lagi buang air besar sembarangan tempat, tutur Yuswardi
 
sukses2Masyarakat bersama BPSPAMS pun bertekad dan berjanji akan menjadikan Jorong Batang Silasiah ini sebagai jorong yang sudah stop buang air besar sembarangan (SBS).

Program PAMSIMAS TA 2011 di Jorong Batang Silasiah ini, berhasil membangun sarana dan prasarana berupa bangunan penangkap mata air (broncaptering)1 unit, bak pelepas tekan (BPT) 1 unit, reservoir 1 unit, jaringan pipa sepanjang 5427 meter, kran umum 5 unit, dan wastafel di sekolah 6 unit.
 
Karena dengan adanya program PAMSIMAS ini, kami sudah bisa menikmati air bersih di sekolah dan sudah bisa mencuci tangan dengan air mengalir di wastafel yang diberikan oleh program PAMSIMAS. Kami juga sudah bisa memakai jamban yang ada di sekolah, ungkap Rinaldi, Kepala Sekolah SDN 10 Batang Silasiah. (Sri Novie - DMAC- HH Kab. Agam; Rita)
 


Tidak disertai video terkait.