top banner
  I  

Selasa - 03 Juli 2018 11:58:35 WIB

CB Day Untuk Percepatan Pelaksanaan PAMSIMAS Kab.Tanjabtim

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 701 pembaca

Tanjabtim, JAMBI - Pamsimas Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengadakan kegiatan Capacity Building/On the Job Training (termasuk e-learning) atau dikenal dengan sebutan CB Day di Hotel Auliya Muara Sabak Jambi, Jumat (29/06/2018). CB Day diikuti oleh tenaga Fasilitator Masyarakat (FM) yang terdiri dari FM Pemberdayaan (CD) dan FM Teknik (WSS) dan dipandu oleh oleh Distric Coordinator (DC), District Financial Management Assisstant (DFMA), dan Fasilitator Senior (FS) Pamsimas ROMS 3 Kabupaten Tanjabtim.

Kegiatan Capacity Building/On the Job TrainingSehari sebelum pelaksanaan CB Day, DC Tanjabtim Yeni Roza bersama FS, FM, DFMA dan DEAO melakukan Rapat Koordinasi dengan Ka. Satker PIP dan PPK Pamsimas Kab. Tanjabtim terkait rencana pelaksanaan CB Day hari ini. "Kami sangat mendukung kegiatan CB Day ini dalam rangka peningkatan kapasitas Tim Pamsimas Kabupaten, untuk pendampingan yang lebih berkualitas lagi dalam setiap tahapan kegiatan Pamsimas,” ungkap Afriboy Chandra selaku Ka. Satker PIP Kabupaten Tanjabtim. Lebih lanjut Afriboy mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan upaya percepatan pelaksanaan kegiatan PAMSIMAS TA. 2018 dan seleksi desa untuk TA. 2019 di kabupaten Tanjabtim.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kabupaten Tanjabtim Khairil Fadhli berpesan agar Tim Pamsimas Kabupaten Tanjabtim agar segera melakukan peningkatan kapasitas bagi Kader AMPL dan KP-SPAMS Desa TA. 2017 dan Desa TA. 2018 agar kesinambungan program Pamsimas berjalan dengan baik.

Kegiatan CB Day di Tanjabtim akan rutin dilaksanakan setiap bulannyaKegiatan CB Day ini rutin dilaksanakan setiap bulannya dalam rangka meningkatkan kapasitas para FM Pamsimas Tanjabtim. Deddy Sanjaya selaku FS menyatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan CB Day difasilitasi oleh program Pemsimas dengan sumber pendanaan dari Manajemen ROMS setempat. Kegiatan ini sebagai upaya untuk membekali FM agar lebih paham lagi terkait konsep-konsep yang ada di Pamsimas. "CB Day yang dilaksanakan oleh Pamsimas ini merupakan upaya kita untuk selalu menambah kapasitas FM sehingga lebih paham terkait teori dan konsep Pamsimas untuk dilaksanakan di lapangan," ucap Deddy lebih lanjut.  “Diharapkan setiap FM bisa mengoptimalkan CB Day dengan antusias sehingga output yang diharapkan oleh CB Day bisa tercapai," imbuhnya.

CB Day membahas isi-isu penting Program PamsimasCB Day Pamsimas Tanjabtim bulan Juni membahas hal-hal yang terkait Evaluasi Pelaporan, Prosedur dan Pengadaan Barang dan Jasa Tingkat Masyarakat, Suplemen Pengadaan Barang dan Jasa di Tingkat Masyarakat, serta Administrasi dan Pelaporan Dana BLM (Bantuan Langsung Masyarakat).

Penjelasan manfaat CD Day bagi FMPara peserta yang merupakan FM sangat antusias dalam mengikuti kegiatan CB Day kali ini. Antusiasme tersebut ditunjukkan oleh para peserta saat melakukan diskusi selama berlangsung acara. Yudhi salah satu FM Pemberdayaan mengungkapkan bahwa CB Day ini sangat bermanfaat bagi FM supaya bisa diaplikasikan dalam melakukan pendampingan kepada masyarakat. "Dengan adanya CB Day ini kita selaku FM sangat terbekali dalam upaya pendampingan di masyarakat nantinya" tutur Yudhi. "Di sini kita bisa mengevaluasi apa yang sudah dilakukan dan mensinkronkan dengan apa yang diinginkan Pamsimas dalam pendampingan yang akan kita lakukan nantinya," imbuh Yudhi lebih lanjut.

Sudirman selaku DFMA menyampaikan agar FM kedepannya lebih baik lagi dalam pendampingan kepada KKM terkait penyusunan Administrasi dan Pelaporan Dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM).

Penyusunan rencana penguatan kapasitas KKM/SATLAK dan Pengadaan Barang dan Jasa Desa TA. 2018Sebagai tindak lanjut dari kegiatan CB Day akan dilakukannya penguatan kapasitas terhadap KKM/SATLAK dan Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Desa TA. 2018. Pertemuan tersebut direncanakan pada hari Selasa, tanggal 3 Juli 2018 di Aula Kantor Bappeda. Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pihak desa selaku pelaksana kegiatan Pamsimas sehingga pelaksanaan kegiatan Pamsimas di desanya dapat terlaksana dengan baik dan tepat waktu. (Yudhi Prasetio-FM CD Kab. Tanjabtim Jambi/Hartono Karyatin-Advocacy & Media Sp. NMC).


Tidak disertai video terkait.