top banner
  I  

Jum'at - 06 Juli 2018 10:21:31 WIB

Konsulat Jenderal Kedutaan Besar Australia dan Bank Dunia Kunjungi Desa Datahu

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 231 pembaca

Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, 3 Juli 2018- Dalam rangka menindaklanjuti Pelaksanaan Program Pamsimas di Kabupaten Gorontalo Utara, Konsulat Jenderal Kedutaan Besar Australia dan Bank Dunia melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Gorontalo Utara tepatnya di Desa Datahu Kecamatan Anggrek, untuk melihat langsung bantuan kerja sama antara Australia dan Indonesia.

Tim dari Konsulat Jenderal Kedutaan Besar Australia serta Bank Dunia dipimpin oleh Mr Richard Mathews ini, diterima langsung oleh Bupati Gorontalo Utara Dr. H. Indra Yasin, S.H., M.H. di ruang kerjanya. Dalam pertemuan antara Bupati serta didampingi oleh sejumlah Pejabat Pemkab Gorut dengan Richard Mathews, Bupati menyampaikan tentang Pelaksanaan Kegiatan Pamsimas di Kabupaten Gorontalo Utara yang sudah berjalan sejak tahun 2013.

Kegiatan Program Pamsimas sangat membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Gorontalo Utara dalam Penyediaan Air Minum dan Sanitasi, Bupati berharap agar bantuan Program Pamsimas ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Gorontalo Utara. Indra Yasin berpesan kepada masyarakat untuk mengembangkan dan memelihara keberlanjutan dari sarana yang telah terbangun.

Dalam Kesempatan ini juga Richard Mathews memberikan Cindera Mata berupa Bumerang kepada Bupati.  Setelah pertemuan tersebut Bupati Indra Yasin mempersilakan Richard Mathews dan Bank Dunia serta didampingi Pemkab Gorontalo Utara untuk meninjau langsung kegiatan pembangunan sarana air minum dan sanitasi di Desa Datahu. Perjalanan dari Kwandang ke Desa Datahu di tempuh dalam waktu 30 menit, setelah tiba di lokasi, Tim Konsulat Jenderal Australia dan Bank Dunia disambut oleh Pemdes dan masyarakat setempat.

Richard Mathews dan Rombongan mengadakan pertemuan dengan masyarakat Desa Datahu, Beliau menyampaikan bahwa Program Pamsimas ini sangat penting sekali sebagai contoh  kerja sama langsung antara Australia dan Indonesia. Mr Richard begitu dipanggil melontarkan pertanyaan kepada masyarakat “Bagaimana keadaan sebelum dan sesudah adanya Program Pamsimas di Desa Datahu?”. Dari Pertanyaan yang di lontarkan oleh Mr Richard dijawab oleh Tokoh masyarakat yang biasa disapa Opa Kiki Rasyi bahwa dulu masyarakat Desa Datahu mengambil air di kuala (sungai) yang jarak tempuh memakan waktu sekitar 1-2 jam juga kualitas air yang masih diragukan. Sekarang masyarakat Desa Datahu telah dapat mengambil air di halaman rumah dengan kualitas air yang bisa langsung diminum, selain itu masyarakat menyampaikan bahwa sebelum adanya Pamsimas, masyarakat buang air besar sebelumnya di sungai dan sekarang masyarakat sudah membuang kotoran mereka di jamban yang sehat.

Kepala Desa Datahu Harlis K Lajambu, S.Ip turut menyampaikan bahwa saat ini masyarakat Desa Datahu belum akses 100% air minum dan sanitasi. Untuk mencapai target 100 % akses baik air minum dan sanitasi, Harlis Bersama Pemdes akan menganggarkan melalui dana desa, selain itu juga bersama masyarakat akan membuat usaha air minum dalam kemasan dan galon dengan memanfaatkan air dari Program Pamsimas.

Setelah berbincang dengan masyarakat Desa Datahu Mr Richard dan Tim meninjau langsung kran umum yang ada di halaman rumah masyarakat. Mr Richard Mathews & Sri Probo (Bank Dunia) langsung meminum air yang dari kran tersebut. Mereka menyampaikan bahwa airnya jernih, tidak berbau dan tidak berasa dan juga bebas dari bahan pencemar sehingga bisa langsung di minum. Setelah selesai mengunjungi sarana Mr Richard dan Tim berpamitan untuk melanjutkan kunjungan ke Kabupaten Gorontalo. (Syukri PC & Irhasana  A. CB/CD Provinsi Gorontalo;Deddy S-WDA NMC)


Tidak disertai video terkait.