top banner
  I  

Kamis - 12 Juli 2018 14:16:50 WIB

Bupati Lampung Selatan Resmikan SPAMS Perdesaan Program Pamsimas TA 2017

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 237 pembaca

Lampung Selatan, LAMPUNG - Bupati Lampung Selatan, DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) Perdesaan hasil kegiatan Program Pamsimas III TA. 2017, bulan Mei lalu. Acara peresmian sarana air minum tersebut dipusatkan di Desa Karang Pucung Kecamatan Waysulan, dihadiri beberapa Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, para Kepala Bagian/ Badan/Dinas, Camat dan para pejabat kabupaten lainnya, termasuk beberapa kepala desa yang menerima Pamsimas reguler TA 2017. Hadir pula beberapa kepala desa dan pengurus KP-SPAMS desa pasca Pamsimas dari tahun 2014.

Sebagai bentuk dukungan nyata dari provinsi untuk pencapaian target akses universal air minum dan sanitasi di tahun 2019, hadir pula wakil dari Satker PS-PAM Provinsi Lampung, dan PC serta para TA ROMS Provinsi Lampung.

Untuk tahun anggaran 2017, jumlah desa sasaran Pamsimas di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 19 desa, terdiri dari 16 desa yang dibiayai APBN dan 3 desa dibiayai APBD. Secara keseluruhan di provinsi Lampung dengan 12 kabupaten sasaran Pamsimas, jumlah desa sasaran sebanyak 176 desa, dengan rincian sumber pembiayaan, 138 desa dibiayai APBN dan sisanya 38 desa dibiayai APBD

Sarana air minum perdesaan hasil kegiatan program Pamsimas tersebut diresmikan oleh Bupati, untuk selanjutnya diserahkan kepada masyarakat untuk dimanfaatkan penggunaanya. Pengelolaan sarana akan dilakukan oleh KP-SPAMS, lembaga yang dibentuk masyarakat secara demokratis, untuk mengelola, mengoperasikan dan melakukan pengembangan sarana lebih lanjut untuk meningkatkan akses air minum dan sanitasi bagi warga perdesaan.

Dalam kesempatan itu, Zainudin menyampaikan, “Pamsimas ini merupakan salah satu program yang bagus, untuk ketersediaan sumber air minum. Dan ini bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat desa.”

Lebih lanjut Bupati mengharapkan agar para Camat di Kabupaten Lampung Selatan untuk turun ke desa-desa yang mengalami kesulitan air untuk diusulkan dalam program Pamsimas sebagai solusi mengatasi kesulitan air.

Beliau menilai, Pamsimas adalah miniatur dari PDAM, dimana masyarakat nanti berlangganan. Dengan menjual air siap konsumsi dengan hitungan kubikasi penggunaan air, disesuaikan dengan biaya produksi termasuk biaya operasional, sehingga nanti jika ada keuntungan setelah diperhitungkan biaya produksi dan biaya perawatan, akan menjadi penghasilan masyarakat.

Saat bersalaman dengan PC ROMS 6, Bupati Lampung Selatan menyampaikan, “Berikan sebanyak-banyaknya peluang Pamsimas untuk kami, kami siap menjalankan program ini”. Demikian tuturnya, hal ini selaras dengan target percepatan Universal Akses 2019.

Selesai acara peresmian, tim dari provinsi menyempatkan untuk meninjau langsung sarana yang diresmikan, memeriksa kelengkapan administrasi KP-SPAMS dan sekaligus memberikan arahan-arahan kepada Pengurus KP-SPAMS. (Tim DC Lampung Selatan/Hartono Karyatin-Advocacy & Media Sp.NMC)

 

Tidak disertai video terkait.