top banner
  I  

Kamis - 18 Oktober 2012 03:19:10 WIB

Dulu Jauh Kini Begitu Dekat

Best Practice
Administrator | dibaca: 50776 pembaca
Sekarang sudah begitu mudah, dari hidran umum sudah ngocor ke ember.
 
Lebak- Udara pagi yang dingin, sisa dingin semalam, sepertinya masih enggan beranjak untuk berganti. Dinginnya yang menusuk tulang dan nyaringnya kokok ayam membangunkan sang empunya untuk memulai aktivitas pagi. Lepas menunaikan sholat subuh, lelaki yang akrab disapa Pak Yassin sibuk mempersiapkan diri, bergegas menuju bukit yang ada di belakang rumahnya.
 
sukses18102012Di bukit itulah, Pak Yassin beserta warga lainnya bekerja, bergotong royong membersihkan mata air. Mata air tersebut, adalah andalan warga Dusun Bantar Waru, Desa Muncang, Kecamatan Muncangkini Kabupaten Lebak, Banten dalam kebutuhan pemenuhan air bersih dan air minum.

Letak geografis Desa Muncang yang agak terjal, memang sedikit menyulitkan Kakek 6 cucu ini mencapai bukit yang dituju. Pak Yassin yang sudah menginjak usia senja, harus melewati beberapa pematang sawah dan jalanan yang menanjak, yang membutuhkan waktu sekitar satu jam hingga tiba di mata air itu.
 
Mentari pun perlahan menyembul dari peraduannya, mulai menghangatkan desa dengan sinarnya. Berbekal cangkul, Pak Yassin berkumpul dengan warga yang lebih dulu tiba di mata air tersebut, untuk bahu membahu membersihkan mata air itu. Semua warga bergerak tanpa pamrih. Ada yang membabat ilalang yang menghalangi jalur air, mengangkut pipa dan ada yang mencangkul.
 
Bagi warga Dusun Bantar Waru, Desa Muncang dengan adanya Program PAMSIMAS yang memfasilitasi kebutuhan mereka, meringankan beban mereka. Selama ini, tidak hanya Pak Yassin saja yang merasa kesulitan mendapatkan air bersih.
 
sukses18102012-aSemua warga Dusun Bantar Waru Desa Muncang dulu sulit menjangkau, karena jarak yang begitu jauh ditambah medan jalanan yang terjal dan licin bila hujan membasahi bumi.
 
Dengan adanya Program PAMSIMAS yang memfasilitasi pembangunan mata air terasa betul manfaatnya. Sistem gravitasi yang dibangun secara bersama-sama, menjadikan mata air yang jaraknya jauh kini terasa dekat. Dari program PAMSIMAS ini, dibangun 1 unit Broncaptering, 1 Bak penampung dan 6 unit HU, sehingga kebutuhan akan air bersih terpenuhi.
 
Sekarang abdi teh, gak perlu jalan kaki jauh untuk ambil air minum, cukup ambil di hidran umum, sudah ngocor ka ember, tutur Pak Yassin dengan logat sundanya yang kental sambil terus tersenyum.
 
Berkat Program PAMSIMAS tidak hanya Pak Yassin dan keluarganya yang mendapat kemudahan. Seluruh warga Dusun Bantar Waru Desa Muncang, tidak perlu menelusuri jalanan terjal lagi menuju mata air.(DMAC Lebak;Rita)
 

Tidak disertai video terkait.