top banner
  I  

Jum'at - 24 Agustus 2018 11:06:32 WIB

Kab. Pesawaran Lakukan Replikasi PAMSIMAS di 5 Desa

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 534 pembaca

replikasi_kab_pesawaran1Pesawaran, Lampung - Pemerintah Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung berkomitmen melaksanakan RPJMN 2015-2019 bidang air minum dan sanitasi yang dikenal dengan istilah Universal Access, yaitu meningkatkan akses air minum dan sanitasi secara berkesinambungan dan ditargetkan tercapai 100% akses pada tahun 2019.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Munzir Zen, SH mengatakan, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) telah menjadi salah satu program andalan nasional untuk meningkatkan akses penduduk perdesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat. Hal tersebut disampaikan Bupati saat membuka acara sosialisasi tingkat kabupaten Pamsimas III untuk tahun anggaran 2019 di Gedung Serba Guna Pemkab. Pesawaran, Selasa (07/08). Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi kabupaten tersebut, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Pesawaran, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pesawaran, PC dan TA LGS ROMS 6 Pamsimas Lampung.

“Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada semua peserta sosialisasi yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan program PAMSIMAS,” ungkap Munzir Zen.

replikasi_kab_pesawaran2Lebih lanjut Munzir menyampaikan, Pemerintah telah menetapkan peningkatan kinerja pembangunan air minum dan sanitasi sebagai salah satu prioritas nasional dan telah diterbitkan sejumlah kebijakan guna mendukung percepatan kinerja pembangunan air minum dan sanitasi, salah satunya melalui program Pamsimas. Pemerintah Kabupaten Pesawaran menjadikan program Pamsimas sebagai program unggulan untuk mempercepat peningkatan akses air minum dan sanitasi terutama untuk wilayah perdesaan.

Asisten II juga mengungkapkan, pada tahun anggaran 2018 Kabupaten Pesawaran mendapatkan alokasi pendanaan untuk program Pamsimas di 42 desa sasaran, terbagi menjadi 29 desa dengan sumber pendanaan dari APBN melalui DIPA Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan sisanya 13 desa dengan pendanaan APBD melalui DPA Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Pesawaran. Dari 13 desa yang didanai APBD terdiri dari 8 desa dana sharing Pamsimas dan 5 desa replikasi (non-sharing).

replikasi_kab_pesawarn3“Program Pamsimas ini adalah program pemberdayaan masyarakat, yang sangat menekankan aspek keberlanjutan sarana, sehingga sejauh mana kita akan dapat mencapai tujuan yang kita harapkan semua tergantung dari pelaksanaan di masyarakat. Masyarakat yang merencanakan, masyarakat yang membangun dan masyarakat juga yang mengelola serta menggunakan sarana air minum ini,” ujar Munzir.

Dengan demikian tambahnya, jika partisipasi masyarakat dan keberlanjutan program Pamsimas tahun ini dinilai baik, maka akan meningkatkan kemungkinan alokasi pendanaan Pamsimas melalui APBN. Pemerintah Kabupaten Pesawaran akan terus mengupayakan untuk peningkatan belanja APBD untuk bidang air minum dan sanitasi. Untuk pendanaan yang bersumber dari APBD, Kab. Pesawaran adalah satu-satunya kabupaten yang mempunyai desa reflikasi tahun 2018.

Secara terpisah dalam pertemuan antara Asisten II dengan Ketua dan Wakil ketua DPRD Kab. Pesawaran, yang juga dihadiri Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, PC dan TA LGS ROMS 6 Pamsimas Lampung, Asisten II meminta dukungan Ketua DPRD Pesawaran M. Nasir, SI Kom untuk peningkatan belanja APBD untuk bidang air minum dan sanitasi. Disampaikan kepada Ketua DPRD, program Pamsimas dengan sharing pendanaan, yaitu 80% APBN dan 20% APBD.

replikasi_kab_pesawaran4“Silakan Kepala Dinas Perkim mengusulkan anggarannya untuk tahun 2019, karena semakin banyak kita menganggarkan untuk BLM APBD, maka kita akan mendapatkan BLM APBN lebih banyak lagi, dan saya menyetujui hal tersebut dan akan saya kawal pembahasan di DPRD,” janji M. Nasir menyampaikan komitmen dukungannya.   

Sosialisasi program Pamsimas III Kab. Pesawaran dihadiri oleh 50 Kepala Desa dari calon desa sasaran. Desa yang yang menyatakan minat mengikuti program Pamsimas akan segera menindaklanjuti dengan melakukan sosialisasi di tingkat desa. (Tajudin Noor-DC Pesawaran/ Asminto Burniat-TA LGS Lampung/Hartono Karyatin-Advocacy & Media Sp. Pamsimas)


Tidak disertai video terkait.