top banner
  I  

Kamis - 13 September 2018 11:33:22 WIB

Bank BNI dan Surveyor Indonesia Salurkan CSR ke Desa Pamsimas di Aceh Besar

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 173 pembaca

bni_surveyor_aceh_besar1Aceh Besar, Aceh – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyalurkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) kepada masyarakat Desa Lambaro Sukon Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh. Dana tersebut secara simbolis diserahkan oleh Direktur PT Surveyor Indonesia (Persero) Dian M. Noer didampingi Direktur Utama PT BNI Tbk (Persero) Achmad Baiquni kepada Muhammad Yusuf, Bendahara KKM Desa Lambaro Sukon, setelah upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di halaman kantor Bank BNI Cabang Banda Aceh, Jumat (17/08/2018).

Pada kesempatan tersebut, Abdul Hamid, Pemimpin Bidang Pemasaran dan Bisnis Bank BNI Cabang Banda Aceh mengatakan, dana CSR yang diberikan kepada Desa Lambaro Sukon merupakan kolaborasi dua perusahaan BUMN (Persero) yaitu Bank BNI dan PT Surveyor Indonesia, sebagai pelaksanaan gerakan nasional CSR BUMN. Dana CSR yang diberikan ke Desa Lambaro Sukon sebesar Rp 98 juta.

bni_surveyor_aceh_besar2Desa Lambaro Sukon dipilih sebagai lokasi penerima CRS mengingat desa tersebut membutuhkan sarana air bersih. “Pamsimas belum dapat melayani semua dusun yang ada di Desa Lambaro Sukon, maka dana CRS ini diperuntukan untuk penyediaan sarana air minum dan sanitasi untuk dusun lain yang belum terlayani program Pamsimas,” tambah Abdul Hamid memberikan alasan.

Saiful, tenaga fasilitator Pamsimas pendamping masyarakat mengatakan, Desa Lambaro Sukon merupakan desa sasaran program Pamsimas tahun 2018. Pembiayaan sarana air minum melalui program Pamsimas bersumber dari APBN sebesar Rp 245 juta, ditambah kontribusi masyarakat dari gotong royong (in-kind) sebesar Rp 56 juta, ditambah dana tunai (in-cash) masyarakat sebesar Rp 14 juta, serta sharing dana desa yang berasal dari APBDes sebesar Rp 35 juta.

“Dana yang terkumpul semua menjadi Rp 350 juta belum cukup untuk melayani seluruh desa, sehingga mencari sumber dana lain untuk mencapai 100% pelayanan air minum,” ucap Saiful yang ditemani Raudhatul Jannah dan Safriadi yang juga anggota fasilitator pendamping Desa Lambaro Sukon.

bni_surveyor_aceh_besar3Setelah penyerahan secara simbolis dana CSR, sore harinya dilakukan peletakan batu pertama pembangunan MCK dan tandon air bersih di Desa Lambaro Sukon. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN Republik Indonesia, Hambra.

Lebih lanjut Hambra mengatakan, pemberian dana CSR merupakan pelaksanaan dari tanggung jawab sosial dan lingkungan oleh Perusahaan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan air bersih yang lebih baik. “Dengan CRS ini kita minta kepada masyarakat yang menerima bantuan ini dapat mempergunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga masyarakat terlayani kebutuhan air bersih dan sanitasi,” ucap Hamdra di depan Kepala Desa Lambaro Sukon.

Effendi, ST, District Coordinator Pamsimas Kabupaten Aceh Besar menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih atas kepedulian BUMN terhadap kondisi pelayanan air minum di Aceh Besar. “Alhamdulillah, BUMN hadir untuk negeri dan membantu penyediaan sarana air bersih di Aceh Besar,” ucap Effendi yang didampingi oleh Bahagia Ishak, Co DC Pamsimas Aceh Besar dan Riza Pahlevi AM, ST Fasilitator Senior.

bni_surveyor_aceh_besar4Pada kesempatan tersebut Petrizal, Koordinator Provinsi (PC) Pamsimas Prov. Aceh yang ditemani Wiendra Perdana Co PC Pamsimas Prov. Aceh mengucapkan terima kasih kepada BUMN yang telah membantu masyarakat di Provinsi Aceh.

"CSR Bank BNI dan Surveyor Indonesia ini agar menjadi contoh kolaborasi di kabupaten lain di Provinsi Aceh, sebagai salah satu solusi percepatan akses universal air minum dan sanitasi. Kita semua harus jeli dan kreatif dalam menggali sumber-sumber pembiayaan sarana air minum selain dari program Pamsimas," ucap Wiendra Perdana. (Bahagia Ishak-Co DC Aceh Besar/Hartono Karyatin-Advocacy & Media Sp. Pamsimas)


Tidak disertai video terkait.