top banner
  I  

Rabu - 03 Oktober 2018 11:27:55 WIB

Masyarakat Rokot Kab. Kep. Mentawai sudah akses air minum 100%

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 277 pembaca

masyarakat_rokot1Kep. Mentawai, Sumatera Barat - Rokot adalah nama salah satu dusun yang ada di Desa Matobe di Pulau Sipora Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Berkat program HAMP (Hibah Air Minum Perdesaan)  Tahun Anggran 2018, tiap rumah warga dusun telah dipasang sambungan rumah (SR) dilengkapi dengan meteran air dengan menggunakan sumber air yang dibangun melalui program Pamsimas tahun 2015.  Air Pamsimas tersebut telah menjangkau seluruh rumah warga dusun yang berjumlah 106 unit rumah atau dihuni 113 Kepala Keluarga (KK).

Program Hibah Air Minum merupakan program hibah Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang berbasis kinerja dan telah dilaksanakan sejak tahun 2009 dan menghasilkan lebih dari 500.000 Sambungan Rumah Baru bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Kini kami tidak susah lagi mendapatkan air bersih karena tiap rumah dihubungkan sambungan rumah (SR) yang dilengkapi meteran air," kata Asmarina (27), seorang ibu Rumah Tangga kepada DC Kep. Mentawai Didit Rinaldi, ST saat menyambangi rumahnya belum lama ini.  Selain untuk keperluan air minum, air tersebut dimanfaatkan Asmarina  dan keluarga untuk mandi, mencuci pakaian, dan membersihkan peralatan rumah tangga.  Sebelum sarana air bersih tersebut dibangun, kata Asmarina, warga masih mengandalkan air minum dari tampungan air hujan, dan sebagian lagi mengambil air sungai yang kondisi tidak hygiene. 

masyarakat_rokot2Sebagaimana dituturkan Saiful (42), Bendahara KP-SPAMS Rokot, menurutnya saluran air minum yang dibangun melalui program  Pamsimas telah menjangkau rumahnya.   "Tinggal pasang selang beberapa meter, air langsung masuk ke rumah, jika ada bak maka air ditampung di bak," ujarnya.  

Sementara itu Ketua KP-SPAMS Eltinus menuturkan, kesadaran masyarakat cukup tinggi untuk menjaga dan memelihara sarana air bersih yang telah dibangun bersama melalui program Pamsimas, dan warga menunjukkan komitmen yang tinggi terhadap kesepakatan bersama untuk membayar iuran. 

masyarakat_rokot3Ada sedikit kendala terkait debit air yang dihasilkan.  Sebagaimana dituturkan oleh Eltinus, Ketua KP-SPAMS, sumber air yang berasal dari bukit tidak terlalu besar, meski mencukupi untuk seluruh warga dusun. Hal tersebut terungkap saat Eltinus dengan ditemani Co DC Yoserizal dan Tim Fasilitator Masyarakat Eka Moriza, SE, Fikhi Endehas, Fery Ramona melakukan pertemuan dan diskusi dengan Pengurus KP-SPAMS di kantor Sekretariat di Dusun Rokot.   

Kepala Dusun Rokot yang hadir pada pertemuan tersebut mengatakan, berkat bantuan HAMP pada tahun 2018 semua rumah di Dusun Rokot telah dipasang sambungan rumah (SR) dilengkapi meteran air  hingga di depan rumah atau samping rumah.  Kepala Dusun akan mendiskusikan dengan  Kepala Desa bersama  BPD Desa Matobe untuk mendorong supaya semua aturan KP-SPAMS yang telah disepakati dengan masyarakat dapat dituangkan dalam bentuk Peraturan Desa atau Perdes.  (Yoserizal, SE-Co DC Kep.Mentawai/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp NMC)


Tidak disertai video terkait.