top banner
  I  

Kamis - 01 November 2018 11:05:06 WIB

Kabupaten Berau Akan Gandeng Berau Coal dan Baznas Dalam Pelaksanaan PAMSIMAS

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 1143 pembaca

kab_berau_akan1Berau, Kaltim - Provinsi Kalimatan Timur pada tahun anggaran 2018 telah menambah 3 kabupaten sebagai lokasi baru program Pamsimas. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Berau, Penajam Paser Utara dan Mahakam Ulu, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 325/KPTS/M/2018 tanggal 3 Mei 2018. Dengan demikian jumlah kabupaten sasaran Pamsimas di Kalimantan Timur secara keseluruhan sebanyak 7 Kabupaten.

Kabupaten Berau sebagai salah satu kabupaten baru yang akan melaksanakan program Pamsimas mulai tahun anggaran 2018, telah melaksanakan sosialisasi di tingkat kabupaten (Soskab) pada tanggal 30 Oktober 2018. Soskab dihadiri oleh anggota Pakem (Panitia Kemitraan) yang antara lain berasal dari unsur Bappeda, Dinas PU, Dinas Kesehatan, dan Dinas PMD, serta 20 perwakilan kampung (kampung sebutan desa di Berau) lokasi sasaran desa Pamsimas.

kab_berau_akan2Kegiatan sosialisasi kabupaten dibuka secara resmi oleh Ir Agus Wahyudi, MM, selaku Pelaksana Harian (PLH) Bappelitda Kabupaten Berau mewakili Sekretaris Daerah.  Sekretaris Daerah Kabupaten Berau dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh PLH Bappelitda, Ir Agus Wahyudi, MM yang juga menjabat sebagai Sektretaris Bappelitda menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Berau menyambut dengan antusias kehadiran program Pamsimas III di Kabupaten Berau.

Lebih lanjut Sekda menambahkan, Program Pamsimas sejalan dengan RPJMD Kabupaten Berau yang saat ini sudah memasuki tahun ketiga dan sangat mengharapkan akan terjadinya sinergi dengan program daerah dalam pencapaian target pembangunan khususnya program penyediaan air minum dan sanitasi di Kabupaten Berau.

kab_berau_akan3Lebih lanjut ia menamahkan, program Pamsimas baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Berau. Di Kabupaten Berau selama ini sudah ada beberapa program penyediaan air minum dan sanitasi perdesaan, baik yang sudah maupun yang sedang dilaksanakan oleh Pemda Kabupaten Berau. Kegiatan bidang air minum tersebut ada yang didanai melalui APBD dan ada pula yang didanai dengan sumber pembiayaan dari pihak ketiga, seperti dari PT Berau Coal dan Baznas.

Untuk pelaksanaan program Pamsimas III TA. 2018, Pemda Kabupaten Berau rencananya akan menggandeng dan melakukan kolaborasi dengan PT Berau Coal dan Baznas untuk mendukung target percepatan pemenuhan penyediaan air minum dan sanitasi perdesaan di Kabupaten Berau. Semoga niat baik Pemerintah Daerah Berau tersebut mendapat respon positip dari perusahaan tambang batubara yang beroperasi di kabupaten tersebut.  (M Amin-PC Kaltim/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp.)


Tidak disertai video terkait.