top banner
  I  

Rabu - 06 Februari 2019 10:30:56 WIB

Membentuk Tim Pendamping Masyarakat Yang Solid

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 593 pembaca

membentuk-tim-solid1Bandung, Jawa Barat - Bekerja adalah melakukan kegiatan atau pekerjaan secara berturut-turut selama kurun waktu tertentu. Bekerja juga diartikan sebagai ekspresi yang mengaktifkan potensi kreatif pada diri setiap orang. Namun, karena berlangsung secara rutin, personil yang melakukan bisa saja mulai kehilangan energi untuk berkreasi. Kondisi seperti itu dapat terjadi pada siapapun, tidak terkecuali kepada personil ROMS dan Tim Fasilitator Masyarakat Pamsimas Jawa Barat.

Menghadapi kondisi seperti itu, perlu dilakukan rehat sejenak dengan melakukan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari di tempat kerja. Aktifitas outbond dapat menjadi salah satu alternatif solusi bagi personil untuk mendapatkan kesempatan penyegaran sekaligus pencerahan yang bersifat membangun, menginspirasi dan membentuk tim yang solid dan kuat.

membentuk-tim-solid2Untuk itu, memasuki kegiatan tahun 2019, Tim Pamsimas ROMS Jawa Barat mengusulkan kegiatan outbond yang disisipkan pada penyelenggeraan acara Rapat Koordinasi (Rakor) FM Program Pamsimas Jawa Barat.  Usulan tersebut disetujui Kepala Satker PSPAM Jawa Barat, Edy Rahmat, STMT dan Manajemen FAS 12 PT Multidecon. Untuk itu pada tanggal 29 s/d 31 Januari 2019 digelar Rakor FM dan sekaligus kegiatan outbond di hotel Putri Gunung Lembang Kabupaten Bandung Barat, diikuti 252 orang peserta.

Acara Rakor FM tahun ini dirasakan lebih menarik dari biasanya, banyak hal baru yang terjadi yakni hadirnya narasumber dari pusat dan penggiat PPDI (Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia). Dari pusat turut hadir dan memberikan ‘pencerahan’ Kasubdit SPAM Perkotaan Direktorat PSPAM DJCK Kementerian PUPR, Ir Darmawel Umar, MSc dan Wakil Ketua CPMU Pamsimas Ir Essy Asiah, MT, dan Kepala Satker PAMBM Abdul Hakam, ST, MT. Narasumber lainnya berasal dari Jawa Barat, antara lain Norman Yulian, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Provinsi Jawa Barat dan Adi Rachmat dari PPMU Pamsimas Jawa Barat.

membentuk-tim-solid3Kegiatan outbond dilaksanakan pada hari terakhir pelaksanaan Rakor. Peserta diajak bermain games yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama, komunikasi dan membentuk tim yang solid, agar siap menghadapi tantangan di tahun 2019. Beragam permainan dan aktivitas di alam bebas dilakukan, diharapkan dapat memperkaya pandangan peserta tentang pekerjaan sehari-hari yang dilakukan. Pengayaan sudut pandang ini dengan sendirinya juga bisa membuat kapasitas berpikir dan kapasitas sosial emosional peserta menjadi lebih berkembang. Mereka dapat menemukan ide-ide dan merasakan suasana yang positif yang membuat jiwa mereka menjadi tumbuh, dan mental mereka menjadi terlatih dengan adanya berbagai tantangan yang diberikan.

membentuk-tim-solid5Teriakan yel yel, kata-kata motivasi dan penyemangat juga disampaikan oleh instruktur outbond Akang Teten, yang juga merupakan TA CD/CB dibantu oleh seluruh TA ROMS Pamsimas Provinsi Jawa Barat. Peserta mengakui kegiatan ini cukup menarik dan menyegarkan, apalagi ini baru pertama kali dilaksanakan dalam pelatihan fasilitator di Jawa Barat, jenuh dan bosan jadi hilang. Acara outbond diakhiri dengan ‘perang’ balon air, peserta saling balas membalas melemparkan balon air yang telah disiapkan panitia, suasana menjadi seru, ramai, riuh dan bikin ketawa mengembang.

“Kegiatan Rakor FM kali ini sungguh berbeda, kita kemarin kayak dibagi rapot, dievaluasi, diomelin juga, …….pokoknya serius deh. Tapi bersyukur akhirnya bisa seru-seruan, ketawa-ketawa, main games, diajarin kerjasama dan kekompakan sehingga jadi lebih akrab dengan temen-temen FM lainnya”, ucap Tina Sulaeha, fasilitator pemberdayaan Kabupaten Bandung salah seorang peserta Rakor FM Program Pamsimas Provinisi Jawa Barat. (Ahmad Rustendi-TA CD CB Jabar/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp Pamnsimas)


Tidak disertai video terkait.