top banner
  I  

Senin - 04 Maret 2019 09:01:42 WIB

Wakil Bupati Lima Puluh Kota resmikan sarana Pamsimas Jorong Pematang Aur

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 201 pembaca

wabup-limkot-resmikan1.pngLima Puluh Kota, Sumbar – Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Ferial Ridwan, resmikan sarana Pamsimas Jorong Pematang Aur, Nagari Sungai Naniang, Kecamatan Bukit Barisan, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, Rabu (14/02). Acara yang berlangsung di tengah guyuran hujan dengan kondisi jalan licin ditambah jalanan yang terjal, mendaki dan sempit, tidak menghalangi tamu undangan untuk hadir di Jorong Pematang Aur.

Diawali dengan lantunan bacaan ayat suci Al Qur’an, lagu Indonesia Raya dan doa demi kelancaran acara. Ketua Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) Abdul Hamid menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Pamsimas tahun anggaran 2018, dilanjutkan sambutan Wali Nagari, dan berturut-turut sambutan dari DC Kabupaten Lima Puluh Kota, Ketua DPRD, dan terakhir sambutan Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota.

wabup-limkot-resmikan2.pngWali Nagari, Penyul Hasni dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada fasilitator Pamsimas, KKM/Satlak dan seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program Pamsimas.

Senada dengan Wali Nagari, Rosnimar yang merupakan District Coordinator Pamsimas Kabupaten Lima Puluh Kota mengharapkan agar sarana yang telah dibangun dijaga supaya bisa diwariskan ke anak cucu. Dalam menjaga kesinambungan sarana yang dibangun, ia berpesan untuk memperhatikan aspek-aspek yang mempengaruhi keberlanjutan, seperti teknis, kelembagaan, finansial, sosial dan lingkungan, yang semuanya harus mendapat porsi perhatian yang sama.

Kegiatan serah terima ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota, Ferizal Ridwan, didampingi oleh Asisten Pemerintahan Drs. Dedi Permana, Asisten Administrasi Umum Taufik Hidayat, Kabag Mimbang Adrian Wahyudi, PAKEM dan DPMU dari semua unsur SKPD, Camat Bukit Barisan Wardi DT Parpatiah Nan Sabatang, Kepala Puskesmas Baruah Gunuang, District Coordinator dan Tim Fasilitator Kabupaten Lima Puluh Kota.

wabup-limkot-resmikan3.jpgWakil Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota menyampaikan apresiasi kepada Satker, PAKEM, DPMU, ROMS Pamsimas Kabupaten Lima Puluh Kota, yang secara bersama-sama merupakan pengelola program di tingkat kabupaten. Ia menambahkan, air minum dan sanitasi merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Daerah. “Ini menjadi spirit kita bersama, ini bisa diwujudkan dengan peningkatan anggaran daerah untuk kegiatan pengarusutamaan AMPL”, imbuh Wakil Bupati.

Lebih lanjut Wakil Bupati menambahkan, program Pamsimas sangat positif dalam mengembalikan keberfungsian sarana yang telah dibangun secara bersama-sama dengan semangat gotong royong, dan sarana tersebut terus dijaga dan dipelihara. Sebagai Wakil Kepala Daerah, ia tidak akan membiarkan begitu saja dan berlepas tangan terhadap sarana yang telah dibangun. Pemerintah akan terus men-support, apalagi capaian atau cakupan akses air minum dan sanitasi masih diangka sekitar 70-75%.

wabup-limkot-resmikan4.jpgKetua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, Saparuddin Bandaro Rajo, yang juga hadir dalam acara peresmian sarana Pamsimas berpesan agar segera dipacu untuk meningkatkan dan memperluas layanan dari sistem yang telah dibangun sehingga dapat menjangkau masyarakat sasaran yang lebih luas.

Meski acara dilangsungkan dalam kondisi gerimis yang terus mengguyur sepanjang acara berlangsung, tidak menyurutkan minat masyarakat Jorong Pematang Aur untuk mengikuti acara hingga selesai. Senyum yang tulus dan bahagia terpancar dari wajah masyarakat yang berkumpul di arena acara sebagai wujud terima kasih masyarakat yang kini telah memiliki 140 Sambungan Rumah (SR).

Prosesi serah terima sarana hasil kegiatan Pamsimas di Jorong Pematang Aur ditutup dengan makan bersama ‘makan bajamba’. Cuaca yang sangat mendukung ditambah jam makan siang yang menghampiri menambah nikmatnya cita rasa kuliner yang disuguhkan masyarakat. Semua lelah terbayar sudah !! (Rosnimar-DC 50 Kota/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp Pamsimas)


Tidak disertai video terkait.