top banner
  I  

Selasa - 12 Maret 2019 10:27:51 WIB

Bupati Musi Rawas Resmikan Sarana Pamsimas di Desa Pagar Ayu

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 121 pembaca

bupati-musi-rawas-resmikan1Musi Rawas, Sumatera Selatan - Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan meresmikan sarana air minum program Pamsimas III tahun 2018 di Desa Pagar Ayu Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (20/2). Turut hadir pada acara peresmian tersebut Kepala Bappeda Kab. Musi Rawas, Kepala Dinas PU PERKIM Kab. Musi Rawas, Kepala PDAM, Satker PSPAM dan DPMU Program Pamsimas III Kab. Musi Rawas. Acara juga dihadiri Camat Megang Sakti, Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa, Fasilitator Pamsimas dan ROMS Pamsimas Kab. Musi Rawas, serta masyarakat penerima manfaat..

Acara peresmian diawali dengan pemotongan pita di menara air dan penandatanganan prasasti serta pemutaran kran di Taman Pendidikan Al Qur’an Dusun II Desa Pagar Ayu. Bupati sempat melakukan peninjauan ke beberapa Sambungan Rumah (SR) yang telah terpasang di rumah warga di Dusun II RT 10.

bupati-musi-rawas-resmikan2Dalam sambutannya Bupati Musi Rawas menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada perangkat desa, KKM, Satlak, KPSPAMS dan masyarakat yang sudah bekerjasama dalam pembangunan sarana air minum tersebut. Bupati berpesan kepada masyarakat agar sarana telah dibangun dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, dijaga dan dipelihara. Bupati meminta agar masyarakat mentaati kesepakatan yang sudah dibuat bersama terkait dengan iuran, serta keterlibatan seluruh komponen masyarakat dalam keberlanjutan program. Kepada KPSPAMS selaku pengelola sarana pasca program Pamsimas, Bupati minta dalam melakukan pengelolaan sarana senantiasa berkoordinasi dengan TIM Fasilitator Masyarakat agar setiap permasalahan yang timbul dapat diantisipasi sejak dini.

bupati-musi-rawas-resmikan3Bupati menambahkan, program Pamsimas merupakan solusi tepat terhadap penyediaan air bersih di desa, terutama desa yang terletak di daerah terluar dan jauh dari jangkauan SPAM PDAM. Dalam kesempatan tersebut Bupati mengingatkan masyarakat untuk melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat. Perilaku hidup bersih dan sehat harus ditanamkan sejak usia dini, seperti Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan tidak buang air besar sembarangan (BABS).

Sarana air minum Desa Pagar Ayu dibangun dengan menggunakan  sumber pembiayaan BLM APBN sebesar Rp 252 Juta, APBDes sebesar Rp 36 Juta, in-cash Rp 14,4 Juta, dan in-kind Rp 57,6 Juta, dengan nilai total RKM (Rencana Kerja Masyarakat) Rp 360 Juta.

bupati-musi-rawas-resmikan4Sebelum adanya program Pamsimas, warga Dusun I dan II Desa Pagar Ayu menggunakan air dari sumur gali dengan penyaringan sampai dua kali sebelum dikonsumsi. Pada musim kemarau sebagian besar sumur gali di desa tersebut mengalami kekeringan.

Kini, masyarakat sangat senang karena air sudah mengalir ke rumah warga melalui sambungan rumah (SR). Saat ini jumlah SR terpasang sebanyak 38 unit di Dusun II dan pemasangan SR masih terus dilakukan untuk Dusun II dan Dusun I. KPSPAMS bersama masyarakat dan pemerintah desa telah melakukan musyawarah warga dan diputuskan tarif air sebesar Rp 1.400/M3.

Dengan telah dibangunnya SPAMS ini diharapkan masyarakat semakin sehat dan lebih sejahtera. Masyarakat berharap layanan air minum dapat menjangkau Dusun III yang saat ini belum terlayani Pamsimas. (Sub TIM 3 & DMS Musi Rawas/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp Pamsimas)


Tidak disertai video terkait.