top banner
  I  

Kamis - 14 Maret 2019 10:05:20 WIB

Semangat dan Kekuatan Musyawarah Modal Utama Desa Dalan Lidang

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 193 pembaca

semangat-dan-kekuatan1Mandailing Natal, Sumut - Desa Dalan Lidang terletak di Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal provinsi Sumatera Utara, berjarak 82 Km dari Ibukota Kabupaten Panyabungan. Desa yang cukup luas ini, sekitar 940 Ha, hanya dihuni oleh 973 jiwa.

semangat-dan-kekuatan2Sampai tahun 2016 PDAM setempat baru dapat melayani distribusi air bersih ke desa/kelurahan di sekitar ibukota kabupaten. Desa Dalan Lidang letaknya jauh dari layanan PDAM, dan selama ini hanya mengandalkan sumber air dari 16 sumur terlindungi yang dimanfaatkan oleh 16 KK di desa tersebut. Selebihnya warga desa tersebut masih mengandalkan air hujan, sedangkan untuk kebutuhan “MCK” (Mandi-Cuci-Kakus) dilakukan di sungai.

semangat-dan-kekuatan3Hadirnya program Pamsimas di Desa Dalan Lidang tahun 2017 memberikan angin segar dan harapan bagi masyarakat untuk menjawab permasalahan air yang dihadapi warga desa. Dengan opsi gravitasi dan sumber air yang berasal dari pegunungan, menjadi pilihan masyarakat yang disepakati dalam musyawarah desa. Namun dari hasil survei teknis dengan jarak sumber air ke desa sejauh 1.100 m, membuat masyarakat sedikit pesimis. Sebelumnya berbagai perencanaan pernah dibuat oleh masyarakat namun tak pernah ada yang terealisasi. Bayang-bayang kegagalan tersebut masih menyelimuti benak pikiran sebagian anggota masyarakat yang terlibat dalam perencanaan program Pamsimas.

semangat-dan-kekuatan4Pembangunan SPAM perdesaan di Desa Dalan Lidang secara keseluruhan menghabiskan dana Rp 323.846.000. Kebutuhan dana tersebut ditanggung bareng antara pemerintah pusat melalui BLM sebesar Rp 226.692.000, APBDes sebesar Rp 32.384.000, dan sisanya merupakan kontribusi masyarakat dengan rincian Rp 12.954.000 berupa uang tunai (in-cash) dan Rp 51.816.000 berupa natura (in-kind) dalam bentuk tenaga kerja dan material bangunan.

Jumlah sambungan rumah (SR) yang terpasang saat ini ada 80 unit yang dibiayai melalui APBDes 2018. Sepanjang tahun 2018, KPSPAMS Desa Dalan Lidang mampu membukukan kas sebesar Rp 20 juta. Semangat Pengurus KPSPAMS tidak surut, pantang menyerah, mereka optimis pada tahun 2020 nanti seluruh KK telah terhubung dengan sambungan rumah 100%.

semangat-dan-kekuatan5“Supaya pelayanan air minum ini dapat berkembang, maka kami akan mencoba terus berupaya mengembangkan inovasi-inovasi baru. Kami merencanakan menggunakan aplikasi untuk melakukan seluruh pencatatan pengelolaan layanan SAM termasuk bukti setoran iuran dalam bentuk print out komputer. Kami juga akan memaksimalkan pemakaian meteran air kepada seluruh masyarakat pemanfaat sehingga kas yang terkumpul dapat digunakan untuk menambah layanan ke dusun lain yang belum terlayani,” janji Sumanto selaku Pengurus KPSPAMS yang aktif sedari awal hingga akhir kegiatan Pamsimas.

Kemudahan dalam mendapatkan air berdampak positif pada sanitasi yang ditunjukkan dengan semakin berkurangnya kebiasaan masyarakat untuk ‘MCK’ di sungai. Saat ini sudah mulai banyak rumah warga yang dilengkapi jamban.

“Semangat kami tidak akan pernah surut demi memajukan desa kami, Desa Dalan Lidang. Musyawarah dan saling mendukung diantara sesama anggota masyarakat menjadi kekuatan kami menuju Universal Access tahun 2019,” demikian Sumanto menyampaikan komitmennya. (Hermawan Y Manurung-DC Mandailing Natal/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp Pamsimas)


Tidak disertai video terkait.