top banner
  I  

Jum'at - 15 Maret 2019 09:08:10 WIB

Bupati Ogan Ilir Resmikan Sarana Pamsimas di Desa Seri Dalam

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 219 pembaca

Seridalam1Ogan Ilir, Sumsel Bupati Ogan Ilir Sumatera Selatan, H M Ilyas Panji Alam resmikan sarana air minum program Pamsimas Desa Seri Dalam Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Ogan ilir yang dipusatkan di Kantor KPSPAMS ‘Gambir’,  Selasa (5/3).

Pada peresmian sarana Pamsimas tersebut juga dihadiri Sekda Ogan Ilir H Herman, Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir Ahmad Gunawan, MSi, DPMU, PAKEM, Camat Tanjung Raja, Kepala Desa, Tim ROMS Pamsimas Kabupaten Ogan Ilir dan Tim Fasilitator Masyarakat.

Seridalam2Kedatangan Bupati Ogan Ilir disambut secara antusias dan meriah oleh masyarakat Desa Seri Dalam dengan musik rebana dan atraksi pencak silat serta kibaran bendera oleh siswa-siswi sekolah dasar setempat sehingga menambah semarak acara.  Peresmian sarana air minum tahun anggaran 2018 ditandai dengan  penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita di lokasi menara air Pamsimas oleh Bupati Ogan Ilir.

Dalam sambutannya,  Camat Tanjung Raja,  Erwin Sani menyampaikan, peresmian Pamsimas merupakan bagian dari Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong  dan  Sambang Desa Bupati yang baik dan dapat  mempererat silaturahmi antara masyarakat dan pemimpinnya.  Camat juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala desa dan warga desa khususnya kepada KKM dan KPSPAMS  atas kekompakannya dalam menyelenggarakan acara. 

Seridalam3Bupati Ogan Ilir H M Ilyas Panji Alam sangat mengapresiasi penyelenggaraan acara.  Bupati menambahkan, berbagai program untuk mensejahterakan masyarakat terus dilakukan baik oleh Pemda Ogan Ilir maupun pemerintah pusat, salah satunya Program Pamsimas yang merupakan kebutuhan dasar sarana air minum bagi masyarakat. Selanjutnya sarana tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan untuk meningkatkan kesehatan serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Ilyas Panji Alam berpesan agar sarana yang telah dibangun dijaga dan dipelihara keberlanjutannya serta lebih ditingkatkan lagi sehingga dapat memenuhi kebutuhan bagi  semua masyarakat Desa Seri Dalam.

Seridalam4Kepala Desa Seri Dalam, Sary Puspita, AM Kep merasa puas dengan kinerja KKM, Satlak, KPSPAMS dan masyarakat dalam membangun sarana air minum dan sanitasi di desanya. Pembangunan SPAMS perdesaan tersebut terdiri  dari sumur bor, menara air dengan kapasitas 24,5 M3 dan pengolahan air sederhana dengan jaringan perpipaan.   SPAMS yang dibangun menelan biaya Rp 350 Juta (nilai RKM) yang bersumber dari BLM APBN Rp 245 Juta, APBDes sebesar Rp 35 Juta, dan kontribusi masyarakat secara tunai (In-cash) Rp 14 Juta dan natura (In-kind) Rp 56 Juta.

Sedangkan Ketua  KPSPAMS ‘Gambir’, Zulkarnain menyampaikan, jumlah sambungan rumah (SR) sebanyak 45 unit, dan sudah ada pendaftar yang baru sebanyak 20 sambungan.  Ia sangat optimis dengan penyediaan air minum di Desa Seri Dalam, sehingga apa yang diharapkan Bupati Ogan Ilir akan terlaksana dengan baik.  (Helmi-DC Ogan Ilir/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp Pamsimas)


Tidak disertai video terkait.