top banner
  I  

Jum'at - 15 Maret 2019 14:01:36 WIB

Menteri PUPR Serahkan Bantuan PAMSIMAS di Desa Sindangsari Serang Banten

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 397 pembaca

menteri-pupr-serahkan1Serang, Banten - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dr Ir Mochamad Basuki Hadimuljono, MSc menyerahkan bantuan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) bagi 30 Desa di Kabupaten Serang Banten. Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) senilai 7,35 miliar rupiah tersebut diterima oleh Wakil Bupati Serang H Pandji Tirtayasa di Kampung Pojok Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Provinsi Banten, Jumat (15/03).

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan bersamaa dengan penyelenggaraan acara “Sinergi Program Pemerintah untuk Kesejahteraan Rakyat” yang diselenggarakan oleh Direktorat Sistem Manajemen Investasi Ditjen Perbendaharaan Kementerian RI, yang dipusatkan di Kampung Pojok Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran Serang. Acara tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, SE, MSc, PhD.

menteri-pupr-serahkan2Pada kesempatan tersebut Menteri PUPR Basuki sempat mencoba/mengetes air minum yang dihasilkan dari program PAMSIMAS di Kampung Pojok Desa Sindangsari dengan disaksikan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Desa Sindangsari sendiri merupakan penerima program PAMSIMAS tahun 2013 dengan jumlah BLM sebesar 228 juta rupiah. Bantuan tersesebut setelah ditambah dengan kontribusi masyarakat dalam bentuk tunai dan natura sehingga total menjadi 285 juta rupiah, digunakan untuk membangun sistem penyediaan air minum dan sanitasi (SPAMS) perdesaan, yang terdiri dari 4 unit sumur bor dalam, 3 unit menara air, 3 unit kran umum, 1 unit hidran umum, 1 unit jamban sekolah, dan satu unit sarana cuci tangan. Selain membangun sarana fisik, dana tersebut digunakan untuk kegiatan kesehatan, antara lain kegiatan pemicuan (CLTS), penyuluhan PHBS, Gebyar CTPS, dan monitoring kegiatan promosi kesehatan, serta menyelenggarakan pelatihan bagi pengelola sarana pasca PAMSIMAS (KPSPAMS) untuk memastikan kesinambungan sarana.

menteri-pupr-serahkan3Program PAMSIMAS pertama kali masuk ke Kabupaten Serang tahun 2008, dan sampai dengan saat ini untuk Provinsi Banten sudah ada 418 Desa yang mendapatkan program PAMSIMAS tersebar di Kabupaten Pandeglang, Lebak, Tangerang, dan Serang. Program tersebut telah memberikan tambahan akses air minum bagi 177.087 jiwa dan tambahan sarana sanitasi bagi 516.498 jiwa di Provinsi Banten.

Program PAMSIMAS yang dimulai tahun 2008, secara nasional sampai akhir tahun 2018 telah dilaksanakan di 22.961 desa tersebar di 376 kabupaten/kota di 33 provinsi, dengan memberikan tambahan pelayanan air minum bagi 16,7 juta jiwa dan tambahan fasilitas sanitasi layak bagi 15,4 juta jiwa.

menteri-pupr-serahkan4Acara ‘Sinergi Program Pemerintah untuk Kesejahteraan Rakyat’ merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Keuangan dan merupakan program sinergi bersama dengan BUMN dan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dalam bentuk pemberian bantuan pinjaman bagi pelaku usaha kecil dan mikro bagi masyarakat desa.

Kegiatan ini merupakan sebuah etalase bagaimana investasi berdampak sosial atau Social Impact Investment (SII) di Indonesia dapat digunakan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. SII merupakan suatu bentuk investasi yang memperhatikan terbentuknya dampak sosial (social impact) berdampingan dengan keuntungan finansial.

menteri-pupr-serahkan5Beberapa bentuk SII antara lain pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk mengoptimalkan dampak sosial tersebut, Pemerintah memiliki peran mengarahkan dan membangun kolaborasi berbagai pihak baik lintas institusi, BUMN, maupun swasta. Masyarakat di Kampung Pojok Desa Sindangsari mewakili kelompok masyarakat yang menerima manfaat program SII tersebut. Desa Sindangsari juga merupakan penerima program PAMSIMAS dan Program Listrik Desa oleh PLN. Program ini diharapkan dapat memperkuat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa.

Selain dihadir Menteri Keuangan dan Menteri PUPR, acara tersebut juga dihadiri Pemprov. Banten, Pemkab. Serang, Satker PAMBM Kementerian PUPR, ROMS Pamsimas Banten dan Serang, serta segenap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, PLN, PT Rajawali Nusantara Indonesia, dan PDAM Pandeglang. (OKI Akhmad Taufik Pulungan/Hartono Karyatin-Adv. & Media Sp Pamsimas)

 


Video Terkait: