top banner
  I  

Kamis - 11 April 2019 14:20:52 WIB

Ogan Ilir Berikan ‘AMPL Award’ Kepada KPSPAMS Terbaik

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 268 pembaca

ogan-ilir-berikan-ampl-award1Ogan Ilir, Sumatera SelatanKabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan adakan gelaran acara Anugerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (“AMPL Award”) di Aula Caram Seguguk Komplek Perkantoran Terpadu Kabupaten Ogan Ilir, Rabu (20/3). Penganugerahan “AMPL Award” ini diselenggarakan bersamaan dengan acara musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 Kabupaten Ogan Ilir yang mengangkat tema Peningkatan Kualitas Infrastruktur Perdesaan dan Perkotaan Berkelanjutan.

Terdapat tiga kategori penerima “AMPL Award”, yaitu: (i) KPSPAMS Terbaik, [ii] KSM/KPP Persampahan Terbaik, dan [iii] Desa dengan anggaran dana desa untuk AMPL terbesar.

Untuk kategori KPSPAMS Terbaik, “Award” diberikan kepada KPSPAMS Desa Payakabung (Terbaik I), Desa Lorok (Terbaik II), dan Desa Pulau Semambu (Terbaik III). Desa Payakabung selain menyabet kategori KPSPAMS Terbaik I, juga memenangkan kategori KPP/KSM Persampahan. Untuk kategori desa dengan dana desa bidang AMPL terbesar, “Award” diberikan kepada Desa Siring Alam. Penerima “Award” dianugerahi plakat dan bingkisan berupa laptop dan printer.

ogan-ilir-berikan-ampl-award2Bupati Ogan Ilir dalam sambutannya menyampaikan, “AMPL Award” merupakan anugrah di bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) dan merupakan penghargaan tertinggi bagi desa/kelompok masyarakat dalam kinerja pembangunan sektor air minum, pengelolaan persampahan, dan air limbah domestik.

Penyelenggaraan AMPL Award di Kabupaten Ogan Ilir merupakan yang pertama diadakan di Provinsi Sumatera Selatan, dan diharapkan dapat dijadikan momentum dan montivasi dalam mewujudkan Akses Universal tahun 2019 khususnya di kabupaten Ogan Ilir.

Bupati menambahkan, dalam mencapai Akses Universal harus dilakukan bersama-sama dan berkolaborasi, begitupun dengan pendanaannya. APBD bukan satu-satunya sumber pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur air minum dan sanitasi. Masih banyak sumber dana lainnya, seperti APBN, APBD, APBDes serta peran dari CSR. Bupati meminta kepada OPD terkait untuk berperan aktif dan menggalang koordinasi di tingkat provinsi ataupun dengan pusat, termasuk menggalang para pelaku usaha.

Meri Subandi, Ketua KPSPAMS ‘Sabmas Mandiri’ Desa Payakabung menyampaikan, AMPL Award yang diterima desanya tidak lepas dari kerja keras dan kebersamaan dari pengurus KPSPAMS dan masyarakat dalam penyediaan layanan air minum dan sanitasi serta pengelolaan sampah di desa, dan tentunya dukungan dari Kepala Desa.

ogan-ilir-berikan-ampl-award3Ucapan senada disampaikan Kapala Desa Payakabung, Paula Rosi (35), pemerintah desa berkomitmen untuk menyediakan pelayanan air minum dan sanitasi. Akses air minum di desanya saat mencapai 83%, dan sudah dinyatakan ODF (Open Defecation Free) atau bebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Tahun 2019 ini desanya akan mengalokasikan dana desa untuk pencapaian 100% akses.

Bruri Sonik, Ketua KPSPAMS Desa Lorok menyampaikan terima kasih atas kerjasama anggota KPSPAMS dan unsur terkait lainnya di desa sehingga Desa Lorok mendapatkan penghargaan AMPL Award terbaik II. Mudah-mudahan hal ini menjadi awal menuju kesuksesan Pamsimas Desa Lorok.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua PAKEM Yusriani Emyati, SSI,MT menyampaikan, ke depan gelaran AMPL Award akan ditambah katagori-katagori lain bidang AMPL yang lebih banyak. Acara penganugerahan ini diharapkan memberikan motivasi bagi pelaku AMPL dan Desa untuk meningkatkan alokasi dana desa untuk pengembangan bidang AMPL.

ogan-ilir-berikan-ampl-award4Penganugerahan AMPL Award merupakan tindak lanjut surat edaran Bupati tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Dasar Sanitasi dan Air Minum kepada desa-desa di Kabupaten Ogan Ilir. Melalui surat edaran tersebut desa diminta berperan aktif dalam pembangunan sarana infrastruktur sanitasi dan air minum, dengan menyediakan anggaran minimal 25% untuk pembangunan sanitasi dan air minum, serta pemanfaatan aset desa yang bersumber dari Pamsimas, Sanimas dan DAK.

Acara tersebut selain dihadiri Bupati, juga dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kabid Infra dan Pengembangan Wilayah, Ketua PPMU Pamsimas, Sesda Ogan Ilir dan Asisten Bupati, unsur Muspida serta OPD, Camat, Kepala Desa se-Kabupaten Ogan Ilir, ROMS-5 Pamsimas Sumsel dan konsultan USDP Sumatera Selatan. (Helmi-DC Ogan Ilir/Gusti Fajrianto-TA CDCB Sumsel/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp PAMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.