top banner
  I  

Kamis - 09 Mei 2019 14:59:09 WIB

Menyongsong Tahun 2019, PAMSIMAS Sumsel Perkuat Komitmen Para Pelaku Program

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 404 pembaca

menyongsong-tahun-2019-1Palembang, Sumsel – PAMSIMAS Provinsi Sumatera Selatan selenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) tingkat provinsi guna mendorong percepatan pencapaian Indikator Kinerja Utama atau KPI Program PAMSIMAS.  Rakor yang digelar di Hotel Azza Palembang, dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Provinsi Sumatera Selatan, Achmad Irwan Kusuma, ST, MT, Rabu (24/04)

Dalam sambutannya, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah menyampaikan pentingnya dilakukan koordinasi lebih intens disemua tingkatan di wilayah Sumatera Selatan. Koordinasi penting untuk dilakukan mengingat adanya keterlambatan proses DIPA dan terjadi perubahan struktur organisasi di Dinas PSPAM Provinsi dan pergantian personil Satuan Kerja PSPAM, sehingga mengakibatkan realisasi kegiatan melewati batas waktu rencana kerja tahunan atau Annual Work Plan (AWP) PAMSIMAS tahun 2019 yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Kami mengharapkan agar pelaku ditingkat provinsi dapat mendorong dan memastikan komitmen pemerintah daerah dalam penyediaan anggaran serta memastikan realisasi APBDes dapat tersedia sesuai rencana, sehingga perlu dilakukan advokasi kepada kepala Desa,” pesan Kepala Balai mengingatkan.

menyongsong-tahun-2019-2Lebih jauh Kepala Balai PPW mengharapkan agar setiap pelaku kegiatan agar dapat memastikan pelaksanaan fisik dapat diselesaikan sesuai jadual. Beberapa kendala harus diperhatikan, seperti pengadaan barang/jasa, pengiriman bahan/material ke lokasi dan ketepatan lokasi pengeboran. Ia juga menekankan agar setiap pelaku dapat memanfaatkan SIM PAMSIMAS dengan efektif, mulai dari input data, analisis permasalahan, pelaporan dan tindak lanjut oleh para pihak.

Ketua PPMU PAMSIMAS Provinsi Sumatera Selatan Achmad Syaiful, ST, MEng melaporkan, kegiatan Rakor dimaksudkan untuk menyamakan pemahaman seluruh pelaku program di tingkat Provinsi, yaitu PPMU dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah. Diharapkan seluruh peserta Rakor mempunyai komitmen dan kesepakatan bersama dalam pencapaian tujuan dan target pelaksanaan Program PAMSIMAS tahun anggaran 2019, serta menindaklanjuti komitmen dan kesepakatan tersebut kepada personil ROMS PAMSIMAS di Provinsi, Kabupaten, dan para fasilitator di lapangan.

Melalui pelaksanaan Rakor diharapkan para peserta Rakor mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan pemantauan dan pengendalian pelaksanaan program.

menyongsong-tahun-2019-3Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini antara lain membahas gambaran umum PAMSIMAS, evaluasi dan target capaian KPI PAMSIMAS, penjelasan dan diskusi penyusunan rencana kerja program PAMSIMAS III tahun 2019. Selain itu juga dilakukan evaluasi dan menyusun rencana tindak lanjut penyelesaian desa sasaran tahun 2018 dan pengusulan desa sasaran tahun 2019, reviu pelaksanaan tugas District Coordinator, pembahasan aplikasi SIM PAMSIMAS, penjelasan dan praktek pengoperasian aplikasi SIM baru Pamsimas atau SIM Terintegrasi (IMIS) serta layanan informasi dan pengaduan program PAMSIMAS.

Turut hadir dalam Rakor Staf CPMU PAMSIMAS yang diwakili Asisten Monitoring dan Evaluasi Wilayah I, Retno Indah Yunita, SKom, MT, NMC PAMSIMAS yang diwakili TA HRM, Irfan Rais, Kasi Pelaksanaan Balai PPW, Kasatker Pelaksanaan Balai PPW, PPK Air Minum Balai PPW, Tim ROMS PAMSIMAS Sumatera Selatan dan 13 Kabupaten dibawahnya. (Suloyono-DC PALI/Gusti/Hartono-Adv & Media Sp PAMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.