top banner
  I  

Senin - 13 Mei 2019 13:40:03 WIB

Gubernur Sumsel Anugerahkan AMPL Award Kepada Kabupaten OKU

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 131 pembaca

gubernur-sumsel-anugerahkan3Palembang, Sumatera Selatan – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dinilai memiliki kinerja terbaik dalam pembangunan bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) di Sumatera Selatan dan berhak mendapatkan “AMPL Award Sriwijaya 2019”.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, SH kepada Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz bersamaan dengan acara Musrenbang RKPD Provinsi Sulatera Selatan tahun 2019 di Hotel Santika Premiere Bandara Palembang, Rabu (24/42019).

AMPL Award Sriwijaya juga diberikan kepada Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Ogan Ilir, sebagai Kabupaten berkinerja terbaik II dan III dalam pembangunan bidang AMPL.

AMPL Award Sriiwjaya merupakan bentuk penghargaan kepada Pemeritah Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan pembangunan bidang AMPL dengan baik. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendorong Kabupaten/Kota untuk meningkatkan akses air minum, mengurangi kawasan kumuh, meningkatkan akses layanan sanitasi, serta mendorong inovasi daerah dalam pembangunan air minum dan sanitasi serta penanganan kawasan kumuh.

Gelar acara ini diikuti 10 Kabupaten/Kota di wilayah Sumatera Selatan. Indikator yang dipakai dalam pemberian AMPL Award adalah kinerja/capaian daerah dalam pembangunan air minum, air limbah domestik, persampahan dan penanganan permukiman kumuh.

gubernur-sumsel-anugerahkan2Penilaian dilakukan oleh sebuah tim penilai yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Gubernur. Tim terdiri dari akademisi, organisasi perangkat daerah tingkat provinsi, PAMSIMAS, USDP, P3MD, Sanimas dan Program Kotaku. Penilaian dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap verifikasi data termasuk melakukan verifikasi ke lapangan, dan tahap kedua berupa penyampaian presentasi (paparan).

Dalam sambutan saat menyerahan AMPL Award, Gubernur Sumatera Selatan menyampaikan salah satu penyebab kemiskinan adalah tidak meratanya pembangunan. Pembangunan di wilayah Sumatera Selatan terus dipacu dan kinerja Kabupaten/Kota terus ditingkatkan agar dapat memberikan kontribusi secara langsung pada pencapaian target penurunan tingkat kemiskinan di Sumatera Selatan menjadi di bawah 10% pada tahun 2023. Gubernur mengatakan, salah satu indikator penyebab kemiskinan adalah masih rendahnya akses air minum dan sanitasi yang layak. Tingkat kemiskinan di Provinsi Sumatera Selatan saat ini berada dikisaran 12,80% berada diatas rata-rata nasional sebesar 9,82%.

Salah satu anggota tim penilai, Regina melihat ajang penghargaan ini berhasil mendorong Kabupaten/kota memperhatikan aspek sanitasi dalam perencanaan pembangunan daerah. Dalam perencanaan sanitasi sudah mulai masuk dalam satu bagian tersendiri.

gubernur-sumsel-anugerahkan1Dengan adanya ajang anugerah AMPL Award Sriwijaya akses air minum dan sanitasi mengalami peningkatan yang cukup baik,  dan ajang ini merupakan bagian dari perwujudan visi pembangunan Provinsi Sumatera Selatan.

Penyelenggaraan AMPL Award Sriwijaya diinisiasi oleh Kelompok Kerja AMPL Sumatera Selatan, dan tahun ini merupakan yang kedua kali di Sumatera Selatan. Pada AMPL Award Sriwijaya yang pertama (2018), peringkat terbaik disandang Kabupaten Muara Enim, disusul Kabupaten Ogan Komering Ulu (II) dan Kota Prabumulih (III).

Selamat kepada Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) yang tahun ini naik tingkat menjadi “juara I” dibandingkan tahun lalu sebagai “runner up” dengan menggeser posisi Kabupaten Muara Enim. (Suriyanita, SKM-TA STBM Sumsel/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp PAMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.