top banner
  I  

Jum'at - 17 Mei 2019 14:04:07 WIB

Dramatis, Suroto Akhirnya Pimpin Asosiasi SPAMS Provinsi Jambi

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 212 pembaca

dramatis-soeroto-akhirnya1Jambi - Setelah melewati diskusi yang alot dan panjang bahkan sempat beberapa kali sidang diskor, proses pemilihan yang dramatis (dua kali putaran), akhirnya Suroto terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah” Provinsi Jambi periode 2019-2023. Suroto, Ketua KPSPAMS Desa Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi terpilih setelah menyisihkan rival terdekatnya M Nur Abdul Azis dari Kabupaten Bungo dengan selisih dua suara.

Suroto terpilih dalam Musyawarah Daerah (MUSDA) I DPD Asosiasi Jambi yang dilaksanakan di Hotel Ratu Jambi (13-16/05). Musda I Asosiasi yang diawali dengan pelatihan Asosiasi SPAMS Perdesaaan Kabupaten tingkat Provinsi Jambi, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi, diwakili oleh Kabid PMD Kamaruzzaman, SE, MM.

Wasiran, selaku Pimpinan Sidang MUSDA menyebutkan ada empat bakal calon Ketua Asosiasi. Berdasarkan tata tertib yang disepakati, masing-masing calon menyampaikan visi-misi dan menyatakan kesediaannya di hadapan peserta MUSDA. Dua orang kandidat pada saat penyampaian visi-misi menyatakan mengundurkan diri dari pencalonan, yaitu Marfuah dan M. Nasir. Akhirnya Pimpinan Sidang menetapkan M Nur Abdul Azis (Kab. Bungo) dan Suroto (Kab. Muaro Jambi) sebagai calon Ketua Asosiasi untuk dipilih setelah keduanya menyampaikan visi-misi dan menyatakan kesediaanya.

dramatis-soeroto-akhirnya2Sesuai tata tertib pemilihan, karena terdapat calon lebih dari satu, dilakukan pemilihan secara one man one vote one value, masing-masing peserta mempunyai satu suara. Ada 18 suara yang diperebutkan calon dari 9 kabupaten penerima program Pamsimas yang masing-masing diwakili dua orang peserta. Banyak yang menduga pemilihan akan berlangsung cepat, satu putaran saja. Namun, karena perolehan suara kedua kandidat imbang, masing-masing memperoleh 9 suara, sehingga dilanjutkan pemilihan putaran kedua.

Akhirnya sidang di-skor selama 2 x 30 menit untuk memberi kesempatan peserta masyawarah melaksanakan shalat Ashar, melakukan komunikasi, lobbi dan negosiasi. Setelah skor sidang dicabut, sidang dilanjutkan dengan agenda pemilihan lanjutan.

Setelah masing-masing peserta menggunakan hak pilihnya, dilakukan penghitungan suara. Sorakan terdengar riuh ketika perolehan suara Suroto sudah sampai 8 angka, sementara M Nur Abdul Azis masih 4 angka. Selanjutnya perolehan suara Azis bergerak naik dan akhirnya terhenti pada angka 8. Suasana menjadi tegang dan hening ketika panitia menyebutkan perolehan 2 suara terakhir jatuh pada nomor urut 02. Pendukung nomor 02 (Suroto) dan semua peserta bertepuk tangan gembira sambil mengumandangkan takbir. Suroto meraih 10 suara, sedangkan M Nur Abdul Azis mendapatkan 8 suara. Pimpinan Sidang mengetukan palu 3x dan mengesahkan terpilihnya Suroto sebagai Ketua Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan Provinsi Jambi periode 2019-2023.

dramatis-soeroto-akhirnya3Selanjutnya Pimpinan Sidang minta Ketua terpilih dengan dibantu 4 orang anggota formatur untuk menyusun kepengurusan. M Nur Abdul Azis, M Nasir, S.Pd.I, Marfuah dan Surati ditetapkan sebagai Tim Formatur. Ketua terpilih dengan dibantu Tim Formatur berhasil menyusun kepengurusan Asosiasi periode 2019-2023 sekaligus diumumkan di hadapan peserta MUSDA, dan selanjutnya dikukuhkan oleh Dinas P3AP2 Provinsi Jambi.

"Saya senang dan puas memimpin sidang ini dan bisa mengantarkan terpilihnya Ketua Asosiasi baru. Meskipun seringkali dihujani interupsi oleh peserta. Justru dengan adanya interupsi itu menjadi bumbu demokrasi di kalangan pengelola SPAMS Perdesaan, sehingga tidak terkesan monoton" ulas Wasiran, peserta tertua yang ditunjuk sebagai Pimpinan Sidang yang juga merupakan Bendahara KPSPAMS Argo Sari Kab. Sarolangun,.

Kabid PMD Dinas P3AP2 Provinsi Jambi, Kamaruzzaman, SE, MM yang didampingi Kasi Pendayagunaan SDA, TTG, Pembangunan Sarana Prasarana Desa, Erita, SE saat membuka acara menyampaikan, mendukung penuh diselanggarakannya pelatihan dan sekaligus MUSDA I DPD Asosiasi Pengelola SPAMS Perdesaan se-Provinsi Jambi. Ia berharap kepada pengurus Asosiasi yang akan terbentuk nantinya memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola dan mengorganisir KPSPAMS yang tersebar di berbagai desa di Provinsi Jambi.

dramatis-soeroto-akhirnya4Ia mengharapkan agar Asosiasi yang akan dibentuk dapat menjadi mitra pemerintah provinsi guna mewujudkan target Universal Access. Belum lama ini dilakukan penilaian terhadap kinerja KPSPAMS se-Provinsi Jambi untuk memilih KPSPAMS terbaik di tingkat provinsi. “Jika Pengurus Asosiasi tingkat Provinsi sudah terbentuk akan kami libatkan sebagai tim penilai,” tambah Kamaruzzaman.

Suroto, Ketua Asosiasi terpilih, yang juga merupakan Ketua KPSPAMS Desa Pondok Meja Kabupaten Muaro Jambi dalam sambutan perdananya mengajak seluruh anggota Asosiasi agar dapat membangun kerjasama, semangat kebersamaan, serta kekeluargaan tanpa melihat asal daerahnya. Ia juga berharap seluruh anggota Asosiasi merasa memiliki organisasi tersebut, lebih mencintai dan menunjukkan dedikasinya antar sesama anggota.

Menurutnya, Asosiasi itu bukan hanya milik ketua, bukan milik satu orang atau satu perwakilan kabupaten saja. "Saya tegaskan, Asosiasi merupakan gabungan dari semua KPSPAMS dan juga pengelola SPAMS lainnya selain Pamsimas di Provinsi Jambi. Asosiasi adalah kumpulan potensi kabupaten yang mengelola SPAMS perdesaaan,” ucap Suroto menegaskan.

dramatis-soeroto-akhirnya5Suroto mengingatkan untuk fokus pada upaya keberlanjutan sarana dengan memperhatikan 4 K yaitu kuantitas, kualitas, kontiniutas dan keterjangkauan. Namun perbaikan-perbaikan internal dan penataan kelembagaan perlu dilakukan dan secara konsisten melakukan pengukuran kinerja KPSPAMS. Penting untuk melakukan sinegi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholders yang ada di daerah.

Suroto berharap Asosiasi dapat melakukan langkah terobosan dengan meningkatkan pelayanan yang bisa membuat organisasinya besar dan bermanfaat pada masyarakat Jambi. "Kalau ingin organisasi ini besar, maka lakukanlah hal yang besar. Tingkatkan layanan, karena kepuasan pemanfaat harus menjadi komitmen kita. Kita punya motto ‘User Satisfaction Is Our Commitment’. Kalau bisa manajemen pelayanannya sama seperti PDAM," tutup Suroto dalam sambutannya. (Rahmat Tk Sulaiman-TA CDCB Jambi/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp PAMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.