top banner
  I  

Jum'at - 31 Mei 2019 10:55:57 WIB

Sebanyak 80 Datuk Rio dan 15 Camat se-Kab Bungo Ikuti Pelatihan Penguatan Pemdes dan Kecamatan

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 524 pembaca

sebanyak-80-datuk1Bungo, Jambi - Dalam upaya mendorong proses integrasi PJM Pro-Aksi dan RKM ke dalam RPJM dan RKP Desa untuk pengembangan sarana air minum dan sanitasi, Pamsimas Kabupaten Bungo menggelar Pelatihan Penguatan Pemerintahan Desa dan Kecamatan.

Pelatihan berlangsung selama empat hari, 21 s/d 24 Mei 2019, di balroom Hotel Amaris Kabupaten Bungo, diikuti 80 orang Datuk Rio (Kepala Desa, Red) dan 15 Camat yang wilayahnya menjadi lokasi program Pamsimas.

Narasumber dalam pelatihan adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun, TA P3MD, ROMS 3 Pamsimas Jambi dan Kabupaten Bungo serta Fasilitator Senior.

sebanyak-80-datuk2District Coordinator (DC) Kabupaten Bungo, Syahrul Riadi, SE yang juga Ketua Panitia menyampaikan, pelatihan bagi aparatur pemerintahan desa dan kecamatan di Kabupaten Bungo ini yang pertama dilaksanakan di Provinsi Jambi. Syahrul berharap melalui kegiatan pelatihan dapat lebih meningkatkan lagi kepeduliannya pemerintahan desa dan kecamatan terhadap air bersih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Dusun, Taufik Hidayat, SE,MM berharap, melalui kegiatan pelatihan dapat menyatukan komitmen dan memberikan pemahaman yang sama agar pemerintahan desa dapat mengintegrasikan PJM Pro-Aksi dan RKM ke dalam RPJM dan RKP Desa,  sehingga dapat membantu program pemerintah untuk mewujudkan akses universal di desa/kecamatan masing-masing. TA P3MD yang menjadi narasumber pada pelatihan ini melakukan simulasi cara-cara dan langkah-langkah dalam melakukan integrasi.

sebanyak-80-datuk3Narasumber lain dari ROMS 3 Pamsimas Jambi, KGS Ishak, mendorong KPSPAMS dengan kinerja baik untuk memanfaatkan sumber pembiayaan dari perbankan berupa kredit mikro dalam pengembangan sarana dan prasarana guna mempercepat pencapaian akses universal 100% bagi seluruh warga desa. Diharapkan KPSPAMS dapat tumbuh-kembang melalui dana segar perbankan.

Marjohan, Kepala Desa Leban Kecamatan Rantau Pandan, menginformasikan, tahun anggaran 2019 desanya telah mengintegrasikan PJM Pro-Aksi dan RKM dengan menyediakan dana sharing melalui APBDes sebesar Rp 181 Juta untuk pengembangan layanan air minum dan sanitasi di desa. “Kalaulah untuk kesejahteraan masyarakat berapapun dananya kita siap mengganggarkan, lagi pula air minum termasuk salah satu prioritas di dalam Permendagri dan Permendes,” ucap Marjohan.

sebanyak-80-datuk4Pada pelatihan yang diikuti aparat Pemerintahan Desa dan Kecamatan, antar-peserta beradu ketangkasan dalam perlombaan pemasangan sambungan rumah (SR), yang dipandu Tim Fasilitator Kabupaten Bungo. Tanpa rasa segan dan sungkan, para aparat Pemerintahan Dusun dan Kecamatan beradu ketangkasan dan kecepatan dalam pemasangan SR. Supriadi, Datuk Rio Dusun Muara Buat Kecamatan Bathin III Ulu keluar sebagai pemenang dengan waktu tercepat 2 menit 8 detik.

Melalui perlombaan dapat lebih mengenali, mengetahui dan memacu bertapa pentingnya iuran untuk menjaga kesinambungan sarana-prasarana air minum di lokasi desa dan kecamatan yang dipimpinnya.

sebanyak-80-datuk5Sebelum pelatihan ditutup, Pengurus KPSPAMS ‘Jernih’ memberikan testimoni bagaimana pengelolaan SPAMS di desanya sehingga mampu menghasilkan saldo positip dan terus melakukan pengembangan jaringan pipa serta menambah jumlah SR. Testimoni tersebut diharapkan dapat memotivasi dan memacu Datuk Rio dan Datin di Kabupaten Bungo untuk lebih bersemangat dalam pengelolaan SPAMS di wilayah masing-masing.

Kegiatan ini berakhir dengan penyerahan hadiah pemenang lomba adu-cepat pasang SR. Pelatihan ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Bungo, dilanjutkan pembacaan do’a oleh Didik Nur Effendi. (M. Sodri Renjani, ST- FS Kab Bungo & Iman Budisetiawan, SHut, MAP-Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dusun Kab Bungo/Hartono Karyatin-Adv & Media Sp PASMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.