top banner
  I  

Rabu - 11 September 2019 16:50:51 WIB

CSR Bank BNI jadikan Gampong Lambaro Sukron 100% Akses Air Minum

Berita Terbaru
Administrator | dibaca: 168 pembaca

csr-bank-bni2Aceh Besar, Aceh - Gampong (Desa-Red) Lambaro Sukon merupakan desa sasaran Pamsimas III Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Aceh Besar.  Berjarak ±54 kilometer di utara Kota Jantho yang merupakan ibukota Kabupaten Aceh Besar, gampong ini menjadi contoh bagaimana kolaborasi Pamsimas dengan perusahaan dalam menyalurkan dana Corporate Social Responsibilty (CSR). Program CSR “Bank BNI Berbagi” berhasil membuat 772 jiwa di gampong ini dapat menikmati air bersih.

 Syaiful, Fasilitator Masyarakat Pamsimas Aceh Besar, selaku pendamping desa ini menyampaikan, sewaktu mengikuti Pamsimas Gampong Lambaro Sukon mendapatkan pendanaan PAMSIMAS III sebesar Rp 350 Juta. Dana tersebut berasal dari Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari pemerintah pusat sebesar Rp 245 Juta, dana tunai swadaya masyarakat Rp 14 Juta ditambah dalam bentuk natura (tenaga kerja dan material lokal) senilai Rp 56 Juta, serta APBDesa sebesar Rp 35 Juta. Dana Pamsimas sebesar 350 Juta tersebut hanya mampu melayani kebutuhan air minum untuk satu dusun saja, tiga dusun lainnya tidak terlayani Pamsimas.

csr-bank-bni1Berkat bantuan CSR dari BNI Kantor Pembantu Operasi (KPO) Banda Aceh senilai Rp 118.153.000, kini tiga dusun lainnya sudah dapat menikmati pelayanan air minum sebagai pengembangan program Pamsimas. Dana CSR tersebut diperuntukkan bagi penambahan jaringan perpipaan untuk tiga dusun, pembangunan satu unit Hidrant Umum, dan rehabilitasi sarana MCK di dayah (pesantren). Bantuan CSR dari Bank BNI telah menggenapkan pelayanan di seluruh dusun di Gampong Lambaro Sukon, sehingga aksesnya telah mencapai 100%.

csr-bank-bni4Bupati yang pernah menerima “Pamsimas Award” tahun 2017 tersebut menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pamsimas dan pihak Bank BNI yang berhasil bekerjasama dalam menjadikan 100% akses air minum di Gampong Lambaro Sukon. Bupati memberikan komitmen yang tinggi dalam penyediaan layanan dasar bagi penduduknya meski luas wilayah yang yang diurusnya 50 x Kota Banda Aceh. Kolaborasi ini merupakan salah satu strategi jitu untuk mengejar target Universal Access.Akhirnya apa yang ditunggu masyarakat terwujud juga, Bupati Aceh Besar Ir H Mawardi Ali datang ke gampong meresmikan sarana kolaborasi tersebut, Jumat (06/09/2019).

Pada kesempatan itu, Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Provinsi Aceh, Muhammad Yoza Habibie, ST, MT yang turut hadir menyampaikan, Pamsimas di Provinsi Aceh telah berhasil menambah pelayanan air minim bagi 202.000 jiwa di 18 kabupaten. Tidak lupa Kepala Balai berpesan kepada masyarakat untuk menjaga dan memelihara sarana terbangun sehingga berkelanjutan dan memberikan manfaat seterusnya kepada warga yang membutuhkannya. Beliau berharap pihak pengelola CSR Bank BNI dapat melakukan kolaborasi dengan desa Pamsimas lainnya.

csr-bank-bni5Pimpinan BNI Banda Aceh, Amri Hidayat Arif bersyukur aksi berbagi BNI dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, sehingga masih akan ada peluang bagi desa Pamsimas lainnya untuk bekerjasama (lagi) dengan CSR BNI.

Acara yang ditaja KPSPAMS Lambaro Sukon bersama Tim Pamsimas Kabupaten Aceh Besar merupakan salah satu bentuk rasa syukur masyarakat Gampong Lambaro Sukon dalam pencapaian 100% akses air minum dan menambah akses sanitasi. (Wiendra Perdana-PC Aceh/Hartono Karyatin-Media Sp PAMSIMAS)


Tidak disertai video terkait.