top banner
  I  

Replikasi

About
Administrator |Selasa - 18 Desember 2012 14:10:13 WIB | dibaca: 60716 pembaca
REPLIKASI PROGRAM
Dalam upaya melestarikan program secara berkelanjutan. maka diharapkan pada tahun ke 3 pelaksanaan Pamsimas dapat dilanjutkan dengan replikasi program Pamsimas di masing - masing Kabupaten / Kota.
a.    Tujuan Replikasi Program Pamsimas
  • Sebagai salah satu upaya pemerintah Indonesia untuk mempercepat pencapaian target Warter Supply and Sanitation - Millenium Development Goal (WSS-DMG), melalui penetapan Kerangka Kebijakan Nasional Pelayanan Air Minum dan Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat;
  • Meningkatkan peran pemerintah daerah untuk meningkatkan akses terhadap air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin di daerahnya.
  • Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk merencanakan, melaksanakan dan mengelola sarana air minum dan sanitasi yang berbasis masyarakat.
b.    Maksud dan Tujuan
Memperluas cakupan wilayah melalui pelaksanaan program sejenis (kloning) di desa - desa yang lain yang secara teknik dan kualitas yang sama dengan program Pamsimas.
c.    Jumlah Desa Replikasi Program Pamsimas
Jumlah desa replikasi disesuaikan dengan kapasitas fiskal masing - masing Kabupaten / Kota, sebagai berikut :
  1. Kabupaten / Kota dengan kapasitas fiskal rendah, minimal mereplikasi 1 desa / kelurahan untuk tiap 10 desa / kelurahan peserta Pamsimas.
  2. Kabupaten / Kota dengan kapasitas fiskal sedang, minimal mereplikasi 2 desa / kelurahan untuk tiap 10 desa / kelurahan peserta Pamsimas.
  3. Kabupaten / Kota dengan kapasitas fiskal tinggi, minimal mereplikasi 3 desa / kelurahan untuk tiap 10 desa / kelurahan peserta Pamsimas.
 
d.    Rencana Pelaksanaan
Replikasi program Pamsimas ini direncanakan akan dilaksanakan mulai tahun ke 3 program Pamsimas ( 2010 ), dengan kata lain setelah program Pamsimas tahun pertama sukses dilaksanakan (untuk selanjutnya menjadi contoh untuk direplikasi).
e.    Sumber Dana
Pendanaan replikasi desa berasal dari APBD dan sumber daya lain di wilayah kabupaten / Kota serta partisipasi masyarakat, yang digunakan untuk membiayai pelatihan dan penyiapan masyarakat, pelaksanaan fisik maupun fasilitator.
Selain dari itu program Pamsimas memberikan dana insentif bagi Kabupaten / Kota yang berhasil dalam pengarusutamaan dan perluasan/replikasi program dengan sumber dana APBN.