top banner
  I  

Selasa - 10 Desember 2013 07:17:46 WIB

Bakonji untuk Goro Massal Desa Siberakun

Berita
Administrator | dibaca: 50703 pembaca

Bakonji untuk Goro Massal Desa Siberakun

Bakonji yang berarti masak bubur, sebuah istilah di Kabupaten Kuansing Provinsi Riau dalam mengungkap makna gotong-royong dengan dimeriahkan acara memasak bubur oleh kaum ibu, dan gotong-royong oleh kaum bapak .

Bakonji 1Kuansing - Kegiatan gotong-royong masal yang telah dilaksanakan di Desa Siberakun, penerima PAMSIMAS HID 2013, tergolong cukup
sukses. Hal ini terlihat dari antusiasnya masyarakat desa Siberakun yang hadir dengan dibuktikan kehadiran kaum laki-laki 218 orang dan kaum perempuan 123 orang.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi, diantaranya Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Camat Kecamatan Benai, PPK PAMSIMAS Kabupaten Kuantan Singingi, Quality Asurance Specialis ROMS 1 PAMSIMAS Riau, Pendamping PAMSIMAS Tingkat Kabupaten (FK) dan pemerintahan Desa Siberakun.

Menurut keterangan Fahkrudin, ST Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kab Kuansing, terpilihnya Desa Siberakun sebagai desa HID PAMSIMAS 2013, merupakan hasil penilaian dan verifikasi di tingkat provinsi.

" Sangat wajar sekali desa ini mendapatkannya, melihat dari kesediaan masyarakat desa ini untuk berkontribusi baik itu in cash maupun in kind," tutur Fahkrudin.

Bakonji 2Dalam sambutannya, Fahkrudin yang juga merangkap sebagai Kasatker PIP Kab Kuansing ini juga menyampaikan, bahwa Desa Siberakun ini akan dijadikan sebagai desa percontohan pelaksanaan PAMSIMAS untuk desa-desa lain yang ada di Kab Kuantan Singingi khususnya dan bahkan di Provinsi Riau.

" Budaya gotong-royong seperti yang dilakukan di Desa Siberakun ini sangat pantas untuk dipertahankan dan dilestarikan," ungkap Fahkrudin.


Pada kegiatan goro massal tersebut, Fahkrudin memantau langsung di lokasi dan bahkan turun tangan membantu melakukan penyambungan pipa.

Dalam kesempatan tersebut, bersama Erwalis selaku QS Provinsi Riau, melakukan peletakan pipa pertama pada kegiatan goro tersebut.

Bakonji 3Tidak ketinggalan Ridhwan Rasyadi, PPK Program PAMSIMAS Kab Kuansing juga terjun langsung menggali lubang pipa.


Gotong royong massal ini menarik minat kaum perempuan yang turut membantu, mereka begitu semangat berpartisipasi dengan memasak Bakonji atau masak bubur, yang nantinya diberikan kepada para bapak-bapak yang sudah lelah bergotong - royong. (Muhibban Ebon- FK WSS kab Kuansing;Rita)


Tidak disertai video terkait.




BACA JUGA :